Wednesday, November 30, 2016

Tv LCD/LED Samsung Susah Start

LCD SAMSUNG LA32S81B SUSAH START

Diagnosa

LCD Samsung LA32S81B jika kita coba hidupkan terkadang langsung mau terkadang juga tidak mau, lampu indikator tampak berfungsi dengan normal/ susah start lebih singkatnya.

Model LCD Samsung:

model-lcd-samsung-LA32S81B

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki.

Power supply menjadi sasaran utama untuk diadakan pemeriksaan, setelah kita lepaskan casing dengan jelas kita lihat ada beberapa capasitor mengalami perubahan bentuk/ kembung. Segera kita lepaskan capasitor dan kita pasangkan capasitor baru, nilainya 1000uf/50 volt. Setelah selesai kita coba hidupkan power supply, hasilnya power supply tetap tidak ada output untuk supply ke inverter, kalau untuk sistem logic control tegangan supply terukur normal yaitu 5 volt. Kita adakan pengukuran di area primer power supply poin hanya bagian ic switching untuk inverter, tegangan b-up 15 volt terukur normal.

Dari hasil pengukuran semuanya terlihat baik, dari transistor fet sampai capasitor filter maka tahap lanjutan kita lakukan pengukuran untuk sistem control tegangan. Tegangan output terbesar yaitu 24 volt sebagai pengunci dan disini digunakan ic TL431 dan hasil pengukuran sebenarnya tidak ada masalah cuma ada lem yang menempel di kaki ic TL431. Lem ini yang menjadi penyebab kerusakan yaitu terdapat hambatan seperti resistor dan karena ini ic TL431 tidak berfungsi dengan baik.

Posisi ic TL431 di mainboard :

psu-lcd-samsung

Perbaikannya adalah dengan melepaskan ic TL431 dan membersihkan sisa lem yang ada diarea ic TL431, disini karena lem agak keras saat kita lepaskan ic TL431 kakinya patah 1 ya jadi ganti dengan ic yang baru. Kini saatnya kita hidupkan power supply tanpa beban dan pinout untuk power on-off kita hubungkan dengan tegangan 5 volt, hasilnya power supply sudah terlihat berfungsi dengan baik, kita ukur tegangan untuk supply inveter 24 volt. Kita matikan dan kita pasangkan semua pinout power supply ke logicborad dan inverter dan kita hidupkan lagi, alhamdulillah semuanya telah kembali normal

hasil-akhir-perbaikan-lcd-s








sumber:
www.hamimservis.com

2 comments:

  1. Terima Kasih sangat membantu artikelnya. Jika butuh part TV bisa kunjungi web kami www.sanzanstore.com

    ReplyDelete
  2. Mas klu tv LED Samsung ua32eg4003 hidup tampilan Samsung lalu mati hidup seperti itu lgi apanya ya mad

    ReplyDelete