Monday, November 16, 2015

TV LCD LG 32LD330 Mati Total


Kerusakan:
Teve LCD ini mempunyai keluhan mati total tanpa ada tanda led indikator hidup ( pikirku dalam hati sebelum buka kesing, sudah pasti adalah psu bermasalah nih..sehingga tidak ada supply tegangan ke mainboard).


Perbaikan:
Setelah buka kesing, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat tabel tegangan yang tertulis dipcb bagian soket output power supply. Output power supply ada 24 pin dimana untuk satu jalur memakai dua buah pin(kabel).
Berikut adalah urutan data pin output power supply untuk LG 32LD330:
KLIK GAMBAR AGAR LEBIH JELAS



Tegangan 3.5v digunakan untuk tegangan standby televisi jenis ini. Dan beberapa brand lain menggunakan tegangan tegangan 5v untuk standby-nya yang diregulasikan ke 3.3v didalam mainboard. Tegangan ini penting karena sistem dalam mainboard seperti led standby, power on, ic program, memori dan bagian kontrol lainnya menggunakan tegangan ini.

Setelah memiliki acuan itu akhirnya saya memulai dengan mengukur tegangan dibagian tertulis 3.5vDC ternyata hanya terukur 3,26vDC sementara jalur tersebut bila dicut yang menuju main board dapat terukur 3.4vDC. Kemudian saya sempatkan mengganti 2 buah elko 1000uf10v di bagian regulator 3.5v tersebut dan mencabut menggencangkan konektor. Kemudian steker tv saya tancapkan ke stopkontak namun belum membuahkan hasil.  Sudah mulai pusing, menghisap rokok sambil minum es sirup yang sudah disuguhkan...belum sampai habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby ga hidup? Padahal tegangan standby sudah ada.

Akhirnya pun mengukur hambatan ditiap in out regulator 3.5v jalur stanby,dan diketemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak balik. Karena penasaran benar tidak bagian ini yang menjadi penyebab akhirnya pengukuran dilakukan saat ada tegangan masuk di IC 1007, dan benar outnya hanya terukur 1v.



Wah pasti IC regulator ini sudah melemah nih...( pikirku dalam hati).
Namun setelah terdiam sejenak naluri berkata untuk mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, karena di in out IC terpasang kapasitor kering dan dengan asumsi apabila yang rusak short adalah bukan kapasitor maka akan mudah untuk melakukan cabut pasang kapasitor berkaki 2 dari pada sebuah IC regulator yang memiliki 8 buah kaki dan sangat sulit dipasaran bahkan mungkin tidak ada.

Dan berhasil setelah kapasitor( C1062 dan C1063) output di lepas ternyata di jalur regulator tidak short lagi dan kapasitor yang sudah dilepas terukur mengalami hubung singkat(short).
Setelah pengfantian kapasitor tv saya nyalakan dan jrengggg,,, Lampu led merah menyala kemudian saya tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip dan layar lcd menampilkan raster kepyur. Amin...

Tegangan di power supply saat power on sudah terukur stabil sesuai tabel dan tutup kesing.

Semoga bermanfaat...








sumber:

No comments:

Post a Comment