Thursday, September 8, 2016

LED TV TOSHIBA 23PB201EJ MATI TOTAL


Diagnosa

LED TV Toshiba saat saya masukan aliran listrik, lampu indikator terlihat tidak menyala ? seperti tidak ada arus yang masuk ke rangkain power supply unit ( PSU ) .

Modelnya :

IMG_20160102_211521

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki.


Proses awal selalu dimulai dengan membuka casing penutup belakang ( cover ), setelahnya terlihat beberapa modul rangkaian. Rangkaian pertama yang menjadi acuan untuk dilakukan pemeriksaan adalah rangkaian PSU SMPS, lokasi di jalur output DC-nya. Hasilnya tegangan di jalur ini terukur 5 volt dan dari hasil ini saya pastikan PSU dalam kondisi bagus ( tidak terjadi kerusakan di area ini ) .
Permasalahan berasal dari mainboard ( logicboard ) mungkin ada komponen yang rusak ini hanya analisa. Untuk memastikan lebih lanjutnya saya test poin tegangan input 5 volt berlabuh diarea mana, hasilnya tegangan 5 volt terhubung ke IC REG type TPS54328. Dari pengalaman sebelumnya saya pernah ukur output dari IC TPS54328 adalah 3,3 volt. Tegangan input 5 volt ada tapi outnya tidak ada maka sudah bisa dipastikan kondisi IC TPS54328 rusak.

Untuk perbaikan seharusnya mengganti  IC TPS54328 , disini karena tidak ada penggantinya maka saya lakukan penggantian dengan type IC LM1117MP . Lokasi IC yang rusak dan setelah penggantian :

IMG_20160102_211521

new123445


Hasil akhirnya Alhamdulillah, LED TV Toshiba sudah kembali normal.






sumber:
www.hamimservis.com

2 comments:

  1. Gan, itu penyebab bisa mati total kenapa ya ?
    Tipe tv sy jg sama,
    Pas saya copot sambungan antena, tbtb langsung mati total
    Kira2 penyebab nya apa ya ?
    Makasih gan

    ReplyDelete
  2. Gan punya saya toshiba 23pb201ej,
    Awal perkara, konektor antena saya lepas karena gambar kurang jelas, trus pas dicolokin kembali, udah ga ada siaran sampe sekarang, tp buat vidio dvd dan pc masih normal, cuma buat tv aja yang hilang..
    mohon infonya gan, thnkz

    ReplyDelete