Wednesday, August 19, 2015

TV LCD LG 26LH20R MATI TOTAL


Kerusakan:
Keadaan LCD TV LG mati-total, tidak ada gambar maupun suara yang di hasilkan.

Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dari rangkaian power supply,hasilnya adalah arus listrik dari PLN masuk ke rangkaian power supply-nya. Namun kenapa Power supply tidak berfungsi? Ini yang akan kita cari tahu. Segera kita urut secara perlahan dimana kiranya letak kerusakannya yaitu dengan cara:

1 Arus listrik melewati Dioda dan menghasilkan tegangan DC 300 volt, dan kondisi pada rangkaian power supply disini adalah baik/ maksudnya ada.

2 Tegangan DC 300 volt di salurkan untuk 2 jenis power supply,yaitu power supply untuk rangkaian Inverter dan satu power supply untuk IC Logic.

Hasil yang kita dapatkan adalah tegangan 300 volt untuk IC Logic tidak masuk ke rangkaian power supply-nya. Hal ini di sebabkan karena Resistor sebagai Starting pada power supply tidak berfungsi, jadi supply tegangan 300 volt tidak masuk ke dalam rangkaian. Perbaikan untuk ini adalah dengan mengganti Resistor yang mengalami kerusakan. Resistor yang di pergunakan adalah dengan nilai 2,2? dengan kapasitas 2 Watt.

Selesai penggantian berikutnya kita coba menghidupkan LCD-nya? Hasilnya LCD sudah bisa hidup akan tetapi ada suara desis dari rangkaian power supply-nya. Untuk memperbaikinya kita bisa mengganti Dioda Zener yang terpasang secara pararel pada ground untuk IC Switching. Cara termudah adalah dengan mengosongkannya maksudnya tidak usah di ganti cukup kita lepaskan dari PCB-nya.

Posisi Dioda Zener di dalam rangkaian power supply bisa kita lihat di bawah ini:
Power Supply LCD TV LG / lingkaran merah posisi dioda yang di maksud

Selanjutnya kita coba kembali menghidupkan LCD-nya ? hasilnya Alhamdulillah LCD TV LG sudah hidup kembali dengan normal.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment