Saturday, January 16, 2016

Mengganti Power Suply Lcd dengan Power Supply Tipe Lain



Banyak Tipe Lcd Tv Yang Power Suplynya Renta akan kerusakan,Terkadang kita dalam perbaikan susah untuk mendapatkan sperpartnya,disni saya akan menulis sesuai dengan pengalaman saya tentang hal power suply lcd.
Kebanyakan pada umumnya lcd menggunakan power suply sistem stanby,dengan tegangan 3,5 volt,5 volt ada juga yang menggunakan 12 volt"tapi jarang".
dengan menggunakan power on tegangan ada juga yg menggunakan ground.
langkah pertama soal stanby,berapa tegangan yg di butuhkan mainboard suatu lcd harus benar2 pas,jika berlebih pastinya akan merusak regulator mainboard bahkan ic.begitu juga jika tegangan suply kurang tentunya tidak bisa.
contoh stanby mainboard menggunakan tegangan 3,5 volt ,sedang power suply yg kita buat merubah bertegangan 5 volt,beberapa saat mungkin mainboard bekerja tapi tak sampai 1 menit ic pasti KO.
jadi harap benar2 pas.
kabel stanby ok langkah selanjutnya lihat bagian power on,ada mainboard yg mnggunakan sistem tegangan ada juga yg menggunakan sistem ground,jika sistem power on mainboard dengan power suply berbeda tinggal kita rubah transistor switnya,dari PNP Ke NPN begitu sebaliknya.
Stanby sudah swit on sudah kita coba power on mainboard klo kedua hal tadi sudah benar pastinya tegangan power suply akan keluar,biasa kebanyakan lcd 12 v,teg audio,5 v teg Ticon logic.ada juga yg menggunakan 33 volt ke tuner,biasanya teg ini ada pada tv toshiba.
ada juga mainboard yang menggunakan power detec atau ac detec ,ac detec biasanya sebagai protector, tidak usah bingung ada tips kushus dari saya dengan di jumper teg 5 volt atau juga di ground.tinggal coba di ground atau di plus sebab beda tipe lcd beda juga ac detecnya.
semoga bermanfaat






sumber:
specialistlcd.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment