Sabtu, 28 November 2015

Tv LCD LG 32 Ada Garis-garis Horisontal




Kerusakan:
LG32 panel  Haesung HC320DXN dengan kupingan
Awalnya problem layar blank………….solusi pasang kabel jumper tegangan Von.


Setelah dapat  keluar gambar…..ternyata ada gangguan 2 buah garis horisontal……..



Tempel  semacam spon yang agak keras (jangan yang lembut)…….terus di pencet……ternyata gangguan bisa tidak nampak lagi……....




Tambah-in busa lagi biar agak tebal….trus di gencet pakai frame aslinya………beres.

Agar spon ganjel tidak bergeser.....beri perekat double selotape.

Kinclooooong…….....
  








sumber:

Rabu, 25 November 2015

Tv LCD/LED Channel Pindah-pindah Sendiri

Lcd China chanel pindah-pindah sendiri
Kerusakan:
Lcd China.....
Kadang chanel bisa pindah-pindah sendiri...


Perbaikan:
Coba lepas konektor dari Tombol2 dan Remote receiver.
Problem tetap sama aja.........



Setelah cek-ricek tegangan-tegangan.....
Ternyata ada salah satu LDO117-3.3 yang ngaco........
Tegangannya over menjadi 3.7v......
Setelah part diganti....pr0blem tidak muncul lagi.....









sumber:
marsonotv.blogspot.co.id

Senin, 23 November 2015

Tv LCD LG 32 Kadang Layar Gelap


Kerusakan:
LG 32 masih pakai CCFL backlight…….
Dengan keluhan….kadang-kadang layar gelap…….
Bikin bĂȘte….sebab yang dimaksud kadang-kadang bukan tiap hari………
Tiga hari ditest no problem……..hari keempat baru muncul gejala kerusakan ……….dimatikan……dihidupkan lagi dah normal kembali…….

Perbaikan:
Mikir…..”trus mau diapakan”
Wis….coba di matikan saja protek Inverter…………
Dah diambil yang punya……..seminggu kemudian dikembalikan…….….dengan keluhan yang sama………


Wah……ini……..mikir lagi…..trus apane ?????
Buka-buka menu………….kok ketemu ini………….



Wah mungkin ini penyebabnya……….
Energy saving waktu itu posisi pada “MAXIMUM”……….
Coba dirubah ke “MINIMUM”………..
Ini atas dasar pemikiran bahwa “mungkin CCFL mulai lemah” sehingga pada posisi energy saving maximum…….malah bikin CCFL kadang tidak nyala……..

Alhamdullillah……ternyata ditunggu sampai 3 bulan lebih tidak kembali juga………








sumber:

Minggu, 22 November 2015

Tv LED Samsung UA40D5000 Lampu Indikator Merah Kedip-kedip


Kerusakan:
Samsung UA40D5000.....dari rumah pemilik katanya rusak mati......
Sampai ke bengkel, dicoba sempat hidup sebentar hingga keluar gambar....tapi trus mati lagi.....
Coba lagi ...coba lagi.....tetap gak mau hidup......lampu indikator merah hanya nyala kedip-2.
Tapi sepetinya bukan protek...sebab di remote on-off masih bisa jalan......


Perbaikan:
Cek PFC normal 
Cek pin kontrol power_on......high-low-high-low terus 
Cek semua tegangan2 dc-dc pada main-board.....sepertinya semuanya ada tapi hidup-mati-hidup-mati juga.......
Berpikir mau coba flash....tapi ic-ne kok kaya pakai ngene?.....kira2 ya balum ada yg punya FW. 
Kalao ic flash error kok tadinya sempat hidup?……..Mestinya hal seperti ini hanya kerusakan hard-ware saja?.......
MIKIR......kok buntu....belum ada jalan keluar.!!!



Phone a friend….minta bantuan pemikiran…….achirnya dapat petunjuk  :

1.      Tukul Reynaldi Prabowo transistor ps on nya kudu di lepas suhu.......
2.      Holil Harahap Yg Q853 ya Kang Tukul Reynaldi Prabowo
3.      Zaenal Elektronik cara cepatnya .... coba lepas aja TR sensor protek inverternya.... outnya nyambung ke pin power on di psu..... kerusakan aslinya di bagian inverter (OVP di tegangan lednya, tanda2 led backlite bentar lagi mau anu)

Berburu skematik ama mbah Google dulu…..mbok-mbok ada………achirnya dapat juga yang mirip

Ya……..problem ternyata bukan di Main-Board, tetapi di board Power-suply & BL Inverter.
Problem disebabkan sirkit protek yang ada pada board tersebut.


SIRKIT PROTEK


Disini ada 4 buah protek, yaitu


  • A5V  OVP (Over Voltage Protector) 
  • B13V  OVP 
  • Protek Backlight, disampling dari IC9151 
  • dan IC9152 (BL Inverter Driver)

Jika terjadi protek, maka jalur Power_on akan dishortkan ke GND oleh Tr QM853. Disini normal tegangan basis adalah “0v”. Sedang dalam kasus yang kami hadapi, tegangan basis terukur berubah-ubah High-Low, sehingga mengakibatkan tegangan Power_on tegangan juga berubah-ubah......itulah yang menyebabakan indikator kedip-kedip....mother-board jadi start-restart.

klik gambar agar lebih jelas

JALUR POWER_ON




Keseluruhan protek ini dapat dilumpuhkan dengan melepas transistor QM853.

  • Coba lepas transistor tersebut – pesawat dapat hidup normal tidak kedip-kedip lagi. 
  • Kasih antenna,  suara ada - tetapi layar gelap. 
  • Cek tegangan BL ada (terukur lebih dari 300v). 
  • Hal ini menunjukkan led BL ada yang putus………



Bongkar panel………

  • Ada 2 renteng led BL masing2 berisi 62 led, jadi total ada 124 led yang disambung secara serial……Pantesan tegangan BL Inverter lebih dari 300v. 
  • Diperiksa ada lebih dari 15 buah led yang mati putus.  
  • Meng-akal-in  led yang putus.....tunggu cerita lainnya...........





klik gambar untuk memperjelas

 SIRKIT BL DRIVER











sumber:

Selasa, 17 November 2015

Cara Mengganti Polarizer yang Rusak pada Panel



langkah pertama yaitu cara menghilangkan bekas polarizer yang rusak
-dengan cara memaKai cuter di kerop lapisan polzarisernyaa sampai bersih
-pakai tiner agar mudah menghilankan sisa-sia lem yang menempel pada panel
-jangan lupa waktu pengerjaan pakai minyak kayu putih atau autan untuk menghilangakn bau yang menyengat
 karena baunya bikin pusing....kayak bau ketiaknya orang sekampung...bercanda doang mas broo (y)

langkah kedua cara kita mendapatkan polarizer yaitu
-siapkan panel sesuai ukuran yang mau kita ganti

-caranya ambil pisau/cuter untuk membelah panel kaca depan dan belakang,cara seperti di gamabr
-kerop bekas liquid cristal display sampai bersih,dengan mengunakan cuter(pakai cuter baru ya mas broo jangan bekas)
-jika sudah terlepas makan akan terbagi menjadi 2 sel depan dan belakang,nah dari situlah kita ambil sel-
yang paling depan untuk mengganti polarizer yang rusak pada panel.
-tahap selanjut tempel sel depan yang berhasil kita belah tadi,di panel yang rusak polarizernya dengan cara menjepit pakai frame panel


nb:saat menghilangkan atau memasang sel panel ke polarizer yang telah di bersihakn harap dalam pengerjaan selalu berhati hati jika sudah selamat mencoba..semoga bermaanfaat













sumber:

Senin, 16 November 2015

TV LCD LG 32LD330 Mati Total


Kerusakan:
Teve LCD ini mempunyai keluhan mati total tanpa ada tanda led indikator hidup ( pikirku dalam hati sebelum buka kesing, sudah pasti adalah psu bermasalah nih..sehingga tidak ada supply tegangan ke mainboard).


Perbaikan:
Setelah buka kesing, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat tabel tegangan yang tertulis dipcb bagian soket output power supply. Output power supply ada 24 pin dimana untuk satu jalur memakai dua buah pin(kabel).
Berikut adalah urutan data pin output power supply untuk LG 32LD330:
KLIK GAMBAR AGAR LEBIH JELAS



Tegangan 3.5v digunakan untuk tegangan standby televisi jenis ini. Dan beberapa brand lain menggunakan tegangan tegangan 5v untuk standby-nya yang diregulasikan ke 3.3v didalam mainboard. Tegangan ini penting karena sistem dalam mainboard seperti led standby, power on, ic program, memori dan bagian kontrol lainnya menggunakan tegangan ini.

Setelah memiliki acuan itu akhirnya saya memulai dengan mengukur tegangan dibagian tertulis 3.5vDC ternyata hanya terukur 3,26vDC sementara jalur tersebut bila dicut yang menuju main board dapat terukur 3.4vDC. Kemudian saya sempatkan mengganti 2 buah elko 1000uf10v di bagian regulator 3.5v tersebut dan mencabut menggencangkan konektor. Kemudian steker tv saya tancapkan ke stopkontak namun belum membuahkan hasil.  Sudah mulai pusing, menghisap rokok sambil minum es sirup yang sudah disuguhkan...belum sampai habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby ga hidup? Padahal tegangan standby sudah ada.

Akhirnya pun mengukur hambatan ditiap in out regulator 3.5v jalur stanby,dan diketemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak balik. Karena penasaran benar tidak bagian ini yang menjadi penyebab akhirnya pengukuran dilakukan saat ada tegangan masuk di IC 1007, dan benar outnya hanya terukur 1v.




Wah pasti IC regulator ini sudah melemah nih...( pikirku dalam hati).
Namun setelah terdiam sejenak naluri berkata untuk mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, karena di in out IC terpasang kapasitor kering dan dengan asumsi apabila yang rusak short adalah bukan kapasitor maka akan mudah untuk melakukan cabut pasang kapasitor berkaki 2 dari pada sebuah IC regulator yang memiliki 8 buah kaki dan sangat sulit dipasaran bahkan mungkin tidak ada.

Dan berhasil setelah kapasitor( C1062 dan C1063) output di lepas ternyata di jalur regulator tidak short lagi dan kapasitor yang sudah dilepas terukur mengalami hubung singkat(short).
Setelah pengfantian kapasitor tv saya nyalakan dan jrengggg,,, Lampu led merah menyala kemudian saya tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip dan layar lcd menampilkan raster kepyur. Amin...

Tegangan di power supply saat power on sudah terukur stabil sesuai tabel dan tutup kesing.

Semoga bermanfaat...









sumber:

Minggu, 15 November 2015

Panel BOE HT260WXC-100 Layar Blank Putih

Kerusakan:
Lcd NIKO dengan panel HT260WXC-100
Pertama dihidupkan layar blank putih.....
Lama2 keluar samar2 LOGO ...
Kemudian lama2 layar jadi seperti gambar dibawah







Perbaikan:
Cek semua tegangan power suply T-con seperti VGH, VGL dan lain2 normal.
Cek tegangan-2 TP gamma normal........

Ternyata problem disebabkan jalur VGH ke "kupingan" putus.





Untuk penyambungan digunakan kawat email bekas motor DVD





sumber:
marsonotv.blogspot.co.id

Sabtu, 14 November 2015

Memahami Sirkit Boost-up CM501


Cara kerja Sirkit Boost-Up AVDD 15v CM501

  • Berfungsi untuk menaikkan tegangan input 12v menjadi sekitar 15v.                                                                                                                                                                                                            
  • Tegangan input 12v masuk ke pin25/26 melalui tranfo switching LP2
  • LX1,2 adalah merupakan FET yang berfungsi sebagai "power switching".
  • Jika power switching on-off, maka arus terputus-putus frekwensi tinggi akan mengalir melalui kumparan LP2.
  • Hal ini akan mengakibatkan timbulnya tegangan induksi pada kumparan LP2 yang terputus-putus pula……yang bersifat semacam tegangan ac.
  • Oleh diode DP2, tegangan ini kemudian disearahkan, sehingga memperoleh tegangan dc sekitar 15v.
  • FET QP2 berfungsi untuk mengisolasi antara tegangan input dari Diode LP2 dengan tegangan output AVDD.


Trobelshuting

  • Tegangan input 12v short atau setegah short dapat disebabkan (1) Ada kapasitor keramik smd yang short/setengah short pada jalur input tegangan 12v, jalur output dari diode LP2 atau jalur output FET QP2 atau (2) LX1,2 short (FET yang ada didalamnya)
  • AVDD dipakai untuk mensuply tegangan ke Panel (Gate driver) dan ic Gamma. Kerusakan kedua komponen ini akan menyebabkan tegangan AVDD drops, CM501 panas atau FET QP2 panas.
  • Jika tegangan pada LX1,2 tetap sama 12v, maka hal ini menunjukkan CM501 belum bekerja. Cek kontrol power_on CM501 pin-9 apakah sudah ada tegangan.
  • Kerusakan diode DP1 menyebabkan tegangan tidak mau naik menjadi 15v.
  • Tegangan AVDD dipakai juga untuk mensuply sirkit pembangkit VGH.  Jalur VGH yang short tentu dapat juga berpengaruh terhadap tegangan AVDD. 
  • Tegangan AVDD hilang, berarti tegangan VGH juga ikut hilang









sumber:

Jumat, 13 November 2015

Nama Pulsa Timing-Control(T-con) pada Panel Samsung









CPV = Vertical Clock Pulse - Controls the timing of the CKV and CKVB outputs
STV =  Vertikal Sync Input  (Vertical start pulse) - Used to generate the high-voltage STVP output.
OE  =  Gate Driver Enable signal.
CPV, STV, OE merupakan sinyal2 level tegangan rendah yang disuply dari Vdd 3.3v
                                 
CKV    = High-Voltage Gate-Pulse Output. Shift clock input for scan driver
CKVB  = High-Voltage Gate-Pulse Output. CKVB is the inverse of CKV during active states
STVP  = High-Voltage Scan-Drive Output (high STV)
CKV, CKVB, STVP merupakan sinyal2  level tegangan tinggi yang disuply dari VGH dan VGL (Von dan Voff).

Catatan : Panel buatan Samsung dapat juga dijumpai pada Polytron, Toshiba, Sony








sumber:

Kamis, 12 November 2015

Alat Bantu untuk Melepas Komponen SMD


Melepas komponen SMD yang kecil-kecil seperti C, R, L pada board LCD akan lebih mudah jika kita memiliki set alat-alat seperti gambar dibawah.
Lihat ujung-ujungnya. Dibuat lekukan dengan macam-macam ukuran sesuai dengan besar kecilnya komponen.
Solder ujung-ujung komponen, japit dengan alat ini sambil diputar.
Alat semacam ini bisa dibuat sendiri.











sumber:
marsonotv.blogspot.co.id

Rabu, 11 November 2015

Memahami Panel LCD Samsung tipe LTY320-xxxx


Jika kita amati pcb strip yang nempel pada panel kaca LTF320xxx, maka disitu kita hanya menjumpai ic multi power-suply BD8193.
Terus kemana ic T-con dan ic Gamma reference.



Dari gambar blok diagram diatas, maka kita akan tahu ternyata kedua ic yang ditanyakan ditanam pada kabel FFC (flexy flat cable).

Dari blok diagram juga dapat kita pahami jalur-jalur sinyal dan jalur-jalur suply-nya.










sumber:
marsonotv.blogspot.co.id