Tv LCD/LED LG Standby

1. LG LCD 32" Standby
KASUS :

  • LG LCD 32inc
  • Problem stand-by, power tidak mau “on”
SOLUSI :
  • Coba di power lewat tombol panel maupun remote tidak mempan semuanya
  • …………….“Wah…….pasti modul digitalnya yang problem !”……”pasti sulit nih…”
  • Berpikir sejenak, pikir-pikir dulu langkah apa yang akan dilakukan
  • Coba lepas konektor kabel board tombol-tombol panel, …………………kemudian hidupkan dengan remote…………dan….. “pet” lampu indikator stand-by langsung padam…….dan sebentar kemudian byaaaar…..layar langsung nyala dengan noise.
  • Pasang antena dan cek gambar maupun suara…semuanya OK.
  • Langsung periksa board tombol-tombol panel….diketemukan tombol untuk “POWER” short……..
  • Wah…wah….wah kok jadi hanya enak begini……tidak jadi berpikir keras.

2. LCD 32LG60UR HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY

Diagnosa

LCD LG ini mengalami kerusakan saat awal saya masukan aliran listrik , power supply terlihat sudah bekerja dengan hidupnya lampu indikator, tak lama kemudian ada suara intro dan tak lama kemudian kembali ke posisi standby.

Modelnya  :

DSC_0019[1]

Apakah yang menyebabkannya ? segera saya selidiki.

Langkah awal dimulai dengan membuka terlebih dahalu casing penutup , setelah terbuka barulah terlihat beberapa mainbaord. Rangkaian PSU ( power supply unit ) menjadi lokasi pertama untuk saya lakukan pengukuran, berapa volt outputnya dan hasilnya adalah normal yaitu 5 volt. tampilan PSU-nya :

DSC_0018[1]

Secara default jika power supply tidak stabil bisa dilihat dari capasitor filter yang badannya ( berubah fisik ,pecah bagian atasnya ) . Disini saya tidak melihat adanya capasitor yang rusak maka tahap selanjutnya saya lakukan pengukuran di area mainboard  utama untuk sistem penerimaan dan sistem video out ke panel LCD . Tegangan out PSU 5 volt yang masuk ke mainboard ini saya urutkan kemana saja alurnya. tegangan 5 volt diturunkan menjadi 2 out yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt .

Tegangan out 1,2 volt yang masuk ke IC CHIPSET terjadi gangguan saat sistem mulai bekrja, terlihat saat saya ukur sedikit berdenyut . Dari hasil ini saya menyimpulkan capasitor filter tegangan 1,2 volt tidak bekerja dengan baik, tampilan mainbaord dengan capasitor yang rusak :

DSC_0016[1]
Tampilan mainboard setelah penggantian capasitor :

DSC_0017[1]

Hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal , tampilan gambar serta suara bekerja dengan baik tinggal setahap lagi yang harus dikerjakan… ngerapiin….






sumber:
marsonotv.blogspot.com
www.hamimservis.com

Komentar

  1. Mas mau nnya tv lcd 22"merk LG sush star prtama sy colok k listrik lmpu lngsung hijau hitungn detik kmbli merah dn sush k hijau lg.kira2 apanya y mas? Mohn bntunnya trim ksh

    BalasHapus
  2. Mas mau nnya tv lcd 22"merk LG sush star prtama sy colok k listrik lmpu lngsung hijau hitungn detik kmbli merah dn sush k hijau lg.kira2 apanya y mas? Mohn bntunnya trim ksh

    BalasHapus
  3. Mas saya mau tanya, tv LG 32 inch, pas di colok hnya hdup lampu power ny saja warna merah, gak Tian tombol power gak idup, di remote jga gak idup, kenapa ya? Please solusi

    BalasHapus
  4. mas saya mau tanya,tv LG 24 inch saya,pas di standby susah star kl d cabut dari colokan listriknya berulang di star baru bisa nyala,kenapa ya?

    BalasHapus
  5. Bos nanya mainbord sharp aquos 40" dipasang yg 32" mau dak kayaknya fisiknya sama betul,40" tipe punyak ku lc40m500m-bk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tv LCD/LED Samsung Layar Gelap Suara Ada

koleksi kerusakan tv lcd/led polytron

Koleksi Kerusakan Tv Plasma Samsung