Wednesday, February 11, 2015

Tv LCD/LED Suara Ada Gambar Tidak Ada


Panasonic LCD TH-L42U raster gelap dan no-OSD

KASUS :
  • Panasonic LCD TH-L42U30G dengan problem raster gelap dan tidak ada OSD
  • Backlight menyala normal
  • Jika dipasang antena ada suara normal

SOLUSI :
  • Cek dengan osiloskop sinyal data RGB pada konektor konektor – semuanya nampak  OK. Jadi jelas bahwa sinyal gambar masih ada.
  • Cek tegangan supply 12v ke modul T-con - ternyata drops tinggal sekitar 6v. Pertama kecurigaan jatuh pada dc-dc converter untuk supply 12v. Tetapi ketika modul T-con dilepas tegangan 12v jadi normal. Maka kecurigaan langsung pada modul T-con yang rusak
  • Lepas modul T-con dan coba diberi tegangan 12v langsung dari sebuah DC power-suply yang mempunyai batas arus 5A ( alat ini juga diperlengkapi dengan Volt dan Ampere meter)……hasilnya tegangan terlihat langsung drops…….jadi sudah dipastikan T-con rusak. Saya sudah berpikir….”wah ini pasti sulit cari penggantinya”.
  • Oleh rekan sekerja modul T-con tersebut  coba pasang paksa terus dengan tegangan 12v……..sambil diraba-raba untuk mencari komponen yang mungkin panas…………..Dan dia info bahwa ada chip diode dan kapasitor yang terasa “anget” (agak panas), dekat sebuah ic jenis QFN kecil.
  • Langsung kami cari datasheet ic tersebut (Max 17113)…….setelah mempelajari contoh skema……maka dapat kami ketahui bahwa komponen yang panas tersebut tersebut adalah D1 dan C24.
  • Analisa dipastikan komponen panas disebabkan karena chip kapasitor setengah short……..dan setelah dilepas dan cek dengan ohm meter - dipastikan kapasitor memang short……
  • Kapasitor chip kemudian kami ganti dengan elko biasa………….modul T-con coba cek kembali dipasang ke suply 12v lagi………….dan kali ini tidak membuat drops lagi.
  • Asembling kembali modul T-con pada pesawat LCD……coba hidupkan……….Dan achirnya gambar langsung joooossssssss………….Kekawatiran kami akan kesulitan mencari T-con langsung sirna
clip_image002[4]
Dc-dc converter untuk supply 12 ke T-con. Awalnya kami curiga bagian ini yang rusak. Tetapi setelah moul T-con dilepas, ternyata tegangan 12PNL keluar normal

Max17113 adalah merupakan multi dc-dc converter yang terdapat pada modul T-con yang digunakan untuk menyediakan macam-macam tegangan yang dibutuhkan sebuah panel.
MAX17113




LCD layar nyala blank putih polos tanpa osd
KASUS :  LCD layar blank putih tidak ada OSD, suara normal.

Ada beberapa macam penyebab gejala seperti ini, yaitu:



  • Kabel LVDS lepas belum terpasang
  • T-Con tidak mendapat suply tegangan 12v (atau tegangan drops)
  • Fuse smd yang terdapat pada board T-Con putus (lokasi biasanya dekat konektor LVDS)
  • T-Con rusak.
  • Jika T-Con menggunakan ic gamma AS-15, kemungkinan ic gamma rusak
kesimpulan: biasanya problem ada di T-con





Cara Mengatasi Masalah Video Tidak Muncul di Layar TV


Pertama, periksa terlebih dahulu dengan teliti dan pastikan itu bukan masalah dari sumber vidoe (kotak kabel DVD player dll) atau masalah koneksi seperti kabel yang longgar antara sumber vidoe dan TV.

Setelah memverifikasi bahwa sumber dan koneksi ke TV dalam kondisi baik maka bisa diteruskan pemeriksaan kebagian lainnya. Tidak ada video dapat juga disebabkan oleh kegagalan papan inverter, tapi ini tidak umum di TV LCD, seperti biasanya sirkuit umpan balik TV akan mematikan TV dalam hal kegagalan board inverter.

Perhatikan dengan seksama pada di TV jika layar adalah hitam tetapi Anda dapat melihat jenis video saat mendekati layar, kemungkinan besar adalah board inverter, tapi selalu ingat bahwa itu juga bisa karena kapasitor elektrolit rusak di board PSU.

Jika Anda yakin bahwa lampu backlight menyala dan hanya nampak layar kosong pada OSD (On Screen Display) kemungkinan besar memiliki masalah tuning (seperti tuner digital gagal) pada mainboard atau mungkin sesuatu yang sederhana seperti yang salah masukan pengaturan dalam menu misalnya seperti perlu untuk beralih dari antena ke kabel.

Ini juga bisa terjadi karena VPU tidak bagus atau IC lain di mainboard, periksa semua mainboard dan IC tegangan utama dan pastikan mereka berada dalam toleransi. Jika Anda menggunakan koneksi coaxial pada tuner, juga mungkin tuner rusak.

Apabila Anda telah memeriksa jelas seperti pengaturan menu maka Anda harus mengikuti prosedur untuk memeriksa mainboard. Coba upgrade firmware, kadang-kadang tidak munculnya video juga dapat disebabkan oleh controller board yang tidak normal (tidak ketika OSD terlihat). Periksa untuk melihat apakah sekering pico pada controller boar telah putus atau telah meningkat nilai ohm menjadi tinggi, jika terjadi cobalah untuk mengganti jika mengganti sekering terbuka. Apabila telah mengganti sekering yang putus dan setelah dicoba sekering putus kembali, berarti ada komponen yang korslet.

Jangan lupa untuk mencari masalah koneksi solder di mainboard atau jack pack ketika memecahkan masalah video dan audio yang tidak muncul. Seringkali retak di sambungan solder terjadi karena kabel yang didorong dan ditarik keluar dari konektor kabel video atau kabel.

Jika sekering pico baik dan Anda telah memverifikasi sinyal output dari mainboard telah diperiksa dengan benar, ada baiknya mengganti beberapa komponen Elco dan IC pada mainboard sekaligus. Ingatlah untuk memeriksa semua kapasitor elektrolit di mainboard. mainboard and IC voltages dan komponen IC sekitarnya (bisa anda lihat pada gambar dibawah).

cara mengganti komponen di mainboard TV




LCD TV Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl LAYAR GELAP SUARA ADA

Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M
Layar gelap suara ada, pertama di hidupkan gambar nyala sebentar lalu mati lagi,tapi suara masih ada, lcd Sharp Lc-32d30m protek bagian inverter.
kerusakan seperti ini sering terjadi pada lcd sharp Lc-32d30m,





Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
klo kerusakan udah jelas dari neon lcdnya, berarti tinggal mengganti. cara mengetahui mana neon yang rusak bisa di lihat dari ciri fisik neon yang terlihat gosong kehitam hitaman, & bila menyala tidak terlalu terang/redup atau kemerah merahan.
penggantian yg maximal agar terangnya seimbang neon yang berjumlah 10 biji lebih baik di ganti semua.tapi jika sepertinya masih bagus penggantian boleh untuk yang rusak saja.

Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Dalam pembongkaran neon/inverter lcdpastinya membuka layar panel lcd, tips dari saya ada beberapa baut, buka saja yang di beri tanda panah baut,& biarkan baut yang tidak bertanda panah tetap menempel, agar pengangkatan layar lebih baik,dengan mengangkat besi samping2,begitu besi diangkat ,layar lcdpun sekaligus terangkat."harap hati-hati".


Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
gambar lcd tv sharp Lc-32d30m sesudah jadi.tinggal menikmati..
selamat mencoba......
















sumber:

2 comments:

  1. mas adi prasetyo, saya punya masalah seperti postingan diatas, saya sudah bawa ke tempat service center katanya panelnya harus diganti 1 set dimana untuk menebus 1 panel tv sangat mahal sekali, mungkin mas adi prasetyo bisa membantuk saya untuk memperbaiki tv saya tanpa harus mengganti 1 panel baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan sedikit mas, seri TV saya Panasonic Smart Viera TH-L42ET5G

      Delete