Tuesday, January 13, 2015

Koleksi Kerusakan Tv LCD/LED Sony

1. Sony kdl32u2000 tidak ada gambar
    Gejala: tidak ada gambar
    Cure / solusi: periksa smd sekering cp101p pada LVDS papan. Dewan LVDS ada di balik papan BDT.

2. Sony kdl32s2010e beralih ke siaga untuk sementara waktu, kemudian kembali lagi
    Gejala: beralih ke siaga untuk sementara waktu, kemudian kembali lagi
    Cure / solusi: ganti  tombol tekan  standby pada kontrol pengguna, memiliki resistansi kontak.


3. Sony kdl40u2000: tidak ada start-up, merah dipimpin berkedip 3 kali
    Gejala: tidak ada start-up, merah dipimpin berkedip 3 kali.
    Cure / solusi: tv memiliki lambat start-up sebelum gejala ini terjadi. Ketika memeriksa standby 5v ok dan psu adalah panas sensitif. Periksa dan mengganti c6055 (47uf/25v) pasokan g2 itu akan memecahkan masalah.


4. Sony terjebak dalam siaga. Standby led berwarna hijau
    Gejala: terjebak dalam siaga. Standby led berwarna hijau. Red dipimpin berkedip 3 kali. Tidak ada remote control atau fungsi panel depan.
    Cure / solusi: memeriksa atau mengganti D301 zener diode (dapat menggunakan dioda zener 5V) untuk hubungan pendek.


5. Sony: kode kesalahan 4
    Gejala: kode kesalahan 4. dipimpin berubah menjadi hijau, berkedip 4 kali kemudian pergi hijau lagi dan berkedip 4 kali lagi. Fuse (500mA) pada inverter panel sirkuit terbuka.
    Cure / solusi: mengganti sekering pada papan inverter.


6. Modifikasi AV switch Sony KLV32V300
     Problem: Sony KDL32V300 chasis WAX3 tidak ada gambar tapi  suara & OSD ada, tombol chanel fungsi normal
     Analisa: Coba pakai AV-in 1 dan 2 problem sama saja tapi saat coba pakai PC-in gambar dan suara normal.

Lihat blok diagram seperti gambar dibawah. Nampak bahwa AV-switch sinyal gambar (IC4800) dan switch sinyal suara (IC2002) menggunakan ic yang berbeda. Maka hasil analisa kemungkinan IC switch gambar untuk TV/SVideo/AV1/AV2 yang bermasalah.
image
Cek tegangan Vcc IC4800 pin-39 - ok, cek jalur -SDA/SCL - juga ok. Maka kesimpulan IC4800 rusak

SOLUSI :
  • Sesuai kesepakatan dengan konsumen – AV switch kami modifikasi menggunakan switch manual
  • Coba dulu jumper antara Tuner-out (yang menuju pin-27) ke pin-35 (Y/CV out) menggunakan elko 10u/50v – hasil gambar tidak sinkron.
  • Setelah kami teliti ternyata transistor buffer Q4800 tidak mendapat tegangan bias dengan semestinya (lihat gambar dibawah)
image
  • Lepas R4801 - agar basis Q4800 tidak terhubung lagi dengan IC4800 yang rusak
  • Pasang tambahan R470K antara ground dengan basis Q4800 untuk memberikan tegangan bias – hasil gambar langsung OK.
  • Tinggal pasang sebuah switch mekanik 3 pole – untuk pilihan  sinyal gambar TV/AV1/AV2 yang dihubungkan ke basis Q4800 melalui elko 10u/50v

Catatan :
  • Untuk mencari letak komponen-2 pada board LCD biasanya agak sulit.
  • Maka dapat digunakan bantuan gambar lokasi komponen2 tersebut seperti contoh gambar di bawah
clip_image002





7. Kerusakan Powersupply sony KLV 32 S400

Kali ini kita membahas sedikit tentang kerusakan tv yang umum terjadi pada bagian powersupply unit.
Disini kita akan mencontohkan kerusakan pada powersupply Sony LCD KLV 32-v400.
Sebelum kita lepaskan board PSUnya terlebih dahulu kita coba menyalakan tv, apakah masih bisa untuk standby atau mati sama sekali.
Apabila masih standby maka pada umumnya bagian supply standbynya masih dalam keadaan normal,baru kita cek untuk kebagian lain.
Tetapi apabila kedaannya sudah tidak mau standby lagi ,maka kemungkinan besar bagian standbynya rusak.
Yang akan kita bahas kali ini,adalah Trik dari reparasi powersupply yang masih bisa standby,namun untuk tegangan yang lain,12v,13v,dan 24v nya tidak keluar.
SERVICE TV SONY LCD,LED,CRT,Projection tv,Ph.0838 99056788Pertama kali kita cari dulu pin standby 3,3vnya,AC det,dan power on nya, setelah ketemu kita coba beri jumper dari 3,3v kebagian Pon nya,untuk mencoba menyalakan PSU secara manual.

Setelah jumper kita pasang kita coba untuk menyalakannya,coba diukur untuk output tegangan yang lain apakah bisa keluar apa tidak.Apabila tidak keluar juga berarti memang kerusakan ada pada bagian ini,buka di bagian Mainboard.
Kemudian kita akan cek bagian PFCnya hati-hati ,karena bagian ini tersambung langsung ke bagian lineAC.
Cek dulu pada bagian FET drivernya ,short apa tidak.APABILA TIDAK SHORT,maka kita chek R fusenya dulu,putus apa tidak,kemudian bila tidak normal semua,maka: 
Kita cek pada bagian supply tegangan (masih dibagian Primer) yang keluar dari primer trafo standby,sampai menuju ke pin vcc dari ic driver PFCnya,apakah normal atau tidak.
Apabila tegangan di output primer bagus,namun di pin IC drivernya drop/nol,maka sudah bisa dipastikan ic drivernya rusak.tetapi kalau tegangan masih bisa sampai di Pin ic driver dengan sempurna,maka masih ada kemungkinan bahwa ic drivernya belum rusak.
Langkah kedua kita cek pada bagian fet drivernya,kita lepas,dan kita ukur keluaran sinyal dari output pin ic driver keluar apa tidak,bila tidak keluar maka artinya ic drivernya rusak,meskipun tegangan vccnya tidak short.
Untuk mengatasi ini kita bisa lakukan sedikit trik dengan cara mendisable fungsi dari PFC,artinya kita tidak lagi memakai PFC,namun harus perlu hati-hati karena tidak semua powersupply bisa kita buat demikian,maka sebaiknya pelajari dulu system kerja dari masing-masing type PSU,dan hendaknya dicoba/ditest dulu untuk beberapa lama agar benar-benar yakin hasilnya akan bagus/awet.
Untuk mengaktifkan output tegangan yang lain (12v,13v,24v),biasanya diperlukan tegangan vcc dari primer standby ke IC driver di trafo bagian tegangan ini,biasanya juga tegangan akan diumpan melalui switch ic PFC atau transistor.
Dikarenakan PFCnya rusak maka tegangan vcc yang disupply ke IC driver akan non aktif juga. 
Untuk memodifikasinya bisa kita lihat di gambar.
sekali lagi berhati - hatilah,karena mungkin ini tidak berlaku untuk semua PSU,maka untuk itu kita musti hati - hati dan perlu dipelajari lagi unit yang kita kerjakan.
Hal ini kita lakukan karena ketidak tersediaan komponen 

8. LCD SONY KLV37S400A KENA PETIR
Kerusakan:
LCD SONY KLV37S400A dalam keadaan standby saat petir mengenainya, setelah kejadian tersebut lampu indikator mendadak mati.

Model LCD SONY :

DSC_0034

Perbaikan:
Petir mempunyai arus listrik yang sangat besar dan dalam beberapa kasus perangkat tidak bisa diperbaiki, untuk kasus kali ini sedikit berharap masuknya petir lewat instalasi listrik dan dugaan saya benar adanya. Klien menginformasikan kejadian petir paling awal mengenai perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan televisi kabel.

Harapan untuk diperbaiki semakin besar keberhasilannya, saya lepaskan PSU ( power supply unit ) dan langsung adakan pengukuran dibeberapa titik. Setrum terukur masuk yaitu 310 volt dan berakhir di kaki IC MIP2H2 , IC ini kalau saya ukur tegangan B-up tersedia cuma diarea sekunder Trafo terukur tegangan 1 volt. Jalur beban saya lepaskan dengan melepaskan soket DC output ke mainbaord utama, hasilnya tetap sama ‘ tegangan out tetap 1 volt’ . Tampilan PSU SONY KLV37S400A :

DSC_0029

Semakin jelas alur kerusakan, saya lepaskan IC MIP2H2 dan saya gantikan dengan yang baru. Hasil akhirnya Alhamdulillah PSU mulai bekerja, saya ukur tegangan output 3,3 volt. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah ada komponen lain yang mengalami kerusakan, saya hubungkan soket out DC ke mainboard utama. Inilah yang ditunggu-tunggu sambil sedikit cemas, sesaat kemudian layar LCD terlihat menyala dan perasaanpun menjadi senang. LCD SONY sudah berfungsi seperti sedia kala, tidak ada yang kurang sedikitpun…… saatnya rapikan…..Alhamdulillah ( terima ongkos kerja ) .

9. Lcd sony klv-s40a10 mati/proteck/indikator stby kedip 4x
Kerusakan:
dengan kerusakan standby ,saat di on power proteck & indikator led kedip 4 kali,
stiap lcd merek sony memang di rancang lebih dalam sistem proteknya di bandingkan lcd merk2 lainnya,
& setiap tipe memiliki kode kedip berbeda2.termasuk jenis lcd yg saya repair ini.

Model tvnya:




Perbaikan:
karna saya belum memiliki data shet untuk jenis lcd tipe ini ,saya menggunakan cara manual/ cara saya sendiri.
langkah pertama saya coba cek power supky apakah bekerja dengan baik ato tidak.
yaitu dgn cara tegangan stby 3,3 volt saya jumper dengan power on, disini saya temukan kerusakan, dimana Tegangan 17 volt untuk tegangan inverter tidak berfungsi.

saatnya oprek power suply.
seperti yang saya jelaskan di awal tadi, menggunakan cara manual/cara saya sendiri. dengan menjumper teg stby dengan power on, cek tegangan 15 volt di ic stby a6169 ,tegangan melewati transistor swit untuk vcc on ke tegangan 400 volt menuju ic uc3854bn & ke ic drvier sony cxd9841m untuk output 17 volt ke inverter.
disini tegangan 400 volt normal ,menuju fet dari driver cxd9841 juga normal, tapi kenapa output tidak keluar?

setelah beberapa menit pengecekan ternyata resistor driver fet dari ic cxd9841 ukurannya berubah, klo temen saya bilang R nya melar,hehe ,bukan berarti menjadi panjang lo bos tetapi ukuran hambatannya berubah tidak sesuai dengan nilai normalnya.
Resistor 22 ohm berubah ukuran menjadi kurang lebih 120 ohm. setelah penggantian R dengan nilai yg sama akhirnya output 17 volt kembali normal.& setelah kabel socket dari ps di pasang ke mainbord tv tak lagi kembali proteck alhasil tv nyala kembali tanpa kendala lainnya.


10. Gambar Blur Lcd Sony KLV-32T400A
Kerusakan:
Gambar ngeblur Putih , kerusakan pada tcon.

Model Tv:


Spesifikasi:
Tcon dengan ic Cmo cm2681aakq ,ic reg Tps 65161,ic ram em 6316165ts, ic gamma as 15.
dengan tegangan:
-Vin 12v.
-Vgl -6v.
-Vghp 24v.
-Vda 14v.
-Vdd 12v.
-Vgh 18v.
-Vref 13v.

dengan tegangan normal gamma:
1. -+ 12,80v
2. -+ 10,20v
3. -+ 9,50v
4. -+ 8,80v
5. -+ 8,40v
6. -+ 7,30v
7. -+ 6,90v
8. -+ 6,50v
9. -+ 6,10v
10. -+ 4,90v
11. -+ 4,40v
12. -+ 3,70v
13. -+ 2,90v
14. 0v


dengan berpatokan beberapa tegangan di atas semoga anda lebih mudah dalam mencari kerusakan.

CN 6202:
1. 12v
2. 12v
3. 12v
4. gnd
5. gnd
6. gnd
7. gnd
8. gnd
9. 15v
10. 15v
11. stb 5v
12. ac detec
13. pwr on

CN 6201:
1. 24v
2. 24v
3. 24v
4. 24v
5. gnd
6. gnd
7. gnd
8. gnd

11. Lcd sony 32 V300A gambar polos


Kerusakan:
tampilan menu terlihat normal,suara Tv atau av juga normal,tapi gambar putih polos.



Perbaikan:
klo bagian T-con gak mungkin...langsung aja hajar mainboadr.cek tegangan ke berbagai ic,ada kejanggalan nih di bagian ic swit video dgn seri BH7641FV.vcc ic yg seharusnya 1,2 volt hanya 0,8 volt,yg rusak regulator 1,2 volt atau ic switnya ya???,,saya pilih ganti ic switnya,karna saya ukur dgn ohm terlalu tinggi ukurannya,setelah copot ic swit tegangan 1,2 volt normal..titik terang kembali tiba kayaknya,,


SETELAH GANTI IC SWIT..."



alhamdulilah kelar nihhh tv....!!!!!

12. Mengatasi gambar blur LCD tv SONY
Kerusakan:
Sony LCD tv KLV-40S400
Saat kita cek pertama kali kerusakan sepertinya biasa saja,efek gambar blur,distorsi/klise seperti pada umumnya kerusakan yang diakibatkan oleh Ic gamma.

Perbaikan:
Langkah awal kita melakukan pengecekan pada point output signal Ic ISL24007IR .Memang benar tidak ada level tegangan pada output Ic ini.
Kemudian kita ganti Ic ini ,dan mencoba lagi,tetapi hasilnya tetap sama,nggak ada perubahan,sampai kita coba beberapa kali,dengan Ic yang berbeda ,namun juga hasilnya tetap sama.
Setelah beberapa lama,kita coba mengganti Ic ram,Sampai Ic controller Wiseview kita ganti,tapi hasilnya tetap nihil,so apa yang salah?
Karena dari hasil pengukuran tegangan,semua output tegangan NORMAL.

Mengatasi masalah gambar blur LCD tv SONY

Kemudian kita bandingkan dengan teliti,walaupun terasa membosankan,namun kita coba untuk membandingkan semua komponen dalam Tcon ini dengan Tcon sejenis yang menggunakan Ic yang sama(untuk type yang berbeda).
Hasilnya,ternyata ada pebedaan nilai resistor yang tedapat pada Ic gamma ISLxxx,

Mengatasi masalah gambar tv LCD sony


nilai original dari Tcon s400 adalah 0 tetapi nilai di Tcon yang lain menunjukkan lain.
Kita coba aja mengganti R0 tadi dengan nilai yang sama dengan Tcon lain yang sejenis,dan hasilnya OK.
Dalam pikiran saya,mengapa bisa terjadi demikian?padahal Unit ini masih originalnya/belim pernah dibuka/direpair sebelumnya,dan kenapa sebelumnya normal memakai nilai R0,dan sekarang menjadi abnormal.
Mengapa juga nilainya berbeda dengan Tcon sejenis tetapi beda model?
Sampai sekarang bagi saya masih sebuah misteri,karena setelah beberapa waktu kembali dihadapkan dengan PROBLEM YANG SAMA,dan dengan SOLUSI YANG SAMA pula (cukup mengganti Rnya saja).

Mudah-mudahan ini menjadi suatu pelajaran bahwa semua yang dikerjakan dengan tekun dan teliti akan membuahkan hasil,walaupu masih tersisa banyak pertanyaan,yang mungkin belum perlu dijawab,karena problem dan solusinya masih sejalan.











sumber:

No comments:

Post a Comment