Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2017

Tv LCD/LED Suara Ada Gambar Gelap

Gambar
1. Memperbaiki TV LED LCD Gelap

Belakangan ini banyak kali yang bawa service an tv ke toko, padahal papan nama service tv ga ada sama sekali.

Tapi memang jaman nya uda mulai berubah, tv yang sekarang dateng uda ga tabung lagi, tapi plasma, lcd dan led. kerusakan nya pun aneh aneh :D

Tapi yag mau tak ceritain ini bukan barang customer atau barang service an orang, tapi tv yang saya beli sendiri dalam kondisi rusak. TV nya adalah TV merk LG LED 22″, dari kondisi fisik masih sangat mulus sekali pas tak beli, TV ni saya beli dengan harga 350rb. Rusak tv ini adalah saat dinyalakan tv nya ada suara tapi gambar nya gelap atau mati, namun saat diterawang dengan lampu tampak gambar yang samar samar.

langsung deh cus ke bengkel saya.

Tapi pas sampai di toko / bengkel saya ternyata tv ini sudah pernah di bongkar atau mungkin di service. itu saya tau dari bekas congkelan kasar disetiap pinggiran casing tv nya. langsung aja saya buka dan benar aja di dalem uda ada beberapa komponen yang di solder …

Modifikasi TV LCD Jadi TV LED

Gambar
Teknologi TV semakin tahun semakin cepat berkembang menjadi lebih heboh.

Jadi inget dulu waktu kecil punya tv kecil 14″ tabung yang kalau ganti channel harus pencet pencet tombol di samping tabung tv nya. Ga kalah klasik lagi waktu pulang kampung ke batubulan, disana paman saya punya tv hitam putih yang kalau ganti channel harus putar putar tuas channel nya. itu pun siaran nya cuma di frekwensi VHF (siaran paling populer TVRI).

Ga nyangka sekarang tv uda jadi sangat tipis banget, saking tipis nya sampe ada yang bisa lengkung :D

TV LCD aja sebenarnya uda sebuah locatan teknologi yang besar banget, dari tv tabung yang tebel gitu bisa sampai setipis sekarang. (sebelum tv lcd ada juga tv plasma, semi tabung).

dan belum berapa lama TV LCD muncul tiba tiba TV LED muncul di pasaran. Awalnya (waktu itu masih SMK dan praktek kerja lapangan di SHARP BALI) saya nanya ke kepala teknisi disana, “pak tv led itu layar nya terbentuk dari led kecil ya? (sekarang ada OLED) sambil ketawa dibalas pertan…

Tv LCD/LED Gambar Double

Gambar
Memperbaiki TV LED Gambar Double
Sebuah tv led atau lcd banyak sekali sekarang yang mendapatkan kasus rusak dengan tampilan layarnya double atau berbayang.

kerusakan tv jenis ini sering tidak disadari oleh yang punya tv, karena beberapa kasus akan mengakibatkan layar nampak berwarna ungu atau hijau dominan. Kalau pada tv layar tabung, dominan warna ini wajar ditemukan pada tv yang sudah berusia tua. Di tv tabung, penyebab berubahnya warna seperti itu disebabkan oleh retaknya jalur pcb pada rangkaian RGB menuju leher tabung kaca.

Nah kalau pada tv led atau lcd ini kasus nya beda lagi.

Seperti beberapa minggu lalu saya kedatangan sebuah service an tv dengan merk toshiba. Tv tersebut dikeluhkan gambar nya berbayang ditambah dengan warnanya yang berubah menjadi ungu. Perubahan warna ini wajar saja karena gambar yang bergeser atau berbayang tersebut menciptakan pola warna baru antara dua gambar yang dominan menjadi ungu.

Kalau kalian menemukan kasus kerusakan layar tv dengan tampilan layar…

Cara Memotong Jalur LCD

Gambar
Memotong jalur lcd pada tv atau monitor lcd dan led memang kadang diperlukan.

Kegiatan potong memotong jalur lcd ini biasa populer disebut dengan sunat jaur lcd.

Tukang service tv yang mendapatkan service an tv dengan kerusakan gambar double atau berbayang seperti pada artikel :

Memperbaiki TV LED Gambar Double

biasanya akan melakukan pemotongan jalur pada layar lcd untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kenapa kita harus memotong jalur untuk memperbaiki tv dengan rusak gambar berbayang atau gambar double?

Panel atau layar lcd sebenarnya di supply signal dari dua arah masing masing jalur flexyble nya tergantung pada model panel nya. Ada panel lcd yang masih menggunakan IC COF tambahan disetiap pinggil lcd, namun ada juga yang sudah include pada panel lcd itu sendiri.

Supply signal yang diberikan ke layar lcd biasanya ada saja yang mengalami gangguan seperti terjadinya short circuit atau hubungan pendek yang terjadi di dalam layar lcd sehingga kita tidak bisa memperbaikinya secara langsu…

TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

Gambar
TV layar datar dengan tipe Plasma atau sering disebut dengan TV Plasma, adalah sebuah teknologi tv yang sudah ada lumayan lama. Jadi bisa aja saya bilang tv model ini hampir masuk ke kategori jadul.

Eit, tapi masih ada banyak orang yang salah persepsi dengan tv tipe plasma ini.

Banyak orang mengira, tv plasma itu adalah tv LCD. dan yang lebih parah nya lagi saat saya jalan jalan ke toko elektronik dan lewat ke bagian tv tv an saya ditawari oleh sales nya dengan kata kata mutiara seperti begini : “ayo mas dibeli tv lcd nya, kita lagi promo murah” Padahal pas itu yang ditawarkan adalah sebuah TV Plasma.

Pengalaman lain lagi yang pernah saya alami di situs jual beli barang bekas online, ada seseorang yang menawarkan TV ukuran besar dengan judul “DIJUAL TV LCD RUSAK 43 INCHI” tapi begitu saya perhatikan ternyata yang dijual itu adalah tv Plasma.

Mengetahui itu tv plasma atau lcd apakah penting? tentu saja penting, karena tv yang di situs jual beli tadi saya ceritakan itu ternyata dibeli oleh …

Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD

Gambar
Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV ataupun layar handphone pasti deh bikin kita agak ga nyaman buat liatin nya.

Kadang pada layar leptop muncul sebuah garis berwarna atau bahkan beberapa garis pada layar lcd nya yang kita ga tau apa penyebabnya, tiba tiba muncul aja.

Atau yang paling sering lagi layar bergaris muncul pada layar lcd tv. Ini yang paling sering terjadi.

Kalau pada layar laptop yang bergaris, bukan tanpa sebab bisa muncul garis tersebut. Biasanya menurut pengalaman yang saya alami selain memang kualitas layar lcd yang buruk ada faktor besar yang membuat layar laptop kita bisa bergaris.

Salah satunya adalah kena tindih atau tertekan suatu beda berat.

Biasanya kita kalau ke kampus, atau kerja kan naruh laptop ke dalam tas lengkap dengan buku buku dan barang lainnya, nah pas akan menaruh di meja itu kadang kita ga sadar posisinya si laptop ada di bawah semua buku buku. Walaupun tidak secara langsung, tapi berat buku ini d…

Memperbaiki LCD TV Yang Mati Bergaris

Gambar
TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak parah bagi sebagian orang. Ada juga yang menyarankan untuk mengganti layar LCD TV secara keseluruhan.

Sebenarnya kerusakan layar LCD TV walaupun tampilan kerusakan nya bergaris Garis, tapi penanganan yang tepat bisa menyelamatkan kita dari pengeluaran uang yang berlebihan untuk memperbaiki TV LCD yang rusak itu. Dan itu berlaku juga untuk TV LED.

Beberapa kerusakan TV LCD atau LED yang ada kaitan nya dengan gambar bergaris biasanya seperti berikut ini :


Ada gambar jernih, tapi terdapat garis fix atau tidak bergerak dan pada garis tersebut gambar tidak muncul.Ada gambar, disertai dengan garis yang acak berwarna warni.Tidak ada gambar hanya garis berwarna warni diam.Tidak ada gambar tapi ada garis acak.
Nah dari beberapa jenis kerusakan itu semuanya bergaris, hanya saja bagian yang rusak atau kerusakan yang menyebabkan timbul nya masalah itu berbeda beda.

Seperti yang saya dapatkan satu ini. K…

Tv LCD/LED Sony Warnanya Pudar

Gambar
Memperbaiki TV LCD LED Warna Pudar SONY

Pernah ga TV kalian, atau kalian nerima service an sebuah TV LCD atau LED yang kerusakan nya pudar? atau warna tv nya seperti pudar?

Nah sekarang saya akan bercerita tentang kerusakan TV lcd led warna pudar yang memang sering kali terjadi pada tv lcd led.

Memperbaiki TV LCD LED warna pudar sebenarnya tidak se rumit yang kita bayangkan.

Ada yang mengira ini adalah rusak hanya settingan saja, namun ada juga yang mengira yang rusak adalah layar LCD nya.

Kejadian ini sangat sering terjadi pada TV LCD LED keluaran tahun tertentu yang menggunakan module TCON dengan IC AS15, dimana ic ini adalah sebuah ic voltage buffer.

Kalau tegangan keluaran dari IC AS15 ini tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh panel LCD, maka tampilan pada layar LCD akan dominan pudar atau cendrung putih.

Namun seiring waktu, kini sudah tidak ditemukan lagi TV keluaran baru yang menggunakan IC tipe ini. mungkin karena kelemahan nya cepet rusak itu ga dipakai lagi deh :)

Bentuk …

Tv LCD/LED Sony Gambar Double

Gambar
Memperbaiki TV LED SONY Gambar Double

Memperbaiki TV LED SONY gambar double, ya sekarang kita akan bahas tv led yang memiliki kerusakan gambar double pada merk SONY.

Sebenarnya kerusakan seperti ini sudah pernah saya buatkan artikel yaitu “Memperbaiki TV LED Gambar Double“.

Pada artikel itu, merk tv yang saya kerjakan adalah TOSHIBA. Tapi sekarang kerusakan tersebut kita temui juga pada tv LED merk SONY.

Kerusakan yang dialami sama persis, yaitu gambar double dengan ciri ciri juga ada gambar kadang ke unguan atau ciri lain nya adalah gambar nya yang terlipat.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya caranya sama saja dengan penanganan pada tv LED merk toshiba, hanya saja disini yang berbeda adalah lokasi pemotongan jalur nya.

Berbeda dengan TV LED merk lainnya, tv sony memiliki rangkaian power supply terpisah dengan unit utama nya. Bisa kita katakan tv dengan merk sony ini untuk menyalakannya memerlukan adaptor external. Ini tentu membuat pcb yang terdapat didalam tv hanyalah mesin utam…