Sunday, February 22, 2015

Tv Plasma Mati Protek


1. Plasma Display mati protek

Menjumpai kasus Plasma TV mati protek, maka kemungkinan-kemungkinan penyebabnya adalah problem pada unit modul power suply :

·         Salah satu board driver ada yang rusak short, maka coba lepas semua dahulu semua konektor-konektor pada modul power suply yang menuju ke modul-modul panel driver.
·         Kerusakan pada salah satu bagian dari macam2 power suply yang ada, sehingga mengakibatkan salah satu tegangannya over, drops, atau short sama sekali. Mungkin juga hanya disebabkan karena adjustment VR yang berubah.
·         Kerusakan elko-elko pada bagian power suply atau sistim protek yang ada pada modul power suply. Cek secara visual maupun menggunakan ESR-meter.


2. Philips plasma mati protek

KASUS :
  • Philips Plasma Display 42” model 42SDV4
  • Kerusakan mati protek. Setiap kali di power relay sudah nyeklik-on dan lampu led hijau nyala, tetapi sebentar kemudian relay kembali nyeklik-off dan lampu led berubah merah lagi

SOLUSI :
  • Kami sangat beruntung, karena melalui mBah Google bisa mendapatkan “Training Manual Philips PDP 2006”
  • Dalam buku ini dijelaskan bahwa kita dapat memeriksa hanya bagian modul power suply saja.
Caranya adalah sebagai berikut :
  • Lepas modul power suply
clip_image002
clip_image004
  • Pasang AC- cord pada CN8001
  • Pasang Jumper pada lokasi J8003, J8004, BJ8902
  • Hidupkan. Kalau led8001, led8002,ledBD8903 mau menyala secara berurutan berarti modul power suply OK (tidak rusak). Jika salah satu ada yang tidak menyala berarti ada kerusakan.
  • Kemudian kami periksa semua tegangan-tegangan sesuai dengan label yang ditempelkan pada panel-display .
  • Ada beberapa tegangan yang nilainya berubah, kemudian masing-masing kami lakukan ajustment ulang.
  • Modul kami coba pasang kembali.........dan pesawat langsung OK
clip_image006


Catatan :
clip_image008





3. JVC Plasma mati protek

KASUS :
  • Plasma JVC 42” dengan kerusakan mati total.
  • Belakangan baru kami diberi tahu pemilik bahwa model ini Tuner Unit  terpisah berdiri sendiri. Setelah Tuner unit kami sambungkan, ternyata pesawat dapat hidup stand-by. Dan kerusakannya adalah mati protek.

PEMERIKSAAN :
  •  Model ini menggunakan modul power suply buatan SAMSUNG. Berdasarkan pengalaman kami saat menangani Philips plasma yang juga menggunakan power suply buatan Samsung, maka langsung saja kami cari letak lokasi jumper-jumper test point.
  • Disini kami menemukan ada  5 buah jumper test point.  4 buah masing-masing ada tulisannya, yaitu (1) Power Panel, (2) Relay, (3) THEM DE, (4) Vs on. Dan yang ke (5) tidak ada tulisannya, dan berada pada suatu board  kecil yang dipasang  menempel pada main board utama power suply.
  •  Pertama kami coba pasang jumper menggunakan japitan buaya pada (1), (2), (3) dam (4).  Saat power di-on-kan ternyata lampu led indikator hijau (ada 3 buah) yang terdapat pada modul power suply dapat menyala semua dan sebuah led berwarna merah juga ikut menyala. Tetapi kemudian salah satu led hijau kemudian mati lagi dan pesawat mati protek.
  • Saat led hijau menyala ternyata semua tegangan-tegangan suply keluar. Dan ketika salah satu led hijau ada yang mati ternyata tegangan Vs setelah hidup sesaat kemudian menghilang lagi.
  • Kami menduga mengkin jumper test ke (5) adalah untuk melumpuhkan sistim protek. Maka langsung kami coba pasang jumper pada test tersebut. Dan ternyata dugaan kami benar......setelah pesawat coba dihidupkan.......tidak protek lagi.........ditunggu beberapa saat layar langsung menyala.

SOLUSI :
  • Kami sudah berusaha mencari lewat mbah Google berbagai informasi yang berhubungan dengan model JVC ini, tetapi hasilnya nihil.
  • Maka kami menduga bahwa board kecil yang ada jumper ke (5) ini merupakan sirkit protek (.........dan sepertinya dugaan ini benar)
  • Langsung saja kami ambil ESR-meter dan periksa 4 buah elko SMD (surface mount device alias elko tempel) yang terdapat disitu.....dan ternyata ke 4 nya sudah kering semua.
  • Setelah penggantian elko-elko (dengan menggunakan elko biasa).....kemudian melepas semua jumper-test..........pesawat coba dihidupkan........dan alhamdulillah pesawat sudah tidak protek lagi.

4. Servìce TV Plasma PDP 42V7

Problem:
- tv plasma tidak keluar gambar dan suara.
- tidak bisa dinyalakan ,stanby /protec indikator led merah setelah on nyala orange lalu kuning kemudian merah lagi dan gak mau menyala.

Solusi:
-langkah awal kita untuk memperbaikinya
secara visual kita lihat bagian power supply , bagian y sus dan bagian z susnya cek fuse masing masing bagian tersebut apakah ada komponen yang rusak.Dan apa bila fuse bagian ysus dan zsus putus ,maka langkah selanjutnya lepas conector ke dua bagian tersebut dan cek tegangan masing masing yaitu pada modul power supply.

a. Tegangan Y SUS dan Z SUS
- va +65v
- vs +188v
- gnd
- vcc +5v

b. Tegangan bagian control panel
- ac on
- rl on
- stb 5v
- vs on
- vs vmode
- vcc 19v
- vcc 6v
- vcc 3.9v
- vcc 12v
Setelah tegangan yang kita cek sesuai ,berarti kerusakan ada pada bagian modul Y/Z SUS nya.

c. Pengecekan Y/Z SUS hampir sama yaitu ;
- cek FS2 : T4.0AH 250V
- cek D17 : TCU20A30 ukur pake tester untuk memastikan bahwa IC final nya rusak apa ngak , apabila di ukur ternyata shot ,berarti bisa di pastikan ICnya rusak maka harus di ganti .
Type IC STK 795 - 811 A ,ini sama dengan bagian ZSUS nya walaupun bentuknya beda dan saya sudah mencobanya .


NB : Untuk mendapatkan modul atau komponen ini cukup sulit dan harganya mahal .








sumber:

No comments:

Post a Comment