Kamis, 25 Februari 2016

Koleksi Kerusakan TV LCD/LED Samsung

HAL. 2


28. Samsung lcd standby
Kerusakan:
Samsung LCD kondisi standby
Kondisi lampu indikator berkedip sekali saat di tekan tombol power
Samsung LCD type lama  sering mengalami kerusakan hanya posisi standby saja,hanya berkedip saja ketika tombol power diremote atau di panel manual ditekan.
Kerusakan sering terjadi dibagian power supply yang sudah tidak stabil,karena waktu pemakaian atau juga bisa terjadi karena bagian mainboardnya juga kurang stabil.


Perbaikan:
Untuk dibagian blok powersupplynya bisa dicek dan langsung diganti saja untuk ELCO yang sudah tidak stabil,dan juga harus diperhatikan juga faktor-faktor yang lain yang dirasa perlu,misalnya:kotor yang berlebihan,atau jalur-jalur PCB yang mengalami korosi,terputus, tau bisa juga komponen-komponen yang lain seperti resistor,transistor/FET yang secara fisik atau nilainya telah mengalami perubahan.
Setelah pengecekan power supply telah sempurna dan apabila unit masih tetap trouble,maka selanjutnya melakukan pengecekan bagian mainboard.
Dibagian mainboard,apabila dicoba untuk memberikan input berupa tombol power diremote,atau di tombol manual panel indikator standby masih berkedip,biasanya menandakan microcontroller masih bisa bekerja.
Bisa dilakukan pengukuran bagian jalur-jalur tegangan,terutama dibagian Processor atau yang lain,pastikan bahwa tidak ada supply tegangan yang mengalami short/korslet.
Jika semua jalur tegangan tidak short,maka bisa dilakkan pengukuran capasitor-capasitor tegangan menggunakan ESR atau osciloscope,dikarenakan biasanya banyak sekali dijumpai elco atau capasitor yang fisiknya masih bagus,namun nilai kapasitasnya telah rendah.
Terutama dibagian DC to DC step down converternya(bagian penurun tegangan misalnya:dari 12v ke 5v,dari 5v ke3,3v,1,8v,dsb).
Biasanya setelah penggantian dengan capasitor yang baru dan berkualitas baik unit akan kembali normal.


Semoga bermanfaat


29. Samsung 32 gambar lama2 hilang
Samsung 32...
Problem gambar lama2 hilang blank....suara dan backlight tetap normal.

Periksa tegangan2 dc-dc Tcon semua normal.
Lanjutkan periksa data gambar......biasanya kami gunakan osiloskop....tapi kali ini pakai avometer dulu...
Ternyata ada satu test point yg tegangan lama2 drops....trus gambar hilang....




Lepas kabel LVDS....
Kali ini yg diperiksa adalah tegangan pd motherboard.......ternyata lama2 juga drops.....
Vonis .....motherboard error....
Mungkin kah ic chips yang rusak....?




Mikir dulu.......
Pada jalur tsb tdk ada komponen semacan kapasitor ????
Sptnya ic chips yg rusak....???
Terpikir.....bukankah disitu ada konektor LVDS....
Coba panasi kaki konektor pd jalur yg problem dg ujung solder.....
Alhamdullillah.......running test tidak masalah lagi...

Jadi kesimpulan disini .....didalam kaki konektor yg tdk tampak dari luar......mungkin ada semacam korosi atau kotoran.....
Kalau ada penggantinya sebaiknya diganti saja. Agar tidak ada resiko kembali kumat.


30. Tv LCD Samsung LN32A330 32 inc Gambar tiba-tiba hilang saat tv on
Pertanyaan:
Gambar tiba-tiba hilang saat tv on? - Samsung LN32A330 32 in. LCD TV

Jawaban 1:
Gambar hilang seperti apa ya?
1. kalau hilang suara ada, coba cek backlight nya dengan cara mengetuk panel .
jika di panel keluar cahaya (ditempat diketuk), itu tandanya backlight masih bagus, masalah berasal dari T-con atau pcb main.
jika diketuk tdk terlihat apapun, backlight rusak. Bisa rusak neon atau pcb inverter nya. klo neon rusak harus ganti 1 panel, tapi klo inverter rusak, bisa beli di service center.
2. kalau gelap dan tidak ada suara ; kemungkinan kerusakan dari power supply.
jika punya pengalaman di elektronika, coba ukur fuse dan kabel ac cord nya.
Semoga berhasil bro.

Jawaban 2:
Suara normal tapi ga ada gambardi layar bisa bermacam2 penyebab nya, coba ketuk panel nya dengan jari, jika ada kilatan cahaya berarti neon nya masih bagus, kerusakan berasal dr T-Con.

Jawaban 3:
coba di sorot pake cahaya dr luar atau senter ke arah layar nya, lihat dari dekat, apakah masim terlihat gambar samar2 di layar nya?
klo masih ada terlihat, 2 kemungkinan rusak nya, dari inverter atau dari lampu di dalam layar nya.





sumber:
avtronicservice.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar