Monday, February 23, 2015

Koleksi Kerusakan Tv Plasma LG



1. Service LG Plasma tv standby on kemudian off

Plasma tv LG50PG50R ,ketika start,indikator hijau kemudian beberapa saat kembali standby merah,distart lagi,begitu lagi seterusnya.
Kita coba analisis sedikit pada kerusakan ini,tampaknya kerusakannya adalah umum terjadi.
Kita coba cek semua output tegangan power supply unitnya dulu,mulai dari Vs,Va,5V,Stby,Ac det,semua tampak oke.Standby 5V stabil,semua tegangan menunjukkan skala hampir maksimal,kemudian langsung off,dikarenakan protect.
Kita coba putuskan supply tegangan ke bagian X dan Ysusnya,ternyata sama saja,
Kita alihkan perhatian pada system control powersupply,kita cek bagian control relay on,5V on,Vs on.
Service LG ,Lcd,Led,Plasma,Avtronic serviceDisaat mainboardnya menuju posisi standby dari posisi on,ternyata signal relay,5V on,dan  Vs on nya,masih menyala konstan untuk sementara.tetapi tegangan switch dari controller ke relay dan optocoupler vs sudah off.
Untuk memastikan system PSU unitnya normal apa tidak,kita coba analisis sebagai berikut:
Bahwa ternyata PSU unit untuk prosesnya dikontrol oleh sebuah microcontoler,yang berfungsi antara lain  mengontrol semua tegangan output,termasuk didalamnya control suhu,arus / ampere,fault / kesalahan tegangan (over/under limit),timing ,serta masih banyak lagi.

Service LG,Jakarta,Lcd,Led,Plasma,Projection,Avtronic service
Untuk langkah pertama kita lepaskan dulu koneksi dari PSU ke mainboard dan ke x/y sustainnya,kemudian kita disable dulu fungsi dari controllernya,dengan memutuskan hubungan dari controller ke relay dan ke optocoupler start dan boost up,kemudian disambung langsung antara 5v on,relay on,dan vs on,dihubungkan langsung dengan v standby 5v,
Langkah selanjutnya sambung lagi dari tegangan stanby 5v menuju ke switch optocoupler vs , boost up, dan ke relay on, PSU siap dinyalakan pada kondisi stand alone.Sebelum dinyalakan siapkan pengukuran dulu ke bagian output tegangan terutama Vs nya..
Service LG,Jakarta,Lcd,Led,Plasma,Projection tv,Avtronic serviceKita coba nyalakan PSU sebentar,sambil kita ukur output tegangan dari masing - masing output,kemudian kita mendapatkan hasil sebagai berikut.
Untuk bagian Vs nya menunjukkan tegangan 150v,kemudian perlahan menuju ke 175v konstan.(seharusnya tegangan 190v)_
Untuk Va nya,output dari rectifier langsung,menunjukkan tegangan 45v,sedangkan Va yang sudah diboost up tegangannya 65v konstan.
Dari sini kita berasumsi bahwa Vs outputnya mengalami masalah.kemudian kita coba melepas semua beban pada tegangan Vs,setelah dicoba hasilnya tetap sama.
Spesialis service tv LGKemudian kita coba check optocoupler dan ic 431 nya,hasilnya masih bagus juga,masih kurang yakin kita ganti dengan yang baru.
Selanjutnya kita check dioda output Vs nya,hasilnya juga masih bagus.Tapi hati -hati,dua buah dioda Vs ini jenisnya berbeda,yang satu adalah type PNP dan yang lain NPN,jadi secara menurut skemanya,dua dioda ini digabung menjadi Bridge rectifier,
Nah,dari sini kita beranggapan mungkin salah satu atau bahkan kedua dioda ini ada yang mengalami kebocoran,disaat kondisi sedang ON,walaupun dalam kondisi offline terlihat bagus pada pengukuran.
Setelah kita ganti ,power supply kembali normal,Vs nya bergerak ke 190v cepat dan konstan.
Kemudian kita kembalikan semua koneksi jalur yang kita modifikasi tadi,dan kita  rangkai kembali ke panel,kemudian kita coba.
Hasilnya panel bekerja normal,skala pengukuran tegangan ,semuanya sesuai dan setelah dicoba beberapa menit suhunya juga normal.
Kesimpulannya,
* Kita harus hati - hati dalam mendiagnosa suatu  komponen,sebagai salah satu contoh diatas,bahwa dua dioda penyearah ternyata bebeda jenis,walaupun secara fisik sama,sebelumnya perhatikan dulu jalur - jalurnya,kalau ada lihat dulu datasheetnya.
* Sering kali kita menggunakan metode BIASANYA,yang sebenarnya bisa menjadi penyebab,hal menjadi lebih sulit,bahkan mungkin gagal,sebaiknya kita teliti dahulu dengan benar dan sabar.
* Selalu memperhitungkan faktor lain,diantaranya diantaranya adalah toolkit kita yang mungkin belum sesuai standard atau tingkat akurasinya yang kurang,harap dimaklumi karena untuk menyediakan alat yang sangat presisi kita membutuhkan banyak biaya,paling tidak secara bertahap.
Mohon maaf bila ada maksud yang tidak bisa kita ungkapkan dalam bahasa,namun mungkin dari gambar bisa sedikit menjelaskan.
Sukses selalu


2. PLASMA TV LG 42PJ350R TIDAK KELUAR GAMBAR
Kerusakan:
Plasma tv LG 42pj350r kalau saya hidupkan , terdengar seperti ada percikan api dan tak lama kemudian kembali standby.

Modelnya :



Perbaikan:
Tahap awal selalu dimulai dengan mencoba memasukan aliran listrik dan melihat di PCB saat tv dihidupkan , apakah ada tanda-tanda yang real telah terjadi kerusakan. Area yang saya utamakan main-x dan hasilnya bukan disini yang bermasalah. Area kerusakan ada di Y-sus dan penyebabnya hanya capasitor 1nf/1kv , capasitor ini sebagai filter dan untuk perbaikan yang saya lakukan hanya dengan membuangnya. tampilan capasitornya :


lokasi di PCB :




Hasil akhirnya Alhamdulillah Plasma tv LG sudah kembali normal , sangat singkat sekali tentunya tapi memang demikian adanya.. semoga bisa bermanfaat….. amiinn


3. LG Plasma 42 layar gelap
Kerusakan:
Plasma LG 42 layar gelap, suara normal…..

  • Pakai panel tipe 40X3
  • Cek tegangan VA dan VS ada…..




Perbaikan:
Lihat catatan dulu…..
Layar panel tipe 40X3 tegangan VA dan VS normalnya adalah…...

 (dilingkari adalah Adj Vzb)

Juga  bisa dilihat pada label yang nempel pada belakang panel.


Ternyata tegangan VA dan VS kurang semuanya…..
Ajust tegangan VA dan VS pada VR2 yang terdapat pada modul power suply……..



Setelah adjustment VA dan VS….gambar bisa nonggol…….tapi tidak sempurna……seperti kurang kontras, kurang terang, tidak bersih.
Dimatikan…….kemudian dihidupkan kembali….layar tetap gelap dulu….kemudian pelan-pelan gambar mulai nonggol sedikit demi sedikit….tetapi tidak secara merata……sebagian gambar muncul, sebagian layar ada yang masih tetap gelap hitam  jembret-jembret.



Dilanjutkan cek tegangan Vzb pada modul Zsus
Lho……kok nol alias tidak ada….??????






Cek-ricek….2 bauah fuse yang lokasinya ada di bagian pojok kiri bawah…..ternyata fuse yang atas putus….
Disebabkan jalur ada yang short……..(cek pakai ohm meter)

Wis…..brenti saja dulu…......mesti ganti satu modul……tidak mungkin diperbaiki......parts yang ada dibawah pendingin tidak ada yang jual....
















sumber:
avtronicservice.blogspot.com
www.hamimservis.com
marsonotv.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment