Friday, July 4, 2014

koleksi kerusakan tv lcd/led sharp



1. LCD TV Sharp Aquos “LC-32L4071″ Mode K , No Signal
    problem :
LCD Sharp Aquos 32 inc mengalami kerusakan pada sistem penerimaan, dimana tidak ada satupun siaran televisi yang bisa di terima. Kita coba untuk memprogram ulang secara automatis, tetap saja hasilnya sama hanya raster saja yang tampak pada layar monitornya.

Model LCD TV Sharp :





Dimanakah letak trouble-nya? Segera kita selidiki:


Penerimaan siaran televisi selalu menggunakan Tuner sebagai media-nya, apakah pada LCD ini kerusakan ada pada Tuner-nya.Untuk memastikannya kita mesti melihat proses tuning dan melihat pergerakkan tegangan tuning pada Tuner. Caranya adalah dengan menggunakan multitester dengan batas ukur DC50 volt, dan tempelkan prob merah pada kaki Tuner no 7 dari sebelah kiri , biar mudah bisa dilihat pada gambar berikut:





Disini kita melihat adanya tegangan tuning yaitu dari 0 sampai 32 volt , jadi sudah jelas tuner tidak mengalami kerusakan. Pada layar monitor LCD kita melihat adanya huruf K yang ada di pojok atas sebelah kiri, mungkin ini penyebabnya yang membuat televisi tidak bisa menerima siaran. Ternyata memang benar data setting mengalami perubahan, pada bagian AGC-nya . Parameter option kita melihat angka 255 untuk AGC, maka kita coba merubahnya ke angka 9 selanjutnya kita coba hidupkan LCD-nya ? Hasilnya Alhamdulillah LCD sudah bisa menerima siaran.


Mode K bagaimana untuk menghilangkannya  ? Untuk ini kita bisa memakai kode tombol Vol – dengan tombol input ( source )  di Panel control secara bersamaan sebelumnya LCD TV harus dalam keadaan mati. Jadi kita tekan dahulu kedua tombol, setelahnya barulah kita masukan aliran listriknya.


Bagaimana untuk membuka Parameter mode K ? Untuk ini kita tekan tombol Vol- dengan Program –  di panel control secara bersamaan lalu masukkan aliran listriknya , nantinya akan timbul servis menunya. Permasalahan yang timbul jika Mode K lagi on? Jika kita mencoba fungsi Reset dalam menu , hasil yang kita dapatkan Suara tidak bekerja dengan normal.  Jika kita tekan tombol volume suara yang dihasilkan langsung besar/ hanya ada 3 pilihan suaranya kecil -sedang -besar . Untuk mengembalikan seperti awalnya kita mesti menghilangkan Mode K -nya.

       kesimpulan : solusi untuk mengatasi problem seperti ini yaitu dengan mengubah data setting AGC-nya



2. Lcd Tv Sharp Aquos lampu indikator hanya kedap - kedip

    problem :
 LCD TV Sharp Aquos LC-32M400M-BK jika kita masukkan aliran listrik hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, kita coba tekan tombol power sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.
    Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki :
Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat kita masukkan aliran listrik sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah kita lepaskan casing bagian belakang dengan jelas kita lihat rangkaian PSU dengan kondisi komponen yang masih baik, poin ada di Capasitor filter .
Tahap lanjutan yang bisa kita lakukan adalah dengan membuka servis menu, kemungkinan ada error sehingga terjadi kasus kerusakan seperti ini. Cara buka servis menu / mode K adalah :
 1 Matikan / lepaskan aliran listrik
 2 Tekan tombol Vol – serta Input di panel control/ bukan di remote.
 3 Masukkan aliran listriknya
 Setelah kita lakukan langkah ini kini lampu indikator sudah tidak kedap-kedip dan LCD TV Sharp sudah bisa hidup, tapi setelah kita matikan lewat remote atau lewat panel semuanya kembali seperti semula/ kedap-kedip lagi lampu indikatornya. Jadi semakin jelas ada masalah di data setting, maka kita coba restore ,caranya :
 Dalam mode K tekan tombol vol – serta prog – di panel control, nantinya akan keluar menu/ option, setelah
tampil pilihan kedua yaitu area ( asia) tekan tombol ok di remote dan kita diamkan sampai terlihat tampilan ok di layar LCD -nya. Kini kita matikan LCD TV Sharp melalui remote dan kita coba hidupkan kembali hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
 Ada sedikit perbedaan dari model yang sebelumnya, biasanya kalau dalam kondisi mode K jika kita matikan LCD-nya akan tetap tampil jika kita hidupkan kembali LCD-nya. Untuk model ini tidak berlaku, jika mode K sudah kita buka maka dengan kita matikan LCD-nya maka mode K akan hilang dengan sendirinya / tidak tampil lagi.
       kesimpulan : solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara me-restore data settingnya




3. SHARP Aquos LCD TV LC-32A39I pada mode AV (AV5) tidak muncul gambar, tetapi suara normal. (SOLVED)



Langkah - Langkahnya sebagai berikut :
Buka data service sharp , sblm mencolokan tv tekan 2 tombol p+ dan v- bersamaan, lalu nyalakan sambil tekan kedua tombol tadi tahan sampai sermod keluar.. 
cuma untuk masuk ke service mode TV aquos ini beda dengan Tv sharp yang CRT caranya sbb:

1. Cabut stecker power dari PLN

2. tekan tombol volume - dan tombol input pada tv, bukan pada remote, colok stecker ke stop kontak PLN, tahan sampe ada Tanda "K" pada pojok kiri atas layar.

3. lepas tekanan terhadap tombol Vol - dan tombol input.

4.tekan tombol volume - dan CH +, service menu akan tampil.

5. hati-hati..! jangan sampe ngacak-ngacak settingan yang ga perlu disetting.. Unit bisa mati.




4. LCD Sharp Aquos 32” byar-pet 3x kemudian kembali st-by


KASUS :
  • LCD Sharp Aquos 32”
  • Kalau dihidupkan raster hidup-mati byar-pet 3x kemudian kembali mati stand-by (led idikator merah menyala).
  • Jika tombol power ditekan maka kejadian sama selalu terulang lagi. Jadi bukan mati protek.

PEMERIKSAAN :
  • Pada model ini board inverter menjadi satu dengan board power supply.
  • Pemeriksaan secara visual maupun menggunakan esr-meter tidak menemukan adanya elko yang gembung atau rusak.
  • Demikian juga pemeriksaan tegangan-tegangan pada bagian power suply tidak menemukan masalah.
  • Cek tegangan pada konektor “Inverter on-off” selalu tetap pada posisi “H” tidak berubah walaupun lampu backlight hidup-mati
  • Coba di cut jalur “ERROR” dari bagian Inverter ke bagian Main-board, pesawat dapat menyala terus (indikator led hijau nyala terus) dan suara tatap ada.
  • Kesimpulan problem pada bagian Inverter atau mungkin Lampu backlight ada yang problem.

PEMERIKSAAN BAGIAN INVERTER dan LAMPU BACKLIGHT :
  • Pada saat backlight menyala, tegangan pada output tranfo inverter hampir sama semuanya (cara ukur, baca artikel no.5 di bawah!)
  • Buka dari bagian depan untuk melihat nyala lampu backlight. Semua nampak nyala normal dan tidak ada tanda-tanda pada salah satu lampu yang gosong atau kedip.
  • Kesimpulan problem pasti pada bagian sirkit Inverter, tetapi bukan karena protek.

SOLUSI :
  • Kecurigaan kami jatuh pada ic inverter driver BD9883.
  • Tetapi untuk mengukur tegangan-tegangan pada kaki-kaki ic ini tidak mungkin, sebab berada pada bagian bawah board.
  • Maka kami mempunyai ide cara untuk mengukur tegangan-tegangan tersebut. Pada setiap kaki yang ingin kami ukur tegangan kami pasang (solder) sebuah kabel dengan panjang secukupnya, dengan tujuan nanti tegangannya dapat diukur pada ujung kabel satunya lagi.
  • Ketika semua kabel sudah tersolder dan pesawat kami coba…….ternyata pasawat sudah “BAIK” dengan sendirinya sebelum kami mencoba ukur tegangan-tegangannya.
  • Wallahualam………..mungkin karena penyolderan-penyolderan kabel pada kaki-kaki ic maka semuanya menjadi beres……..walaupun ini menyisakan tanda-tanya……jangan-jangan nanti problem kambuh lagi.
  • Perlu running test yang lama…..untuk memastikan problem tidak kambuh lagi.

No pin kaki-kaki yang kami beri kabel yang rencananya akan kami ukur.
clip_image002Gambar bukan skema aslinya (hanya untuk membantu memahami)

  • No.1 DUTY = kontrol on-off (dari main-board)
  • No.8 FB = menerima umpan balik dari lampu backlight untuk mengatur agar nyala inverter stabil
  • No.9 IS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OCP (over current protector)
  • No.10 VS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OVP (over voltage protector)
  • No. 11 STB = kontrol stand-by (dari main-board)
Hasil pengukuaran saat lampu backlight menyala normal pada kaki BD9883 :
  • DUTY = 2v
  • FB = 1v
  • IS = 0v
  • VS = 1v
  • STB =3v



5. LCD Sharp Alexander 22” hidup sebentar terus mati


KASUS :
  • LCD Sharp Alexander 22” MODEL LC22L10
  • Jika dihidupkan (led nyala hijau) da raster nyala sebentar, kemudian terus mati sendiri dan lampu led nyala merah.
  • Jika tombol power ditekan lagi, maka kejadian seperti diatas akan terulang lagi.
  • Setelah diulang 3 atau 4 kali achirnya pesawat akan mati protek dan led merah kedip 2x secara berulang. Pesawat baru akan dapat dihidupkan lagi setelah colokan listrik dilepas terlebih dahulu.

SOLUSI :

  • Led merah kedip 2x kalau Sharp LCD hal ini menunjukkan problem pada bagian inverter.(blingking code sharp aquos lcd)
  • Saat backlight menyala coba dilakukan pengukuran tegangan-tegangan pada kapasitor output tegangan tinggi setiap tranfo inverter (ada 4 buah output). Pengukuran dilakukan pada kapistor milar yang berhubungan dengan pin-1 diode D8 seperti contoh gambar dibawah. JANGAN MELAKUKAN PENGUKURAN PADA PIN-4 TRANFO INVERTER ATAU PIN-1 CN2 KONEKTOR LAMPU BACKLIGHT, KARENA TEGANGAN SANGAT TINGGI !
  • Ternyata hasilnya salah satu tranfo tegangannya ada yang lebih rendah dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya.
  • Pada tranfo yang bermasalah ketika coba diukur resistansinya pada pin-3/4, ternyata lebih besar jika dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya
clip_image002Gambar bukan skema sebenarnya (hanya untuk memudahkan penjelasan saja)
  • Pada kasus ini kami coba putus jalur ERROR dari pcb Inverter ke Main-pcb (posisi pada kabel konektor yang dekat ground), ternyata pesawat dapat hidup terus, ada suara dan lampu led tetap nyala hijau terus,  tetapi lampu backlight tetap mati lagi sehingga raster menjadi gelap
  • Kesimpulan problem disebabkan kerusakan pada salah satu tranfo inverter yang menyebabkan over-current protek (OCP)


6. Sharp Led LCD 22LE420 mati

KASUS :
  • Led LCD Sharp 22LE420, problem mati
  • Tetapi setelah kami amati….saat dicolokkan listrik led indikator merah nyala sekejap……hal ini seperti menunjukkan pesawat pada posisi “power on”

LANGKAH-LANGKAH PEMERIKSAAN:
  • Cek tegangan power supply - semua normal (5.8v dan 24v sesuai sesuai dengan service manual).
  • Beruntung ada skematik diagram-nya
  • Pertama pelototi skema bagian power Regulator, dan buat beberapa catatan berapa tegangan “masuk” dan berapa tegangan “keluar” dari masing-masning ic regulator serta  nomor-2 pin In-Out masing-masing IC.
Disini terlihat :
  • Tegangan 5.8v dari power suply - dirubah menjadi 3.3v untuk St-by menggunakan  U7102 (unswitch)
  • Tegangan 5.8v dari power suply juga dirubah menjadi 5.3v (di-switch on-off oleh mikrokontrol)  menggunakan Q7104
image
image

Selanjutnya tegangan 5.3v diturunkan menjadi beberapa macam tegangan dan digunakan digunakan untuk :
  • Menjadi 3.3v menggunakan U7101- untuk Vcc bagian digital dan analog
  • Menjadi 1.2v menggunakan U7103 – untuk Vcc bagian analog
  • Diturunkan menjadi 1.2v menggunakan U7104 - untuk VccK chip ic
  • Diturunkan menjadi 5v menggunakan U7105 – untuk Tuner
  • Diturunkan menjadi 1.8v menggunakan U7106 - untuk DDRam
image
image
image
image
 image
Semua catatan telah siap….
  • Maka langkah selanjutnya adalah “mencari lokasi” letak semua komponen-komponen yang akan diukur tegangannya. Ternyata tidak mudah untuk menemukan lokasi masing-masing ic, disebabkan beberapa ic regulator phisiknya hanya “sebesar butir beras”
  • Kemudian baru dilakukan pengukuran-pengukuran tegangan. Karena bentuk komponen yang kecil-kecil – maka untuk mempermudah pengukuran, ujung probe merah kami pasang “potongan jarum pentul”
  • Hasil pengukuran – menemukan problem pada U7104 tegangan outputnya drops ………alias rusak.
  • Coba suntik tegangan 1.2v pengganti U7104 menggunakan power supply dari luar……..pesawat langsung Joooosssssss…….nyala normal

SOLUSI AKHIR:
  • Karena kesulitan untuk mendapatkan part pengganti - maka sebagai solusinya kami buatkan regulator down converter menggunakan LM2596 ADJ.





image







7. Sharp LCD LS22L50M mati – di-power tidak mau nyala

KASUS :
  • Sharp LCD LS22L50M
  • Problem mati – power tidak mau nyala

PEMERIKSAAN :
  • Cek bagian power suply OK – ada tegangan-2 keluar dari bagian sekunder . Kalau tidak salah adalah 20v, 40v, (-) 12v
  • Cek kaki X-tal ic besar tidak ada tegangan – hal ini menunjukkan tidak ada tegangan Vcc untuk st-by pada ic besar

Karena model ini tidak memiliki skematiknya…..maka langkah pertama yang kami lakukan adalah mencari data ic-ic regulator yang terpasang pada model ini melalui “datasheet4u.net” , yaitu
  • Power suply menggunakan ic STRW seperti Tv tabung, tanpa sirkit PFC
  • BD9781 merupakan ic switching penurun tegangan dari 20v ke 12v (power suply board)
  • RSS050 ic switch on-off tegangan dc……tegangan ???? (power suply board)
  • BD33KA5 ic regulator tegangan 3.3v untuk st-by (kontrol board)
  • BD18KA5 ic regulator tegangan 1.8v untuk st-by (kontrol board)
  • IJ9AK……tidak menemukan data……..tetapi kalau tidak salah merupakan ic regulator, karena mendapat input 12v dari BD9781 dan outputnya di-inputkan ke DB33KA5 dan BD18KA55. (kontrol board)

Setelah data terkumpul baru kami lakukan pengukuran-pengukuran. Hasilnya adalah :
  • Tidak ada tegangan st-by 3.3v dan 1.8v pada output regulator BD33KA5 dan BD18KA5
  • Tidak ada tegangan input pada BD33KA5 dan BD18KA5
  • Ada tegangan input 20v pada BD9781dan ada tegangan keluaran 12v
  • Ada tegangan input 12v pada ic IJ9AK tetapi tidak ada tegangan keluaran

SOLUSI :
  • Berdasarkan hasil pengecekan dan analisa - IC IJ9AK rusak, karena ada tegangan input 12v dan tidak ada tegangan output
  • IJ9AK kami coba cangkok menggunakan 7805 (……..tapi yang benar semestinya 7809)……….hasilnya….tegangan st by 3.3 dan 1.8v langsung ada.
  • Pesawat di- power - led hijau langsung nyala……dan sebentar kemudian layar menyala………..coba pasang antenna…. gambar dan suara langsung joooooosssssss……..


8. Sharp LCD LC32M400 lampu indikator-merah hanya kedip-kedip

KASUS :

  • LCD Sharp LC32M400
  • Problem lampu indikator merah hanya kedip-kedip tidak mau start (hidup)

Yang sudah dilakukan :

  • Upgrade bios……..tidak ada perubahan
  • Cek tegangan  pada pin konektor IP-board :  tidak ada tegangan BL-on, Inverter-err ada tegangan
  • Tegangan dc-dc converter untuk  stand-by 5v dan 3.3v pada Kontrol-board semua normal, dan cek pakai osiloskop tidak ada ripple.
  • Cek tegangan-tegangan dc-dc  lainnya bisa hidup sebentar saat di-on-kan pertama kali, tapi  trus menghilang.
  • Bolak-balik pelototi service –manual dan skemanya……………Tetapi analisa masih membingungkan………..yang rusak bagian Kontrol-board atau IP-board


Akhirnya “phone a friend alias minta bantuan teman” ……..mas Sarif electronic-clinic : Diberi informasi bahwa model ini kalau Inverter error sampai 5x akan menyebabkan mikrokontrol terkunci.  EEprom harus di “clear” dulu  agar mau dihidupkan lagi.


SOLUSI :

  • Menggunakan remote asli.
  • Tekan tombol “TV/Video”  dan  “VOl-down” pada panel LCD secara bersamaan kemudian baru colokkan listrik, dan tunggu sampai indikator hijau menyala dan pesawat menyala
  • Akan muncul huruf “K” pada layar. Dan disini akan terlihat bahwa telah terjadi error sampai 5x.
  • Tekan tombol “Chanel-down” dan “Vol-down” pada panel LCD untuk masuk ke menu selanjutnya.
  • Tekan-tekan terus-menerus tombol  “Chanel-down”  sampai diketemukan item “EEP CLEAR”
  • Pada item ini rubah “off” menjadi “on” .......kemudian tekan tombol “ENTER” (pada remote)….selesai
  • Matikan LCD dan hidupkan lagi………………………..dan ternyata langsung dapat hidup normal, tetapi chanel kok masih kosong  (mungkin ini gara-gara di-Upgrade atau EEP di clear)………………….Lakukan Auto-program…….dan beressssssssssss.

Tapi kasus ini belum  kami anggap tuntas. Timbul pertanyaan…….berarti LCD ini sebelumnya Inverter sering error???……………tentu ada penyebabnya???.  Maka agar kerusakan tidak "terulang"............. yang kami lakukan adalah :
  • Periksa secara solderan visual bagain Inverter – dan re-solder bagian-bagian yang mencurigakan 
  • Kabel Inverter-error dari IP-board ke Kontrol-board kami putus – dan  di-ground-kan lewat R 1K. Tujuannya agar sistim Inverter-error tidak kerja.

Catatan :
Mungkin aja suatu saat anda mendapat kasus seperti ini – tetapi  belum tentu dapat langsung nyala normal. Hal ini disebabkan kerusakan pada bagian Inverternya. Maka inverter harus diperbaiki dulu (tanpa disambung ke Kontrol-board) dengan cara diberi tegangan pada kontrol BL-on.

9. Sharp indikator merah hanya kedip-kedip

Lama gak pegang Sharp…….jadinya sasar susur…kesasar kesana-kesini kebingungan….butuh berjam-jam …….walaupun achirnya selesai juga
  • 32LE240….dicolokan listrik led indicator merah hanya kedip-kedip dg jeda sekitar 1 dtk.
  • Pertama coba flash bios dulu…hasilnya sama saja (kesasar ke1…mestinya hal ini tdk perlu dilakukan)
  • Kedua masuk sermod : tekan bersamaan tombol panel INPUT + Vol down kemudian colokkan listrik…..indikator bisa nyala hijau….tetapi layar tetap gelap.
Curiga lampu backlight tidak nyala.
  • Cek bagian Inverter…ketemu sebuah diode short.
  • Ulangi lagi masuk sermod…….sekarang layar bisa nyala……dan ada tampilan huruf “K”
  • Jadi ingat…kalau Sharp backlight tdk nyala….kemudian coba dihidupkan ber-ulang2….maka kalau dicoba sampai 5x akan menyebabkan “error lamp”, dan akibatnya “pesawat tdk dpt dihidupkan”.
  • “Error lamp” mesti di matikan dulu…agar pesawat bisa normal lagi.
Sudah bisa masuk sermod sampai muncul huruf “K”….tapi kelanjutannya lupa/bingung……….sehingga berulang2 setelah pesawat bisa nyala masuk sermod, pesawat selalu mati sendiri lagi………(kesasar yg ke 2…)
IMG_0135
  • Buka-buka catatan : ketemu rumusnya….setelah muncul huruf “K”….seharusnya segera tekan tombol panel “Chanel down + Vol down” secara bersamaan, dan achirnya pesawat bisa nyala terus.
  • Akan muncul pilihan OPTION
  • Pilih OPTION halaman 9/10 dengan tombol “Cursor up/down”
  • Disitu akan ketemu pilihan item “L err stop” dengan nilai data “0”………pilih dh tombol Chanel up/down)………..Rubah data “0” menjadi “1”
  • Atau “Err reset” dengan data “off” dirubah menjadi “on”……….tekan “enter”
  • Matikan pesawat….hidupkan lagi….pesawat kembali normal….beressssssssss.

IMG_0137Lewat service mode akan dapat dilihat jika Inverter pernah error sampai 5x, kelimanya mesti dihilangkan atau direset.



10. LCD TV SHARP AQUOS BACKLIGHT KEDAP-KEDIP
Kerusakan:
Permasalahan yang dialami adalah ketika kita coba menghidupkan LCD TV ini, Di layar monitor terlihat kedap kedip pada bagian pencahayaannya. Tak lama kemudian LCD TV kembali ke mode standby.

Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur tegangan feedback dari Inverter, disini menggunakan Capasitor sebagai media-nya. Pada LCD ini menggunakan 10 buah lampu Neon, Dalam pemasangannya 2 lampu di jadikan 1 . Yang pada akhirnya mempunyai input 5 Chanel untuk output Inverter.

Lampu untuk LCD yang lebih di kenal dengan sebutan CCFL, memang mempunyai batasan dalam kerja-nya. Hasil pemeriksaan kita dapatkan adanya 1 buah lampu yang sudah berkurang Kapasitas-nya. Dengan keadaan yang seperti ini memungkinkan tegangan feedback dari Inverter menjadi di atas rata-rata. Maksudnya tidak sama dengan beberapa nilai feedback yang lainnya, Karena lebih besar tegangan feedback berakibat sistem Protek berfungsi.

Kenapa tegangan feedback bisa lebih besar? Ini terjadi karena tegangan output Inverter tidak terserap semua ke lampu CCFL. Berikut contoh Lampu CCFL yang digunakan pada LCD TV Sharp Aquos:




Disini sudah bisa kita pastikan 1 buah lampu yang bermasalah, Langkah perbaikan sebaiknya adalah dengan mengganti semua lampu. Karena secara teori sudah bisa kita perkirakan dimana awal pemasangan kondisi lampu semuanya sama, apabila salah satu mulai bermasalah kemungkinan lampu yang lain akan mengalami juga.

Tahapan dalam usaha pelepasan lampu CCFL adalah yang paling berasiko, disini kita mesti melepaskan LCD-nya terlebih dahulu karena lampu berada tepat di bawahnya. Tindakan ini memerlukan kesabaran dan ketelitian, jadi pelan-pelan saja.Selesai proses penggantian lampu CCFL kini saatnya kita mencoba kembali menghidupkan LCD TV-nya? Hasinya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

Hasil akhir pemasangan lampu neon :





11. LCD SHARP LC-22L10M-GY FUNGSI KEY ERROR
Kerusakan:
LCD SHARP LC-22L10M-GY saat saya coba hidupkan ” terkadang mau hidup dan terkadang juga susah , saat dia mau hidup saya melihat tampilan gambar dan suara normal tapi terlihat dilayar LCD OSD berubah-rubah pilihannya.

Model LCD SHARP :

model-lcd-sharp

Perbaikan:
Keypad panel menjadi fungsi yang sangat penting dalam proses navigasi , perubahan parameter berada dibagian ini dan menjadi induk bilamana remote control rusak. Permasalahan yang dialami televisi LCD SHARP ini berada dibagian ini dan untuk mengetahui komponen apakah yang mengalami kerusakan saya coba periksa switch panel. Switch panel ada beberapa buah dan untuk memudahkan saya gunakan multitester dengan batas ukur 1 k? . Kedua prob tester saya letakan di area kaki switch , masing-masing satu dan saya dapatkan adanya hambatan 22K?. Rupanya ada yang shot didalam switch untuk memudahkan switch mana yang buat shot saya gunakan solder ( panaskan via kaki switch ) .

Mainboard unit :

mainboard-lcd-sharp

Hambatan 22 k? yang saya dapatkan ini sudah terlepas dari sistem rangkaian MCU ( maksudnya sudah saya lepaskan karena sistemnya menggunakan soket ) Tampilan mainboard tampak pada gambar diatas . Switch yang rusak ternyata untuk fungsi power ( standby ) karena setelah saya panaskan kaki switch tersebut hambatan 22 k? langsung menghilang. Segera saya lepaskan switch yang rusak dan saya gantikan dengan switch standar ( kaki 4 yang sudah saya potong jadi 2 ) . Setelah selesai saya coba hidupkan dan hasilnya Alhamdulillah sistem keypad sudah kembali normal.

Model switch :

switch-panel

Proses yang saya tuliskan sangat simpel dan mungkin bisa mejadi pembelajaran bagi yang membutuhkan , segala pekerjaan yang dilakukan harus dibawa asik ( mudah-mudahan jadi cepat selesai ) .


12. PSU LCD SHARP AQUOS PAKAI GACUN
Kerusakan:
PSU ( power supply unit ) yang sedang saya coba perbaiki , kali ini milik LCD AQUOS 32 dengan kasus tidak ada tegangan output  ( Output Trouble ) . Tegangan jala-jala terukur normal yaitu 310 volt kurang-lebih dan Transistor FET untuk switching final juga dalam kondisi bagus, hasil diagnosa terakhir saya dapatkan IC driver yang mengalami kerusakan yaitu type  FAN6754MR . Biasanya saya menggantikan ic yang rusak dengan versi yang sama , cuma untuk kali ini saya menggantikannya dengan media driver lain yaitu dengan memakai GACUN. Cara ini saya gunakan karena ic tersebut masih dalam perjalanan ( saya sedang order via online ) sedangkan yang punya minta cepat-cepat diperbaiki.


Perbaikan:
Untuk mendapatkan hasil terbaik maka saat menggunakan driver GACUN mesti dilakukan sedikit perubahan dalam porsi instalasinya, kabel standar yang sudah ada yaitu :

Merah ( untuk colector trafo )
Hitam ( untuk ground tarfo )
Biru ( untuk sistem feedback voltage output )

Disini saya modifikasi 1 jalur untuk supply tegangan 24 volt dimana tegangan ini saya ambil dari supply yang ada di mainboard PSU asli lalu tegangan 24 volt ini saya hubungkan ke rangkaian GACUN ( B+ ). Ada komponen yang harus dilepaskan yaitu dioda 4148 dan dioda ini terhubung dari trafo kecil yang ada di rangkaian GACUN, posisi persisnya bisa lihat pada gambar berikut :

Gacun1

Setelah dilepaskan dioda tersebut berikutnya saya pasangkan kabel penghubung dari Gacun ke mainboard PSU utama , tampilan komplit setelah semua terpasang :

PSU-Aquos

PSU-Aquos-1

Rangkaian Gacun lengkap dengan Transistor FET jadi saya lepaskan Transistor FET asli bawaan mainboard PSU supaya penempatan kabel merah bisa saya letakan di area ini berikut kabel warna hitam. Untuk kabel biru saya letakan di kaki Optocoupler dan B-UP 24 volt persis letaknya dengan Optocoupler, detail bisa dilihat pada gambar diatas .

Saatnya untuk pengujian , Alhamdulillah hasil yang saya dapatkan PSU sudah berfungsi dengan baik…. tegangan out saat posisi standby terukur 7 volt dan saat on terukur 13 volt. Selesai sudah perbaikan yang saya lakukan.. semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan yang saya inginkan.

13. Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl proteck inverter/lampu lcd
Kerusakan:
Layar gelap suara ada ,pertama di hidupkan gambar nyala sebentar lalu mati lagi,tapi suara masih ada,lcd Sharp Lc-32d30m protek bagian inverter.


Perbaikan:
kerusakan seperti ini sering terjadi pada lcd sharp Lc-32d30m,awal mula sebelum kerusakan saya temukan saya kira bagian balas penyuplay lampu lcd yg rusak,tapi ternyata malah neon atau lampunya yang suak.

klo kerusakan udah jelas dari neon lcdnya,berarti tinggal mengganti.
cara mengetahui mana neon yang rusak bisa di lihat dari ciri fisik neon yang terlihat gosong kehitam hitaman,& bila menyala tidak terlalu terang/redup atau kemerah merahan.
penggantian yg maximal agar terangnya seimbang neon yang berjumlah 10 biji lebih baik di ganti semua.tapi jika sepertinya masih bagus penggantian boleh untuk yang rusak saja.

dalam pembongkaran neon/inverter lcd pastinya membuka layar panel lcd,tips dari saya ada beberapa baut,buka saja yang di beri tanda panah baut,& biarkan baut yang tidak bertanda panah tetap menempel,agar pengangkatan layar lebih baik,dengan mengangkat besi samping2,begitu besi diangkat ,layar lcdpun skaligus terangkat."harap hati-hati".

gambar lcd tv sharp Lc-32d30m sesudah jadi.tinggal menikmati..



14. Problem konektor LVDS Sharp
Sharp model 24LE155, 32LE240, 32LE340 (panel tipe DUNTK5414TK CY-HF3200AGSV1V).

Sering dijumpai problem pada konektor LVDS,  sehingga menyebabkan timbulnya gejala seperti contoh gambar dibawah. Beberapa kasus kadang  dapat menyebabkan muncul gambar "Pantern test"



SOLUSI, mungkin cukup dengan membersihkan kabel LVDS dengan karet penghapus, tapi hal ini mungkin saja ada resiko kambuh lagi.

Untuk memastikan hubungan kabel sudah bagus, kami selalu lakukan cek dengan ohm meter.
Biasanya problem disebabkan kurang kontak pada jalur data gambar. Maka yang perlu diperiksa ada test-point seperti gambar.


  • Gunakan ohm meter posisi 1x
  • Probe merah dapat ground
  • Probe hitam dapat test-point.
  • Normal nilai resistansi sekitar 45 ohm (sama semua).
  • Jika nilai lebih besar dari 45 ohm, maka hal tersebut menunjukkan pada jalur tersebut yang menuju Mother Board masih kurang kontak dengan baik.
  • Problem akan muncul jika resistansi mencapai diatas 80 ohm

Solusi untuk masalah seperti ini, setelah pembersihan kabek flat wire sudah dilakukan tetapi tetap kurang kontak, adalah :
  • Bersihkan konektor perempuan dengan amplas kertas yang paling lembut.
  • Atau kalau perlu solder kawat jumper dari Mother Board ke T-con 

15. Sharp LC-32LE240M
Kerusakan:
Sharp LC-32LE240M kadang bisa menyala kadang hanya lednya saja hijau backlightnya mati. 
Saat BL tidak nyala ternyata memang pada input BL-ON tidak ada tegangan.
Pas TV bisa menyala coba tekan CHANNEL ternyata tidak ada angkanya hanya kotaknya saja, begitu juga VOLUME dan MENU ternyata sama. 



Perbaikan:
Jurus banteng ngamuk mulai keluar:
Rehot IC Chipset
Rehot IC Ram
Flash ic memory
Otak mulai panas berharap cepat selesai..
Dan ternyata membuahkan hasil tv sudah tidak kumat lagi..




Semoga bermanfaat....



16. Sharp LED LC-32LE240M
Kerusakan: 
pertama dihidupkan gambar bagus, setelah beberapa menit mulai timbul garis-garis mendatar, kalau gambar terang muncul jleret-jleret dan parahnya bagian bawah mulai bergetar dan lama-lama naik dan akan hitam hanya beberapa centimeter.


Perbaikan:
Coba tekan-tekan t-con barangkali kerusakan dari situ.. dan ternyata benar ada perubahan saat ditekan, sepertinya ada yang kurang konek..

Sekali lagi benar ternyata ada gangguan pada soket LVDS di t-con.
Bersihkan dan solder ulang soket membuahkan hasil.








Semoga bermanfaat..

17. Tv LED Sharp aqous model LC-32LE340M-WH Gambar Hitam Bergetar
Kerusakan:
Sharp aqous model LC-32LE340M-WH dengan keruksakan awal LED dihidupkan normal tapi lama kelamaan gambar hitam dan mulai membesar naik ke atas sampe menutupi gambar kemudian gambar bergetar. 

Perbaikan:
pemeriksaan dimulai dari power suplay tapi semua kondensator eletrolit secara kasat mata atau kondisi fisik masih bagus tidak ada yang gelembung beralih lagi ke kabel LVDS dan konektornya siapa tau ada yang korosi atau berjamur ternyata di bagian ini semuanya ok// analisa awal kemungkinan besar berada di elko power suplay walau keliatan bagus secara fisik tapi berubah nilainya karena diperkirakan saat gambar hitam dan mulai bergetar ada tegangan yang tidak normal karena pengaruh elko akhirnya diputuskan untuk mengganti semua elko yang ada di power suplay setelah pergantian elko test LED sampe berjam jam akhirnya normal rupanya keruksakan itu terdapat di area power suplay yaitu kapasitor elektrolitnya.









18. LED SHARP AQUOS LC-32LE3471-BB 
LED SHARP AQUOS LC-32LE3471-BB kena sambaran petir satu jalur putus setelah di sambung jalur yang putus tetep tegangan +13v tidak mau nyebrang alias keluar . ternyata setelah dilakukan pengecekan secara seksama fet rusat berikut ic drivernya ganti dan jreng...









19. Panel Sharp 32 tipe LK315xxxx
Panel Sharp LK315 dengan Tcon seperti gambar dan mempunyai 3 buah kupingan....

Sudah beberapa kali ketemu...


  • Layar gelap, Back Light normal.....multi power suply tegangan VGH,VGL mati  protek tidak ada tegangan.
  •  Atau gambar hanya 1/3 bagian atas...2/3 kebawah gelap/tdk normal.
  • Atau 2/3 atas normal, 1/3 bawah gelap/tdk normal.






  • Semuanya disebabkan IC COF kupingan bagian kanan-bawah rusak dan kalau diraba terasa panas.  
  • Panel semacam ini sudah tidak ketulungan lagi. 



Jadi alergi ketemu model ini.


  • Apalagi kalau dipakai pada Sharp 32L407I atau 32M407I.......bongkarnya susah dan ribet.... 
  • LG, Toshiba  juga ada yg pakai panel tipe ini.


Test Point.
Model ini umumnya tidak mempunyai tulisan atau tanda2 Test Point. Gambar dibawah mungkin dapat membantu.





 Komment :


Toni Cx Ya persis kemarin pernah dapat kasus gitu 32m407i .Vgh dan vgl ilang . Coba suntik juga gak membuahkan hasil.

Sumarsono Budiharjo Pasti ilang karena suntiknya juga akan mati protek...Sebenarnya yg asli juga tidak rusak, tapi hanya mati protek karena ada beban yg over current. Umumnya  beban VGH.



Toni Cx ya bener pak de , di cabut di ukur lagi kok keluar semua, coba paksa pake psu lhoo kok panas porr kupingnya


Eko Purnama Benar sekali pakde Sumarsono Budiharjo sy beberapa kali coba tdk berhasil.













sumber:

3 comments:

  1. maaf mau tanya saya punya LED sharp aquos model LC-24LE175I,,, di led saya keluar mode K dan tidak bs hilang meskipun sudah di cabut kabel listriknya,,, saya menggunakan cara VOL- dan INPUT di panel secara bersamaan tidak bs karena tombol kontrol di panel berbentuk gulir.... Apakah ada solusinya ???
    trims

    ReplyDelete
  2. LC 24LE155M di reset volume & power koq malah lednya ijo standby & merah kedip(2 led aktif)gmn ya suhu??

    ReplyDelete
  3. tv sy led aquos 32Le34om layar backgrond sharusnya hitam ini malah hijau so saat gambar muncul warna ga jelas kemerahan. mohon bantuan solusi gan suhu

    ReplyDelete