Friday, January 29, 2016

TROUBLE MONITOR CRT COMPUTER


Monitor computer dengan model CRT sering kali mengalami permasalahan, itu bisa disebabkan adanya retak pada timah solder. Terkadang bila dipukul suka mau kembali monitor-nya, langkah ini akan menambah panjang kerusakan apabila terjadi tambahan retak timah solder pada bagian lain. Ada sedikit tips untuk kita jika mau memperbaiki kerusakan yang terjadi pada monitor computer. Apabila ada suara yang timbul dari dalam monitor computer-nya untuk ini tidak memungkinkan diadakan perbaikan karena yang rusak adalah playback-nya dan pengganti untuk ini tidaklah ada. Jika tetap mau mengganti playback tersebut dampaknya tidak akan kuat lama.

Hal-hal yang mungkin diadakan perbaikan apabila terjadi kerusakan pada bagian Vertikal atau Video RGB, seperti yang akan kita ulas kali ini. Kita ada servisan monitor computer LG flatron dengan gejala gambar berwarna ungu, kerusakan yang seperti ini bisa ditanggulangi dengan cara resolder ulang pada bagian Video RGB. Ada juga kerusakan ini disebabkan oleh chipset RGB akan tetapi hal itu jarang sekali terjadi.

Yang agak merepotkan untuk resolder rangkaian video RGB ini adalah adanya plat penutup pada bagian belakangnya, dan untuk ini kita mesti melepaskan beberapa titik solderan. Contoh bisa dilihat pada gambar berikut :
video-rgb-monitor-computer-300x225

Setelah kita lepaskan penutupnya akan tampak seperti ini :

video-rgb-monitor-computer-tampak-dalam-300x225

Untuk jenis penguat video RGB banyak modelnya dari transistor yang masih satu persatu sampai dengan model Ic. Dan kesemuanya mempunyai kelemahan yang sama yaitu rentan retak timah solder-nya. Jika telah terlepas penutupnya barulah bisa kita lihat letak timah yang mengalami keretakkan dan perbaikan tinggal kita solder ulang saja.

Kerusakan gambar buram juga suka terjadi pada monitor computer model CRT / Tabung, ini bisa disebabkan karena rusaknya soket CRT dan bisa juga karena kerusakan pada playback bagian fokus. Jika kita ganti soket dan tetap mendapatkan hasil gambar buram maka sudah jelas playback-nya yang rusak, untuk ini bisa dilakukan pencangkokkan playback dengan menambah playback baru .

Playback baru kita hubungkan kabel HV out-nya ketempat kabel HV out playback lama, dan selanjutnya kita tinggal pasangkan ground untuk kaki ABL untuk playback baru, kini kita lepaskan fokus serta screen dari playback lama dan kita gantikan dari fokus dan screen playback baru. Sekarang tinggal diatur level untuk fokus serta screen lewat playback baru bukan dari playback lama.


Itulah sekilas perbaikan untuk monitor computer model CRT, semoga bisa bermanfaat.




No comments:

Post a Comment