Friday, February 13, 2015

Tv LCD/LED Mati Protek


1. LCD nyala beberapa detik terus mati protek

KASUS :
  • LCD sempat nyala beberapa detik trus mati protek – hal ini umumnya terjadi pada pesawat yang Inverter-nya diperlengkapi dengan sistim protek – yg diumpankan ke bagian board digital sehingga pesawat jadi mati semuanya.
  • Kalau pesawat tidak diperlengkapi dengan sirkit seperti ini – maka protek hanya akan menyebabkan layar gelap , tetapi suara tetap ada. (sebenarnya gambar tetap ada – hanya tidak kelihatan karena lampu backlight mati)

PENYEBAB : Ada macam-macam penyebab Inverter protek, antara lain :
  • Tranfo tegangan tinggi rusak. Bisa dicek pakai FBT tester pada kumparan primer. Atau cek resistansi semua tranfo pada bag sekunder – semua harus punya nilai resistansi yg sama, kalau diketemukan ada satu yang berbeda, maka kemungkinan tranfo tersebut rusak.
  • Solderan pada tranfo tegangan tinggi ada yang kurang kontak
  • Lampu CCFL ada yang tidak nyala/tidak kontak/rusak
  • Atau kerusakan pada ic Inverter driver sendiri

Kerusakan tranfo tegangan tinggi atau lampu ccfl yang tidak normal biasa kami lakukan cek dengan cara seperti ini :
  • Lepas semua kabel konektor ke lampu ccfl
  • Pasang salah satu konektor ccfl saja – kemudian coba hidupkan pesawat – amati apakah lampu dapat menyala sesaat.
  • Kemudian lanjutkan secara bergantian pada semua konektor ccfl satu demi satu – nanti kalau ada yang tidak nyala atau nyalanya redup berarti tranfo rusak atau lampu yang rusak.
  • Cuma cara ini sulit dilakukan jika sambungan konektor ccfl tidak pakai sistim kabel.

Catatan :
  • Sirkit protek yang diumpankan ke board digital dapat dilumpuhkan dengan cara memotong  kabel jalur protek dari board Powersuply/Inverter ke board Digital. Kemudian kabel yg kearah board digital digroundkan.
  • Konektor kabel protek ditandai dengan tulisan SOS (panasonic) ; ERR (sharp) ; atau PRT (merk lain)



2. LCD Sharp Alexander 22” hidup sebentar terus mati

 KASUS :
  • LCD Sharp Alexander 22” MODEL LC22L10
  • Jika dihidupkan (led nyala hijau) da raster nyala sebentar, kemudian terus mati sendiri dan lampu led nyala merah.
  • Jika tombol power ditekan lagi, maka kejadian seperti diatas akan terulang lagi.
  • Setelah diulang 3 atau 4 kali achirnya pesawat akan mati protek dan led merah kedip 2x secara berulang. Pesawat baru akan dapat dihidupkan lagi setelah colokan listrik dilepas terlebih dahulu.

SOLUSI :
  • Led merah kedip 2x kalau Sharp LCD hal ini menunjukkan problem pada bagian inverter.
  • Saat backlihgt menyala coba dilakukan pengukuran tegangan-tegangan pada kapasitor output tegangan tinggi setiap tranfo inverter (ada 4 buah output). Pengukuran dilakukan pada kapistor milar yang berhubungan dengan pin-1 diode D8 seperti contoh gambar dibawah. JANGAN MELAKUKAN PENGUKURAN PADA PIN-4 TRANFO INVERTER ATAU PIN-1 CN2 KONEKTOR LAMPU BACKLIGHT, KARENA TEGANGAN SANGAT TINGGI !
  • Ternyata hasilnya salah satu tranfo tegangannya ada yang lebih rendah dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya.
  • Pada tranfo yang bermasalah ketika coba diukur resistansinya pada pin-3/4, ternyata lebih besar jika dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya
clip_image002Gambar bukan skema sebenarnya (hanya untuk memudahkan penjelasan saja)
  • Pada kasus ini kami coba putus jalur ERROR dari pcb Inverter ke Main-pcb (posisi pada kabel konektor yang dekat ground), ternyata pesawat dapat hidup terus, ada suara dan lampu led tetap nyala hijau terus,  tetapi lampu backlight tetap mati lagi sehingga raster menjadi gelap
  • Kesimpulan problem disebabkan kerusakan pada salah satu tranfo inverter yang menyebabkan over-current protek (OCP)

3. Panasonic TX37LX80J….kadang mati protek

Panasonic TX37LX80J
  • Eks bongkar teknisi.
  • Kalau tombol Chanel atau tombol Input diganti, pesawat “kadang” mati protek dengan kedip 7 kali.
  • Mungkin karena saking mumet-nya….oleh teknisi….coba-coba diganti elko-elkonya.
image
SOLUSI.
  • Menurut Service Manual, kedip 7x berarti tegangan 3.3v hilang atau drops.
clip_image002
  • Cek 3.3v pada kaki pin-160 IC4001, ternyata tegangan normal……..Saat chanel dipindah-pindah tegangan tetap stabil
  • Masih belum yakin…….cek elko2 jalur supply 3.3v…….ok semuanya.
  • Masih belum yakin….tambah paralel elko suply 3.3v ke pin-160……..hasil masih tetap sama saja problemnya
  • Masih belum yakin lagi….solder semua jalur suply 3.3v ke pin-160…….hasil NIHIL !!!!
  • Kepala mulai mumet…..trus apanya lagi dong yang mau diperiksa ????
Sabar………jangan menyerah…….coba amati lebih seksama lagi gejalanya….…..”kalau pindah chanel atau input-akan nampak layar GELAP dahulu dan kemudian baru muncul gambar”.
“Gelap” dulu…………ini yang perlu “dicatat”…..mungkin berhubungan dengan penyebabnya….”layar gelap menyebabkan protek ????”
Dilanjutkan pelototi skema Pansonic yang terkenal “bikin mumet”. Skema dipisah-pisah………bikin sakit kepala untuk nyambung-nyambungnya………..Tapi achirnya menemukan titik terang ketika ketemu “sirkit protek” pada halaman 25 dari service manual seperti gambar dibawah.

image
  • Kalau dianalisa secara teknis, sirkit ini merupakan “over voltage protector”.
  • Pada kondisi normal tegangan Basis Q1806 adalah “0v”……….dan Kolektor Q1803 adalah sekitar “6v”
  • Jika salah satu tegangan2 yang disensor ada yang over….maka tegangan tersebut akan “menembus” diode Zener…..sehingga basis Q1806 mendapat tegangan….dan kolektor Q1803 tegangan berubah menjadi “0v”…..dan protek aktip bekerja.
  • Curiga sirkit ini adalah penyebabnya….maka untuk memastikan kami “lumpuhkan” secara total sirkit protek ini dengan cara “men-shortkan” B-E Q1803.
  • Dan ketika di coba…..ternyata…….”wwwooooowww”……sekarang tidak protek lagi.
  • Selidik punya selidik………ternyata saat layar gelap……tegangan suply yang tertulis “24v”….pada kondisi hidup normal tegangannya adalah 22v….dan pada saat layar gelap tegangan naik menjadi sekitar 25v………
  • Lepas kembali jumper B_E Q1803….dan sekarang coba lepas Zener D1824………Benar juga, pesawat tidak protek lagi.
  • Cek data “part list” untuk mengetahui berapa nilai zener.
clip_image002[6]
  • Artinya zener D1825 nilainya 27v…….protek akan aktip jika tegangan 24v over melebihi 27v…..jadi dalam hal ini artinya zener tersebut yang udah “gemblung” alias tidak normal.

Trus yang menjadi pertanyaan……”bagaimana analisanya kok bisa kedip 7x””….”apa salah dalam men-desain program mikrokontrolnya????

4. Panasonic THL-32C32X protek kedip 14 kali

Panasonic THL-32C10X
  • Dihidupkan lampu hijau sudah nyala……backlight sudah nyala….panel Vcc sudah on……led indikator biru yang terdapat di M/B juga sudah nyala…..tapi belum sampai muncul OSD pesawat langsung mati protek dengan kedip 14x.
image
Menurut Service Manual model ini….kode kedip hanya sampai 13x……lho kok aneh???
image

  • Pelototi skematik dulu.
  • Pelajari dan buat catatan semua regulator dc-dc yang ada……catat nomor kaki-kakinya dan berapa tegangan-tegangannya….sehingga saat eksekusi nanti akan lebih cepat.
  • Diketemukan tegangan 3.3v output dari IC4511 tidak ada tegangan……….cek pakai ohm meter ternyata jalur 3.3v short.
image
  • Siapkan DC power suply……..set Tegangan pada 3v dan Arus maks 3A…..buat tembak yang menyebabkan short.
  • Tembak sebentar-sebentar……..sambil tangan kiri tempelkan “telapak tangan” pada M/B untuk meraba dan mencari kalau ada bagian yang panas.
  • Saat ditembak arus menunjukkan 2A.
  • Ketika meraba pada board bagian bawah (komponen M/B ini board atas-bawah) tepat dibawah chip ic bagian tengah…….ada panas sedang yang menyengat tajam kecil….
  • Coba2 diraba pakai ujung jari……..tapi kok tidak diketemukan juga part mana yang panas….
  • Achirnya pasang terus Dc power suply……….eeeee………ternyata lama-lama arus turun mengecil….sepertinya part yang menyebabkan short sudah kebakar……
  • Asembling M/B kembali…….trus dicoba hidupkan…..achirnya beres sudah.








sumber:

1 comment:

  1. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.
    Acer Laptops

    ReplyDelete