Saturday, August 29, 2015

TV LCD POLYTRON HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY


Kerusakan:
LCD tv Polytron kita coba hidupkan? Sesaat LCD bisa hidup tapi tak lama kemudian LCD-nya kembali Standby.

Perbaikan:
Seperti biasa kita mulai pemeriksaan pada rangkaian power supply-nya. Yang kita periksa adalah pada bagian output tegangan dari power supply dengan besaran 5 volt.Hasil yang kita dapatkan tegangan mengalami penyusutan, maksudnya tidak stabil. Jadi inilah penyebab utama LCD tidak bisa Start UP.

Tegangan jadi tidak stabil karena fungsi filter yaitu Capasitor mengalami perubahan kapasitas, lebih mudah kalau kita bilang dengung kalau di dunia Amplifier. Penggantian tentunya harus segera kita lakukan,untuk melakukan hal ini kita mesti melepaskan Alumunium pendingin terlebih dahulu.

Setelah Alumunium kita lepaskan barulah bisa kita ganti Capasitor yang mengalami kerusakan, berikut model power supply-nya:




Capasitor yang di gunakan untuk filter tegangan 5 volt adalah 1ooouF/35 volt.Setelah proses penggantian Capasitor selesai kini kita coba kembali menghidupkan LCD-nya? Hasilnya Alhamdulillah LCD sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

1 comment:

  1. Kasus tv lcd saya polytron 24" sama seperti ini gan coba dihidupkan gambar dan suara normal tapi hanya kurang dari satu menit kembali lagi stby. apakan yang harus diganti jg sama capasitornya? makasih jika sudah menjawab

    ReplyDelete