Thursday, September 8, 2016

Tv LCD/LED Polytron Mati Total

LCD POLYTRON PLM32B61 MATI-TOTAL

Diagnosa

LCD Polytron PLM32B61 saat saya terima kondisinya sudah mati-total, tidak terlihat lampu indikator menyala saat arus listrik masuk ke sistem rangkaian PSU.

Modelnya :

IMG_20160117_104604_HDR

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki.

Seperti biasa supaya bisa dilakukan pemeriksaan , dibuka dahulu cover area belakang LCD dan setelah terbuka barulah dimulai pemeriksaan. Rangkaian awal yang saya periksa adalah PSU ( power supply unit ) seperti ini tampilannya :

psu-polytron

Kalau dilihat secara fisik akan terlihat adanya komponen yang mengalami kerusakan yaitu capasitor 101pF/1kv , lokasinya di area colector transistor. Untuk lebih jelas lagi saya lepaskan modul PSU dan saya lihat area bawah PCB ? IC driver kondisinya pecah. IC driver yang pecah membuat saya agak sedikit kerepotan karena typenya tidak ada, untuk mengetahui type IC ini saya browsing dan alhamdulillah dapat diagramnya, diagramnya saya dapatkan dari situs www.electronica-pt.com, skemanya seperti ini :



type icnya adalah FAN7602B , ic ini saya pesan lewat situs jual beli online utsource.net setelah menunggu beberapa minggu akhirnya ic ini saya terima. Sebelum saya pasangkan di PCB saya lakukan pengecekan beberapa komponen yaitu :

Transistor FET ( kondisinya rusak ( type sebelumnya IRF3N80 saya gantikan dengan type 2SK4096)
Resistor grounding ( disini kondisi rusak saya gantikan dengan nilai 0,1 ohm/ 1watt )
Capasitor filter colector ( 101pF/1kv saya gantikan dengan 2 x 471pF/2kv ( posisi pemasangan seri ) )
Setelah saya gantikan part yang mengalami kerusakan berikut ic FAN7602 , saya lakukan pengetesan dan hasilnya alhamdulillah PSU sudah kembali normal. Tegangan out dari PSU terukur 5,5 volt dan 12 volt, saya koneksikan ke mainboard utama dan saya hidupkan LCD TV Polytron ? inilah hasil akhirnya :

IMG_20

inilah sedikit cerita servis TV LCD Polytron, semoga bisa bermanfaat…. amiin






sumber:
www.hamimservis.com

2 comments:

  1. Terimakasih gan.. kebetulan saya sedang mengalami masalah yang sama, susah cari IC nya, kira kira persamaanya seri berapa ya gan?

    ReplyDelete