Kamis, 08 September 2016

Tv LCD/LED Sony Mati Total

1. LCD SONY KLV37S400A KENA PETIR

Diagnosa

LCD SONY KLV37S400A dalam keadaan standby saat petir mengenainya, setelah kejadian tersebut lampu indikator mendadak mati.

Model LCD SONY :

DSC_0034

Apakah yang menyebabkannya segera saya selidiki ,

Petir mempunyai arus listrik yang sangat besar dan dalam beberapa kasus perangkat tidak bisa diperbaiki, untuk kasus kali ini sedikit berharap masuknya petir lewat instalasi listrik dan dugaan saya benar adanya. Klien menginformasikan kejadian petir paling awal mengenai perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan televisi kabel.
Harapan untuk diperbaiki semakin besar keberhasilannya, saya lepaskan PSU ( power supply unit ) dan langsung adakan pengukuran dibeberapa titik. Setrum terukur masuk yaitu 310 volt dan berakhir di kaki IC MIP2H2 , IC ini kalau saya ukur tegangan B-up tersedia cuma diarea sekunder Trafo terukur tegangan 1 volt. Jalur beban saya lepaskan dengan melepaskan soket DC output ke mainbaord utama, hasilnya tetap sama ‘ tegangan out tetap 1 volt’ . Tampilan PSU SONY KLV37S400A :

DSC_0029

Semakin jelas alur kerusakan, saya lepaskan IC MIP2H2 dan saya gantikan dengan yang baru. Hasil akhirnya Alhamdulillah PSU mulai bekerja, saya ukur tegangan output 3,3 volt. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada komponen lain yang mengalami kerusakan, saya hubungkan soket out DC ke mainboard utama. Inilah yang ditunggu-tunggu sambil sedikit cemas, sesaat kemudian layar LCD terlihat menyala dan perasaanpun menjadi senang. LCD SONY sudah berfungsi seperti sedia kala, tidak ada yang kurang sedikitpun…… saatnya rapikan…..Alhamdulillah ( terima ongkos kerja )

2. sony klv-40r452a lampu indikator mati
Diagnosa
Awal saya coba hidupkan tv sony ini, saya lihat lampu indikator tidak hidup.
Apakah penyebabnya?
Tv sony klv-40r452a menggunakan adapter luar ( power supply ) dan saya ukur output normal 19.5 volt jadi ada kerusakan di mainboard. Tampilan mainboardnya: Coba googling dapat service manual, saya baca jika kerusakan vcc 1.5 volt tidak hadir maka harus ganti mainboardnya.
Hasil pengukuran vcc out dari regulator :
  • Vcc 3.3 volt ok
  • Vcc 1.2 volt ok
  • Vcc 5 volt ok
  • Vcc 1.5 volt ( tidak tersedia )
Hanya keterangan saja yang ada, untuk diagram sayangnya saya tidak dapat. Vcc 1.5 volt ini didapat dari ic 001A5W dengan input vcc 3.3 volt. Saya urut jalur vcc 3.3 volt untuk ic ini terhubung ke transistor type p-fet sebagai switch on-off.
Saya coba gantikan tapi hasilnya negative, demgan begini maka pakai cara lain, jumper saja jadi abaikan fungsi swicth control. Lokasi di jumper :




Setelah saya jumper terlihat lampu indikator bisa hidup,saat start timbul masalah baru yaitu layar LCD hidup setelah tampak logo Sony tak lama langsung stand bye dengan kedip 6 x. Ini bisa diselesaikan dengan jumper juga lokasi di board backlight.
Sekilas kayaknya mudah , yang beresiko mengangkat panel LCD. Lebih hati-hati di area in ( lihat bagian atas ada besi plat penahan panel LCD. Lepaskan panel dari bagian yang ada t-con board, tarik lalu baru angkat. Pemasangan panel LCD, arahkan dekat plat besi lalu dorong perlahan. Proses pemasangan jumper di board backlight selesai., maka selesai juga pekerjaan saya. Alhamdulillah



sumber;
www.hamimservis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar