Sunday, February 21, 2016

Koleksi Kerusakan Monitor LCD Bluesky

MONITOR LCD BLUESKY NO START UP
Kerusakan:
Monitor LCD Bluesky jika kita hidupkan terdengar suara storing dari speaker, pada layar lcd sesaat kita lihat sekilas tampilan OSD dan tak lama kemudian Monitor LCD-nya kembali standby.

Perbaikan:
Untuk memperbaiki kerusakan yang seperti ini rangkaian power supply yang paling awal mesti kita periksa, karena dari kejadian yang dialami monitor-nya seperti ada gangguan pada catu daya-nya. Hal baik setelah kita buka monitor LCD-nya kita sudah diberi tanda dengan jelas dimana letak kerusakannya, komponen yang terkait dalam hal ini adalah Capasitor.

Capasitor sebagai filter untuk tegangan 5 volt mengalami penyusutan kapasitas sehingga terjadi ketidakstabilan pada output power supply untuk rangkaian logic board.


Pada gambar sudah kita beri tanda anak panah disitulah letak capasitor-nya, capasitor yang rusak sudah kita lepaskan dari rangkaian power supply.Capasitor yang dipergunakan adalah 1000uf/16 volt sebanyak 4 buah, segera kita pasangkan Capasitor baru. Setelah selesai pemasangan Capasitor kini kita coba kembali hidupkan monitor LCD-nya ? hasilnya alhamdulillah monitor LCD sudah kembali normal, kini suara storing sudah tidak terdengar lagi,tampilan OSD sudah bisa kita lihat hadir pada layar LCD-nya.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment