Monday, February 23, 2015

Pertanyaan Seputar Tv Plasma



Pertanyaan1. Saya dengar bahwa TV plasma dapat burn in setelah beberapa waktu. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan burn in, dan apakah perlu dikuatirkan?
Jawaban1.

Burn in, atau dikenal juga dengan screen image retention (jejak bayangan) merupakan penuaan fosfor yang tidak merata pada layar. Gejala ini dapat terjadi pada semua layar yang menggunakan fosfor termasuk CRT TV dan Plasma TV. Ada dua jenis jejak gambar, sementara dan permanen. Jejak gambar sementara secara otomatis akan dihilangkan dengan screen-saver yang sudah ada pada Plasma. Jejak gambar permanen hanya akan terjadi jika gambar yang sama (foto) ditampilkan pada layar dalam waktu yang sangat lama, yaitu seminggu dimana hal ini hampir tidak mungkin terjadi. Jadi Tidak ada yang perlu dikhawatirkan perihal jejak gambar.

Pertanyaan2. Berapa lama umur TV plasma saya?
Jawaban2.

Semua layar yang menggunakan fosfor akan kehilangan kecerahannya setelah beberapa waktu. Percaya atau tidak, TV tabung tua yang Anda miliki di ruang keluarga tidaklah secerah ketika Anda membelinya 10 tahun lalu. Kebanyakan layar secara alami akan memudar seiring dengan lama masa pakainya dan akan lebih cepat memudar jika Anda menyetelnya pada brightness dan contrast yang sangat tinggi. Dengan pengaturan brightness dan contrast yang baik, Plasma dapat digunakan selama bertahun-tahun dengan kecerahan yang memadai.

Pertanyaan3. Apakah persyaratan minimum untuk layar HD-Ready?
Jawaban3.

Resolusi asli minimum dari layar haruslah minimum 720 garis fisik pada rasio 16:9. Layar tersebut harus dapat meresolusikan 720p, 1080i atau 1080p.

Alat layar tersebut harus dapat menerima input HD melalui:

Antena dalam untuk menerima sinyal HDTV dari stasiun TV yang sudah memancarkan program High-Definition
HDMI (High Definition Multimedia Interface) atau DVI (Digital Visual Interface)
style="background-color: #f6f6f6; color: #1f1f1f; font-family: Arial, Helvetica, sans-serif; line-height: 17px;" />Input-input HD harus memiliki format video HD berikut ini:

1280x720 @ 50Hz progression (720p)
1920x1080 @50Hz interface (1080i)

Pertanyaan4. Bagaimana menerima program-program HDTV?
Jawaban4.

Untuk menikmati manfaat penuh penyiaran HDTV, anda harus memiliki hal-hal berikut:

TV HD-Ready (TV yang siap untuk HD)
Sebuah set top HD receiver yang dapat memberikan resolusi minimum 720p hingga 1080i
Sebuah antena dalam untuk menerima sinyal HDTV dari Mediacorp atau berlangganan pada kabel digital SCV jika program-program HDTV tersedia melalui kabel.
Sistem home theatre Dolby Digital dengan speaker. Suara sekeliling ruangan akan memberikan kepada anda pengalaman audio yang maksimal, namun ini bukan keharusan

Pertanyaan5. Apakah yang dimaksud dengan HDMI? Apakah kompatibel dengan DVI?
Jawaban5.

HDMI merupakan singkatan dari High-Definition Multimedia Interface. HDMI merupakan koneksi pertama di Industri consumer electronics yang mampu mengirimkan sinyal Audio dan Video sekaligus dalam satu kabel. HDMI menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan koneksi analog biasa karena transmisi dilakukan secara digital..

Berbeda dengan HDMI, DVI hanya mengirimkan sinyal video digital saja dengan kualitas yang kira-kira sama dengan HDMI.

Pertanyaan6. Mengapa saya masih melihat strip-strip hitam pada TV layar lebar saya ketika saya menonton DVD layar lebar tertentu dan siaran HDTV?
Jawaban6.

TV layar lebar anda memiliki aspek rasio 16:9 (1,78:1), yang merupakan aspek rasio HDTV. Namun, film-film dibuat pada beberapa aspek rasio yang berbeda, termasuk 2,35:1. Yang juga disebut dengan “scope”, 2,35:1 adalah aspek rasio yang sangat panoramik yang memberikan bidang pandang yang lebar di bioskop. Scope jauh lebih lebar dari TV layar lebar anda, sehingga memerlukan penggunaan letterboxing (“strip-strip hitam”) untuk memasukkan seluruh gambar pada layar. Beberapa TV dan DVD player memiliki fungsi zoom yang memungkinkan anda memperbesar gambar sehingga memenuhi layar, namun sisi-sisi dari gambar harus terpotong untuk melakukan hal tersebut.

Pertanyaan7. Seperti apakah siaran dan DVD 4:3 pada TV layar lebar?
Jawaban7.

Ada pengaturan umum untuk menyesuaikan penampilan materi 4:3 pada TV layar lebar Panasonic. Materi tersebut dapat dilihat dengan strip-strip hitam pada sisi-sisinya, untuk tetap menjaga gambar terlihat seperti yang dimaksud untuk dilihat sejak awal. Beberapa penonton merasa bahwa strip-strip hitam tersebut mengganggu, sehingga mereka lebih memilih salah satu dari mode regangan yang memungkinkan gambar memenuhi seluruh layar TV. Salah satu dari mode tersebut adalah mode JUST (justify/ sesuaikan), yang meregangkan hanya bagian luar dari gambar, tanpa merubah bagian tengahnya.

Pertanyaan8. Apakah bedanya TV Plasma dan TV LCD?
Jawaban8.

Karena keduanya menggunakan metode yang berbeda, maka gambar yang dihasilkannya pun berbeda pula. TV Plasma adalah yang terbaik dalam memproduksi gambar layar besar yang kuat dengan banyak efek, sementara TV LCD baik dalam menghasilkan gambar-gambar modulasi yang halus di ruang yang terang oleh lampu.

Dengan gambar-gambar layar besar yang kuat, TV plasma cocok untuk seluruh keluarga menonton bersama. Tersedia beragam jenis model TV LCD yang sangat cocok untuk tontonan pribadi.
Layar besar
Ruang keluarga
Tontonan keluarga
Layar sedang atau kecil
Tontonan Pribadi
Pada TV plasma, plasmanya mengeluarkan cahaya, sehingga seluruh layar menghasilkan gambar-gambar yang terang, dengan kegelapan ekspresif yang dalam pada kondisi pencahayaan ruang duduk. Urutan dinamis dengan banyak gerakan, seperti acara olah raga atau film action akan terlihat halus dan mulus.Sudut pandang yang lebar dan efek kuat dari TV plasma membuatnya ideal untuk tontonan bersama dengan seluruh keluarga Pada TV LCD layar diterangi oleh lampu belakang, sehingga secara relatif tidak terpengaruh silau karena pantulan cahaya dan memberikan gambar-gambar modulasi yang halus dan terang bahkan dalam ruangan yang bercahaya terang atau dekat jendela dimana sinar matahari masuk. TV ini ringan dan dapat dipindahkan dengan mudah, yang berarti dapat ditempatkan hampir dimana saja yang dikehendaki si pengguna. Layar TV LCD berukuran 32 inci atau lebih kecil adalah sesuai untuk penggunaan pribadi dan menawarkan banyak fleksibilitas.
Tabel Perbandingan TV Plasma dan TV LCD
TV Plasma TV LCD
Ukuran Layar Layar berukuran 37 inci dan lebih besar, sesuai untuk tontonan bersama untuk seluruh keluarga. Layar berukuran 32 inci dan lebih kecil, beragam model tersedia untuk pemakaian perorangan hingga keluarga.
Tampilan layar SANGAT BAIK: Memberikan gambar yang terang untuk tontonan keluarga di ruang duduk keluarga. SANGAT BAIK: Memberikan gambar yang tajam pada tempat yang terang.
Sudut Penglihatan SANGAT BAIK: Sudut penglihatan yang lebar berarti gambar tetap terlihat tajam bahkan jika dilihat dari samping. Cocok untuk tontonan keluarga. BAIK: Paling baik untuk tontonan pribadi karena terangnya bervariasi jika dilihat dari suatu sudut, baik diatas, dibawah atau sisi kiri atau kanan.
Performa Isi yang Dinamik SANGAT BAIK: Halus, reproduksi isi yang mengalir dengan banyak gerakan, seperti acara olah raga. BAIK: Terdapat beberapa sela setelah gambar jika menonton gerakan yang sangat cepat.
Konsumsi Listrik SANGAT BAIK: Konsumsi listrik yang rendah. Lebih hemat listrik daripada TV CRT lama. SANGAT BAIK: Konsumsi listrik yang rendah. Lebih hemat listrik daripada TV CRT lama.
Service life SANGAT BAIK: Lama fungsi panel adalah sekitar 60.000 jam (*1) SANGAT BAIK: Lama fungsi lampu belakang adalah sekitar 60.000 jam (*2)
Jumlah jam hingga terang panel berkurang setengahnya adalah berdasarkan pengoperasian pada mode standar dengan isi dinamik. Dengan asumsi tidak ada burn in atau kerusakan.
Umur fungsi lampu belakang pada mode standar.







sumber:
www.panasonic.com

No comments:

Post a Comment