Sunday, September 20, 2015

TV LCD LG 32LG60UR MATI STANDBY


Kerusakan:
LCD LG ini mengalami kerusakan saat awal saya masukan aliran listrik , power supply terlihat sudah bekerja dengan hidupnya lampu indikator, tak lama kemudian ada suara intro dan tak lama kemudian kembali ke posisi standby.

Modelnya  :

DSC_0019[1]

Perbaikan:
Langkah awal dimulai dengan membuka terlebih dahalu casing penutup , setelah terbuka barulah terlihat beberapa mainbaord. Rangkaian PSU ( power supply unit ) menjadi lokasi pertama untuk saya lakukan pengukuran, berapa volt outputnya dan hasilnya adalah normal yaitu 5 volt. tampilan PSU-nya :

DSC_0018[1]

Secara default jika power supply tidak stabil bisa dilihat dari capasitor filter yang badannya ( berubah fisik ,pecah bagian atasnya ) . Disini saya tidak melihat adanya capasitor yang rusak maka tahap selanjutnya saya lakukan pengukuran di area mainboard  utama untuk sistem penerimaan dan sistem video out ke panel LCD . Tegangan out PSU 5 volt yang masuk ke mainboard ini saya urutkan kemana saja alurnya. tegangan 5 volt diturunkan menjadi 2 out yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt .

Tegangan out 1,2 volt yang masuk ke IC CHIPSET terjadi gangguan saat sistem mulai bekrja, terlihat saat saya ukur sedikit berdenyut . Dari hasil ini saya menyimpulkan capasitor filter tegangan 1,2 volt tidak bekerja dengan baik, tampilan mainbaord dengan capasitor yang rusak :

DSC_0016[1]

Tampilan mainboard setelah penggantian capasitor :

DSC_0017[1]

Hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal , tampilan gambar serta suara bekerja dengan baik tinggal setahap lagi yang harus dikerjakan… ngerapiin….







sumber:

4 comments:

  1. Om Terima servis? Area mana mas?

    ReplyDelete
  2. kalau tv led gak mau di pawer yang harus di analisi di bagian mana ya gan

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak atas postingannya gan, berkat postingan ini tv servisan sy kelar dan kembali normal. Semoga yang maha kuasa memberi banyak rezeki ke agan yg sdh mau berbagi pengalaman.

    ReplyDelete
  4. Om. Kalo tv nya hidup nonton trus sekitar 15menit mati sendiri (tapi masi bisa di on lagi pake remote) trus masin auto off lagi. Itu genti apanya om?

    ReplyDelete