Sunday, February 22, 2015

Tv Plasma Suara Ada Gambar Tidak Ada


1. LG PDP layar gelap - suara normal

KASUS :
  • LG PLASMA 42" 42PJ350R.
  • Problem layar gelap, suara normal
  • Cek tegangan Va dan Vs pada bagian power-suply normal
clip_image002

SOLUSI :
  • Beberapa rekan teknisi telah menginformasikan bahwa : Problem disebabkan “tranfo besar warna kuning” pada modul Ysus (gambar sebelah kiri)
  • , kumparan bagian primer putus pada sambungan dekat kakinya, karena korosi.
  • Menyebabkan beberapa tegangan tidak keluar.



2. TV Plasma layar gelap, suara OK

KASUS :
  • Samsung Plasma display 42”
  • Kerusakan raster gelap, suara OK

SOLUSI :
  • Karena suara ada maka langkah pertama yang kami lakukan adalah memeriksa tegangan-2 power suply yang dibutuhkan untuk menanyalakan panel-plasma.
  • Untuk mengetahui tegangan-2 yang dibutuhkan dapat dilihat “stiker” yang ditempelkan pada setiap panel.
  • Langkah selanjutnya adalah mencari lokasi  “Test Point” dari setiap tegangan tersebut diatas dan “VR Trimer” yang digunakan untuk ajustment dari masing-masing tegangan.
  • Dari hasil pemeriksaan.... ada salah satu tegangan yang drops......kami coba lakukan re-ajustment.....ternyata tegangan tetap tidak mau berubah  
  •  Langsung kami lepas board power suply dan kami periksa bagian yang bermasalah tersebut (DC-DC Converter).........Setelah kami lakukan pengukuran-pengukuran tegangan dan komponen-komponen.......maka hasil analisa kami jatuh pada komponen TL431 yang bermasalah (komponen ini biasa diketemukan pada power suply DVD yang berbentuk mirip transistor 3 kecil kaki, yang berfungsi sebagai kontrol error regulator).
  • Setelah penggantian TL43........maka power suply langsung dapat diajust pada tegangan yang diinginkan.......dan Plasma langsung ada bunyi kreteeeeeek......dan layar langsung menyala biru........dan setelah dipasang antena.....gambar nampak OK.


Catatan :
  • Untuk mengetahui tegangan yang dibutuhkan untuk menghidupkan plasma-display dapat dilihat pada stiker yang ditempelkan pada penel plasma. Kadang tegangan  dapat dilihat pada board power suply.
  • Tegangan-tegangan tersebut antara lain adalah Va, Ve, Vsc, Vset.
  •  Untuk setiap model berbeda tegangan-tegangan yang tertera tidak sama
  • Jika dihitung banyaknya power suply untuk semua bagian seperti bagian mikrokontrol, bagian digital, bagian suara , maka plasma tv mungkin mempunyai sekitar 15 buah macam tegangan suply.


3. TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

TV layar datar dengan tipe Plasma atau sering disebut dengan TV Plasma, adalah sebuah teknologi tv yang sudah ada lumayan lama. Jadi bisa aja saya bilang tv model ini hampir masuk ke kategori jadul.

Eit, tapi masih ada banyak orang yang salah persepsi dengan tv tipe plasma ini.

Banyak orang mengira, tv plasma itu adalah tv LCD. dan yang lebih parah nya lagi saat saya jalan jalan ke toko elektronik dan lewat ke bagian tv tv an saya ditawari oleh sales nya dengan kata kata mutiara seperti begini : “ayo mas dibeli tv lcd nya, kita lagi promo murah” Padahal pas itu yang ditawarkan adalah sebuah TV Plasma.

Pengalaman lain lagi yang pernah saya alami di situs jual beli barang bekas online, ada seseorang yang menawarkan TV ukuran besar dengan judul “DIJUAL TV LCD RUSAK 43 INCHI” tapi begitu saya perhatikan ternyata yang dijual itu adalah tv Plasma.

Mengetahui itu tv plasma atau lcd apakah penting? tentu saja penting, karena tv yang di situs jual beli tadi saya ceritakan itu ternyata dibeli oleh seseorang dan di service kan ke bengkel saya dengan info bahwa tv LCD nya mati.

Setelah saya cek ternyata itu tv yang sama, yang saya lihat di web jual beli. saya bilang deh kalo itu tv Plasma bukan lcd. Dan apes setelah saya cek sparepart nya ga ada yang jual. Bapak yang beli itu pun merasa tertipu.

Pada waktu yang berbeda datang lagi sebuah service an tv Plasma, kali ini yang punya memang tau kalau tv nya tipe plasma :D Kerusakan nya adalah gambar tidak muncul sama sekali tapi suara nya ada dan normal. kalau di cari di om google dan om youtube ternyata kerusakan seperti itu memang langganan rutin buat tv tipe plasma.

Jika dilihat lihat dari beberapa diskusi forum, bianya servic nya pun lumayan mahal. Mungkin ini yang membuat kebanyakan orang malas memperbaiki tv plasma nya dan lebih baik jual tv nya itu.

Ok tapi sekarang saya bukan mengajak bapak yang mau benerin tv plasma nya itu untuk jual tv :D

Tv nya sudah saya bongkar, sesuai keterangan yang diberikan yaitu terdapat asap keluar saat tv nya mati. Sayapun mulai melihat komponen yang terbakar.

Terdapat sebuah capacitor tegangan tinggi yang hangus, biasanya kapasitor ini berwarna biru mengkilat. Kapasitor ini adalah kapasitor pengaman jika adanya tegangan tinggi yang melintas di jalurnya. Bisa dikatakan sebagai kapasitor snubber.

Karena kapasitor ini sudah terbakar, tentu saja akan mengakibatkan komponen lainnya terganggu. Bisa itu rusak short atau putus. Setelah dicek ternyata ada beberapa IGBT yang short.
Cek IGBT Short

Cek IGBT Short
Saya infokan kepada teman teman pembaca semua, IGBT pada modul YSUS memang sering kali short saat terjadinya loncatan tegangan tinggi. Jika kalian menemukan kejadian tv Plasma tidak ada gambar tapi ada suara atau saat dinyalakan terdengar suara cetek cetek (suara relay) dan tv tidak menyala kalian bisa curiga terhadap IGBT pada modul YSUS.

Setelah saya ganti ada sekitar 3 biji IGBT dan juga mengganti capacitor tegangan tinggi, TV Plasma ini pun langsung menyala dengan normal kembali.

Silahkan untuk lebih lengkap nya bisa dicek pada video dibawah ini.









sumber:

No comments:

Post a Comment