Friday, December 4, 2015

Kerusakan Monitor LCD yang Sering Terjadi

Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan monitor jenis LCD bahkan sekarang sudah ada teknologi baru yaitu monitor LCD dengan menggunakan LED sebagai backlight nya sehingga menciptakan gambar yang benar benar tajam.

Kerusakan pada monitor umumnya sering terjadi pada blok regulator. Pada blok ini di masing masing merk memiliki tegangan output masing masing. Untuk monitor LCD yang tidak bermerk (tidak terkenal) biasanya hanya menggunakan tegangan 5volt saja, namun untuk merk lain biasanya ada dua buah tegangan yaitu 5volt dan 12volt.

Yang sering saya temui adalah kerusakan monitor di bagian regulator atau sering disebut power supply. Jika pada bagian ini rusak, maka hal yang akan timbul adalah monitor seolah mati total padahal mungkin yang mati hanya regulator yang menyuplai tegangan ke rangkaian backlight.

Tegangan untuk main board dari monitor itu sendiri adalah 5volt selain tegangan itu biasanya adalah tegangan untuk backlight. Jika pada saat kamu menyalakan monitor tapi tidak muncul sama sekali gambar, jangan langsung memvonis mati total. Cek apakah lampu power indikator menyala. Jika menyala maka ada kemungkinan yang mati hanyalah backlight nya saja. Tapi jika lampu indikator menyala tidak wajar atau remang remang maka yang patut kita curigai adalah elco regulator yang kemungkinan sudah berubah nilai.



Saran saya jika anda kebingungan untuk memperbaiki rangkaian regulator karena saking rumitnya, dan tidak ingin keluar biaya banyak, kamu bisa mengganti rangkaian regulator monitor kamu dengan rangkaian regulator DVD player asalkan tegangan yang terpasang ke mainboard dan backlight sama.

Semoga pengalaman saya bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah terhadap monitor LCD.

Blok Rangkaian Regulator LCD Monitor
Blok Rangkaian Regulator LCD Monitor








sumber:
mamaus.wordpress.com

No comments:

Post a Comment