Sunday, March 8, 2015

Tv LCD/LED Toshiba Mati Total


1. Toshiba Lcd 32AV600 mati total
KASUS :
Toshiba Lcd 32AV600, problem mati total.
SOLUSI :

  • Cek tegangan st-by 5v tidak keluar – disebabkan ic power st-by 5v rusak.
  • Setelah penggantian ic MIP2F20 - tegangan 5v sudah keluar (…..terimakasih akang Dede Digitalmas atas kiriman ic-nya, baru kali ini ke-pakai)……….tetapi pesawat masih tetap belum mau nyala.
  • Cek ternyata tegangan AC-det tidak ada. Amati sirkir AC-det kok malah pusing sendiri (……maklum skema tidak bisa diperoleh) – maka cari jalan pintas tegangan AC-det di-“diperkosa” saja dengan men-shortkan B-E transistor pada sirkit AC-det.
  • Pesawat langsung bisa hidup dengan gambar normal.




Contoh skema MIP2F


  • Tapi masalah belum selesai tuntas – suara ada gangguan back-ground “ngeter”…….. sepertinya gangguan berasal dari pulsa clock sinyal SCL.
  • Cek semua elko aluminum smd sekitar ic chip besar – ternyata banyak yang sudah kering.
  • Setelah penggantian elko 100u (7 buah) dan elko 4.7u – maka gangguan ngeter langsung hilang.



2. LED TV TOSHIBA 23PB201EJ MATI-TOTAL

Diagnosa

LED TV Toshiba saat saya masukan aliran listrik, lampu indikator terlihat tidak menyala ? seperti tidak ada arus yang masuk ke rangkain power supply unit ( PSU ) .

Modelnya :

IMG_20160102_211521

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki.


Proses awal selalu dimulai dengan membuka casing penutup belakang ( cover ), setelahnya terlihat beberapa modul rangkaian. Rangkaian pertama yang menjadi acuan untuk dilakukan pemeriksaan adalah rangkaian PSU SMPS, lokasi di jalur output DC-nya. Hasilnya tegangan di jalur ini terukur 5 volt dan dari hasil ini saya pastikan PSU dalam kondisi bagus ( tidak terjadi kerusakan di area ini ) .
Permasalahan berasal dari mainboard ( logicboard ) mungkin ada komponen yang rusak ini hanya analisa. Untuk memastikan lebih lanjutnya saya test poin tegangan input 5 volt berlabuh diarea mana, hasilnya tegangan 5 volt terhubung ke IC REG type TPS54328. Dari pengalaman sebelumnya saya pernah ukur output dari IC TPS54328 adalah 3,3 volt. Tegangan input 5 volt ada tapi outnya tidak ada maka sudah bisa dipastikan kondisi IC TPS54328 rusak.

Untuk perbaikan seharusnya mengganti  IC TPS54328 , disini karena tidak ada penggantinya maka saya lakukan penggantian dengan type IC LM1117MP . Lokasi IC yang rusak dan setelah penggantian :

IMG_20160102_211521

new123445


Hasil akhirnya Alhamdulillah, LED TV Toshiba sudah kembali normal.



3. TV LCD TOSHIBA 32PB1E MATI TOTAL AKIBAT KENA PETIR
Kerusakan:
Lcd tv Toshiba 32pb1e mengalami kerusakan akibat terkena efek petir yang masuk via aliran listrik,, saat kejadian kondisinya sedang standby dan akhirnya setelah kejadian lcd toshiba langsung mati total ( lampu indikator tampak tidak menyala ) .

Perbaikan:
Petir mempunyai arus listrik yang sangat besar dan biasanya bila mengenai perangkat elektronik , perangkat tersebut tidak bisa diperbaiki. Dalam berbagai kasus yang pernah kita coba perbaiki selalu berakhir dengan penggantian modul dengan biaya yang sudah pasti sangat mahal dan jarang ada klien yang mau membiayainya, alasan klasik ” mending beli baru mas ”  . Hal ini memang sudah menjadi kewajaran , penolakan klien untuk membatalkan proses perbaikan sudah sering kita temui,,, jadi enggak masalah buat saya ( sedikit curhat jadinya ) . Lanjut deh saatnya kita lakukan pemeriksaan dan rangkaian yang paling awal kita periksa adalah PSU ( power supply unit ).

PSU mengalami kerusakan dibagian IC switching ini saya dapatkan setelah saya masukan aliran listrik dan saya ukur tegangan jala-jala tersedia yaitu 310 volt ( kurang-lebih ) dan tegangan untuk b-up tidak tersedia ( 0 volt ) . Saya lepaskan aliran listrik dan sisa tegangan yang tersimpan dikosongkan dengan memasangkan beban lampu pijar 100 watt/220 volt. Saat tegangan sudah kosong saya ukur dengan multitester fungsi ohm batas ukur x10 , hasilnya positif yaitu tidak ada hambatan ( konslet lebih mudanya ). Type ic yang digunakan adalah STRW 6052 S dan sebagai penggantinya kita gunakan type STRW 6053 S.

Setelah saya pasangkan ic tersebut saya coba masukan aliran listrik dan alhamdulillah hasilnya PSU sudah kembali berfungsi, tegangan untuk sistem control 5 volt sudah tersedia begitu juga tegangan 13 volt. Karena saat perbaikan PSU saya bawa pulang jadi belum bisa memastikan apakah masih ada komponen yang mengalami kerusakan selain PSU tersebut, harus nunggu hari berikutnya. Keesokan hari ,saatnya pemasangan PSU di panel LCD dan disinilah saya temukan masalah baru. Lampu indikator tampak sudah hidup saat aliran listrik masuk , tapi di Mainboard Utama saya melihat lampu indikator kedap-kedip .

Saya coba ukur beberapa titik tegangan masuk ( 5 volt , 3,3 volt , 1,2 volt dan 13 volt ) di pinout mainboard dan dari sini bisa saya pastikan ada masalah dengan sistem protek. Sedikit membutuhkan waktu extra untuk mencari letak jalur penyebab protek dan hasilnya Alhamdulillah ketemu dan ini ada di pinout  AC_DET .  Solusi untuk masalah ini cukup saya lepaskan kabel penghubung dari PSU ke Mainboard pin ( AC_DET ) dan akhirnya sistem kembali berfungsi, kini LCD TOSHIBA sudah normal kembali.

Posisi pinout :
pcb-psu-lcd-toshiba

4. Tv LCD Toshiba 24PB2E Mati Total

Kerusakan:
Toshiba 24PB2E Mati – lampu indikator tidak nyala ama sekali.




Perbaikan:
Cek tegangan 5v st-by OK
Klo diamati….nampak pada mother-board dekat jack Av-in ada sebuag lampu led hijau kecil yang nyala kedip-kedip dengan frekwensi yang lambat……..



Kebetulan ada mother-bord yang sama……
Coba dipasang……lho kok sama saja masalahnya……….
Mikir………wah jangan-jangan problem power-suply….tapi trus APA-NYA?

Pelototi power-suply….
Pas lihat konektor……lha ini dia….ternyata menggunakan  AC-det……..
Cek pin-AC det tidak ada tegangan….normal harus ada tegangan  sekitar 4v
Urut saja dari pin-tersebut….akan ketemu sebuah transistor……….shortkan Basis-Emitor (lihat contoh skema Q3)…..ini bertujuan agar pin-AC-det ada tegangan………tapi sirkit AC-det jadi lumpuh…..wis gak papa…..
Coba hidupkan teve……lampu st-by langsung nyala merah…..tekan tompol power….lampu indikator ganti nyala hijau…..dan KINCLONG……..TV nyala normal.

Apakah fungsi AC-det tersebut…..
Tidak semua LCD diperlengkapi dengan sirkit AC-det………karena itu kadang bisa saja kita terlupakan ini.
AC-det berfungsi untuk memonitor tegangan listrik AC input……..
Jika tegangan drops….maka AC-det akan aktip….me-RESET mikrokontrol……sehingga mikrokontrol tidak aktip bekerja….
Analisa saya ini berfungsi untuk menjaga agar tidak terjadi data coroupt (data error) jika tegangan listrik tiba-tiba drops….
Normal pin AC-det pd konektor power suply ke main-board harus ada tegangan sekitar 3 sampai 4v.
Jika pin ini tidak ada tegangan sedangkan tegangan listrik normal, maka hal ini menunjukkan sirkit AC-det ada komponen yang rusak.

Dibawah ini adalah sebuah contoh sirkit AC-det yang sederhana.
Pada kondisi normal tegangan AC input akan menembus zener DZ1, sehingga basis Q1 ada tegangan.
Jika listrik drops, maka tegangan tidak bisa menembus DZ1, dan basis Q1 tegangannya nol.





 Catatan : Dapat info pada merk Sharp, jika tidak ada tegangan AC det kadang pesawat tidak mati. Tapi akan menyebabkan suara hilang.


5. LCD TV TOSHIBA 32PB1E MATOT/ MATI-TOTAL

Diagnosa

LCD TV Toshiba jika kita coba hidupkan ? lampu indikator terlihat tidak menyala.

Model LCD TV Toshiba :



Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki

Kasus kerusakan Matot/ mati-total rangkaian awal yang harus kita periksa adalah power supply. Di LCD TV Toshiba ini menggunakan IC type STR W6052S, Untuk memastikan penyebab utamanya maka kita lakukan pengukuran dibeberapa titik, diantaranya :

1 Fuses/ Sikring—— hasilnya bagus/ tidak putus

2 Tegangan 300 volt dari Dioda ——- hasilnya bagus/ ada

3 Dioda bagian penyearah sekunder tegangan 15 volt serta 5 volt —— hasilnya bagus/ tidak ada yang shot

Tampila power supply LCD TV Toshiba :



Dari ketiga pengukuran yang kita lakukan , hanya IC STR W6052 yang belum kita periksa. Hasil pemeriksaan untuk IC STR W6052S kita dapatkan tegangan B-up untuk sistem control terukur ada yaitu 12 volt. Dan sesaat setelah kita hidupkan power supply terukur tegangan dibagian sekunder dengan besaran 2,5 volt di area tegangan yang seharusnya 15 volt. Jadi jelas sudah penyebabnya IC STR W6052S, segera kita lepaskan IC ini dan kita pasangkan IC STR W6052S yang baru.

Setelah proses pemasangan selesai kita coba hidupkan power supply-nya ? Hasilnya Alhamdulillah power supply sudah bisa hidup lagi dengan output 5 volt dan 15 volt. Langsung kita pasangkan kembali ke Panel dimana disana ada soket untuk lampu CCFL/ Neon. Sekarang kita coba hidupkan kembali power supply dan hasilnya alhamdulillah tampilan gambar sudah tampak kembali di layar LCD-nya.












sumber:

1 comment:

  1. mohon pencerahan mas..Toshiba 24PB2E sya ketika dihidupkan dengan remote beberapa detik menyala dan timbul channel program dengan layar berwarna biru ..kemudian mati lagi ( lampu indikator kembali merah) kalau dihidupkan lagi seperti itu lagi kejadiannya.. terima kasih

    ReplyDelete