Thursday, September 8, 2016

Tv LCD/LED Layar Bergaris-garis

1. LCD POLYTRON PLM24M60 KEPANASAN LANGSUNG ERROR

Diagnosa

LCD POLYTRON PLM24M60 awal dihidupkan terlihat normal, tetapi selang beberapa menit mulai timbul suara noise di speaker ( prek-prek ) dan tak lama kemudian kondisi layar monitor menjadi bergaris-garis.

Model LCD-nya :

model-polytron-plm24m60

Apakah yang menyebabkannya ? Segera saya selidiki,

Saya mulai dengan melepasakan casing penutup , setelah terbuka maka terlihat mainboard control LCD yang berada disisi kanan sedangkan disisi sebelah kiri terlihat mainboard PSU. Kondisi capasitor di area PSU terlihat normal, tidak ada yang melembung ( pecah bagian atasnya ). Untuk mempermudah pemeriksaan maka LCD POLYTRON ini saya hidupkan dan setelah beberapa menit kemudian saya lakukan pengukuran tegangan dengan multitester. Tegangan kerja mainboard ada beberapa varian yang saya utamakan tegangan 2,5 volt dan 3,3 volt , lokasi supply tegangan ini didapatkan dari IC regulator. Tegangan input untuk IC regulator adalah 5,6 volt , type IC yang digunakan adalah AZ1117B ( 2.5 | 3.3 ).

Hasil pengukuran tegangan positif IC regulator mengalami masalah, tegangan output dari IC ini menjadi tidak stabil ( beriak / denyut ) sehingga system kerja mainboard utama menjadi terganggu. Untuk perbaikannya saya lakukan penggantian IC AZ1117B dan untuk lokasi di mainboard bisa dilihat pada gambar berikut:

mainboard-polytron-plm24m60

Hasil akhirnya , Alhamdulillah semuanya berjalan lancar  ” LCD POLYTRON PLM24M60 sudah normal kembali.


2. Jumper LCD TV Yang Mati Bergaris
TV LCD yang rusaknya bergaris garis blank, tidak ada gambar tentunya akan dianggap sudah rusak parah bagi sebagian orang. Ada juga yang menyarankan untuk mengganti layar LCD TV secara keseluruhan.

Sebenarnya kerusakan layar LCD TV walaupun tampilan kerusakan nya bergaris Garis, tapi penanganan yang tepat bisa menyelamatkan kita dari pengeluaran uang yang berlebihan untuk memperbaiki TV LCD yang rusak itu. Dan itu berlaku juga untuk TV LED.

Beberapa kerusakan TV LCD atau LED yang ada kaitan nya dengan gambar bergaris biasanya seperti berikut ini :


  1. Ada gambar jernih, tapi terdapat garis fix atau tidak bergerak dan pada garis tersebut gambar tidak muncul.
  2. Ada gambar, disertai dengan garis yang acak berwarna warni.
  3. Tidak ada gambar hanya garis berwarna warni diam.
  4. Tidak ada gambar tapi ada garis acak.

Nah dari beberapa jenis kerusakan itu semuanya bergaris, hanya saja bagian yang rusak atau kerusakan yang menyebabkan timbul nya masalah itu berbeda beda.

Seperti yang saya dapatkan satu ini. Kejadian nya sudah bulan lalu. Sebuah TV LED yang rusak nya gambar tidak mucul atau biasa dibilang layar nya blank gelap. Setelah di cek semua tegangan normal. Dan sebuah ic pada modul tcon panel (papan pcb yang terhubung ke layar lcd) panas berlebih.

Karena kebetulan saya ada ic yang sama, jadi saya coba untuk menggantinya. Sekedar info, ic yang saya ganti seperti di video itu adalah ic yang bertugas untuk memberikan sinyal gambar ke layar LCD.



Setelah dilakukan penggantian IC ternyata TV LED masih juga tidak menyala, namun sekarang muncul garis garis vertikal lembut dan kondisi layar masih blank.

Tapi setelah saya perhatikan ternyata ada sedikit gambar acak hitam putih dibagian atas layar kalau dari posisi di video. Itu menandakan raster ada, hanya saja tidak tersebar ke seluruh Layar.



Biasanya hal ini disebabkan oleh hilangnya tegangan yang masuk ke sisi kanan dan kiri layar LCD. Kalau kita samakan dengan TV tabung itu sama dengan tidak adanya tegangan pada defleksi yoke bagian vertikal.

Tegangan yang tidak ada yang saya maksudkan adalah tegangan VGH yang digunakan untuk mengaktifkan sinyal gambar dari atas ke bawah.

Karena TV LED ini tipe panel nya menggunakan IC COF samping (biasanya disebut ic kupingan) maka dengan mudah kita bisa akali jalur tegangan yang putus atau hilang tersebut dengan menjumper jalur LCD yang putus tersebut.

Jumper LCD yang kita lakukan tentunya tidak boleh sembarangan karena kalau salah jumper bisa saja IC COF yang rusak atau malah modul tcon yang akan rusak. Jadi kalian harus hati hati dan mencari tau dulu datasheet dari panel LCD yang sedang kalian kerjakan.

Kalau pada tv yang saya kerjakan di modul tcon nya sudah ada pin jumper yang bertuliskan VGH pada gambar berikut.



Kalau dibagian IC COF atau IC kupingan nya pin VGH terletak sesuai pada gambar berikut. Ingat jangan sampai salah.



Kalian bisa jumper jalur tersebut dengan kawat email yang berlapis isolator, tidak usah menggunakan kabel berukuran besar karena akan menyulitkan kita untuk memasang lcd nantinya.

Setelah di jumper, TV LCD pun jadi menyala normal kembali.

Atau kalau kalian kebingungan sama cerita saya, kalian bisa lihat video nya secara langsung biar lebih joss nyervice nya :D selamat belajar bersama duwiarsana.com


3. Cara Menghilangkan Garis Pada Layar LCD
Yang namanya garis, atau bergaris pada layar sebuah LCD, Mau itu layar laptop, layar TV ataupun layar handphone pasti deh bikin kita agak ga nyaman buat liatin nya.

Kadang pada layar leptop muncul sebuah garis berwarna atau bahkan beberapa garis pada layar lcd nya yang kita ga tau apa penyebabnya, tiba tiba muncul aja.

Atau yang paling sering lagi layar bergaris muncul pada layar lcd tv. Ini yang paling sering terjadi.

Kalau pada layar laptop yang bergaris, bukan tanpa sebab bisa muncul garis tersebut. Biasanya menurut pengalaman yang saya alami selain memang kualitas layar lcd yang buruk ada faktor besar yang membuat layar laptop kita bisa bergaris.

Salah satunya adalah kena tindih atau tertekan suatu beda berat.

Biasanya kita kalau ke kampus, atau kerja kan naruh laptop ke dalam tas lengkap dengan buku buku dan barang lainnya, nah pas akan menaruh di meja itu kadang kita ga sadar posisinya si laptop ada di bawah semua buku buku. Walaupun tidak secara langsung, tapi berat buku ini dapat membuat bengkok struktur casing laptop dan juga frame layar lcd itu sendiri sehingga berdampak pada jalur jalur yang ada di dalam kaca lcd.

Kalau bengkok terlalu keras atau walaupun sedikit tapi dengan intensitas yang sering tentunya ini akan merusak jalur yang ada pada lcd dan membuat beberapa jalur mungkin terputus atau terhubung singkat satu sama lain.

Kejadian ini juga bisa terjadi pada layar lcd tv, yang jelas bukan karena lcd tv nya kalian masukin tas :D

Kembali lagi sepengalaman saya, beberapa tv yang masuk ke bengkel service saya kalau layar nya bergaris saya bisa nebak pasti frame nya berkarat. Dan dari 80% hasilnya adalah tv nya berkarat menyebabkan layar bergaris, sisanya cuma masalah kualitas produk aja. seperti foto yang ada dibawah ini.



Nah akibat dari karat tersebut yang mengakibatkan terjadinya short sirkuit yang lambat laun kemudian membuat jalur lcd terputus deh.

Eh tapi ada juga yang layar lcd nya bergaris diakibatkan oleh lem flat cable dari ic terlepas. Maksud saya adalah, ada beberapa panel yang ic untuk jalur lcd nya tertanam di dalam lcd, ada juga yang di tambahkan diluar. Nah kalau ic ini kepanasan biasanya jalurnya bisa terlepas sendiri, dan kita bisa coba untuk menghubungkan jalur yang terlepas tadi.

Bagaimana cara menyambung jalur lcd tersebut? Bisa kamu coba tekan tekan, atau bisa kamu coba untuk memanaskannya.

Dimana dipanaskan dan di tekan tekan? Pada bagian ic yang dimaksud itu. Istilah atau nama IC nya adalah IC COF seperti yang sudah saya praktekkan pada video berikut ini.





Atau yang lebih parah lagi seperti pada video yang satu ini nih udah prah banget.











sumber:
www.hamimservis.com
duwiarsana.com

No comments:

Post a Comment