Friday, July 4, 2014

koleksi kerusakan tv lcd/led lg



1. LCD LG 42"  model 42LC4R suara krotok-krotok dan lama-lama jadi ngosos saja
    problem : Suara ada gangguan krotok-krotok dan lama-lama hilang tinggal suara ngosos
    ANALISA :
  • Buka service-manual – untuk melihat blok-diagram. Dengan bantuan blok diagram seperti gambar dibawah kita akan lebih mudah dalam menganalisa dan mengevaluasi sumber masalah sehingga jangan sampai salah diagnose, karena kerusakan dapat terjadi pada Audio-amplifier, Audio switch, Audio proses atau Tuner.

  • Coba cek suara lewat AV-in dengan DVD Player – hasilnya suara  tetap ada krotok-krotok
  • Coba cek suara dari jack Audio Monitor-out (MNT OUT)– masukkan sinyal dari monitor-out ke amplifier – hasilnya juga tetap ada krotok-krotok.
  • Cek keluaran suara mono  dari Tuner pin-15 – suara tidak ada masalah
  • Dari percobaan-percobaan diatas, maka kesimpulannya problem ada pada IC VCT-PRO, bukan pada Audio amplifier, karena cek suara dari MNT-Out juga problem
     SOLUSI :
Kerusakan seperti ini seharusnya dapat diselesaikan dengan penggantian satu blok modul digital. Tetapi ketika ditanyakan ke SC part sudah tidak tersedia lagi. Achirnya dengan kesepakatan bersama konsumen bagian audio kami modifikasi agar LCD tetap dapat dinikmati.

Caranya adalah sebagai berikut :
  • Suara teve kami ambil langsung dari TUNER pin-15 . Jadi suara nantinya akan jadi mono dan tanpa bass-trebel
  • Audio-amplifier kami buatkan sendiri dengan kit-audio amplifier. Sebab amplifier yang asli (TDA3107D2) adalah merupakan amplifier khusus klas D (PWM amplifier)
  • Untuk pengatur volume suara - kami pasang sebuah VR manual (50k) antara TUNER dengan Audio amplifier.
     Catatan :
Kalau dilihat dari skematik bagian Tuner LCD, akan terlihat ada 3 macam output.
  1. Video-out (gambar) dari pin-13
  2. Audio-out (mono) dari pin-15
  3. Sound IF-out dari pin-16. Sinyal ini nantinya akan diproses menjadi suara stereo-NICAM oleh IC VCT-PRO.










2. LCD LG model 32LG30 tegangan kontrol Power-on goyang-goyang

Menggunakan 2 buah board, yaitu (1) Board Power-suply/Inverter dan (2) Board-Digital
    Problem : stand by – ketika tombol power dihidupkan indikator langsung mati pesawat tidak mau hidup
    PEMERIKSAAN :
  • Menghadapi kasus ini, hal yang pertama kali kami lakukan adalah mempelajari fungsi pin-pin konektor antara Power-supply dengan Digital- board, karena disini umumnya sudah tertera keterangan nama-nama fungsi setiap pin. 
  • Cek tegangan 5v Stand-by - normal.
  • Cek tegangan Power-ON dari digital-board – ternyata tegangan goyang-goyang naik-turun.
  • Coba cut kabel kontrol Power-ON  . Ukur tegangan pada kabel yang berasal dari Board-Digital……lho kok tegangan tidak naik-turun lagi, stabil pada 3v
  • Coba triger pin Power-On pada board Power-suply/Inverter dengan cara memasang sebuah Resistor 560 ohm antara supply 5v dengan pin-Power-On…………..lampu back light langsung dapat nyala normal
     SOLUSI :
  • Sulit menganalisa kenapa jika kabel Power-On disambung tegangan bisa jadi goyang-goyang naik-turun
  • Coba otak-atik - maka solusi achirnya kami pasang tambahan sebuah Resistor 5.6K antara pin 5v St-by dengan pin Power-On, dan kabel kontrol Power–on kami sambung kembali.
  • Dan pesawat dapat dikontrol hidup-mati pakai remote dengan normal.



3. LCD TV LG 32LK331 Mati Total

    problem : mati-total , sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan.
    perbaikan : Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan segera kita buka LCD TV-nya, ternyata sudah tidak komplit isinya. Rangkaian PSU/ power supply unit sudah tidak ada, pantas saja jadi mati-total, dan untuk memperbaiki ini tentunya mesti beli 1 modul. Ada sedikit kesukaran mengingat kita tidak mempunyai contoh PSU jadi kita coba browsing via Google dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Untuk contoh PSU memang kita sudah dapat yang mesti kita ketahui adalah besarnya PSU apakah nantinya sesuai dengan posisi di rangka saat kita pasangkan. Untuk yang satu ini caranya hanya dengan mengukur panjang dan lebar posisi baut, kita menggunakan media timah solder biar simpel. Harga PSU dalam kisaran 400-450 ribu, dan poin utamanya adalah menyamakan output dari PSU dengan kebutuhan Logicboard.
Untuk type Logicboard yang digunakan membutuhkan supply tegangan 3,5 volt dan 24 volt jadi ini harus sama jangan sampai salah, akan sangat fatal bila itu sampai terjadi. LCD TV LG ini memang sudah dari bengkel servis jadi agak sedikit cemas apakah akan berjalan lancar bila kita pasangkan PSU baru. Alhamdulillah setelah kita pasangkan PSU baru semuanya berfungsi dengan baik, tidak ada  masalah baru.
     kesimpulan : Untuk kasus seperti ini mungkin tidak susah karena tinggal beli 1 modul, hanya sedikit pengetahuan yang mesti kita ketahui yaitu pastikan tegangan output PSU sesuai dengan kebutuhan Logicboard, di papan PCB bisa dengan jelas kita lihat poin-poinnya.





4. LG LCD TV FLATRON M2341A / M2241A MATI STANDBY

    problem : mati standby yang apabila di hidupkan maka beberapa detik kembali ke standby lagi.
    perbaikan : Dengan menanggapi gejala kerusakan tersebut saya memprediksi kerusakan pada bagian power supply segera saya buka tutup bagian belakang tv, semua komponen saya cek terutama pada bagian power supply dan ada dua tegangan yaitu 12v dan 5v di mainboard / pcb power supply.
 Setelah cek dengan avo meter sekala di 50 vdc dan saya amati ternyaa4 pada waktu tv mulai on tegangan tersebut perlahan turun dari 12 volt, ini menunjukan bahwa tegangan tersebut drop dan power supply tidak mampu menyupply dengan baik kebutuhan tegangan yang semestinya dibutuhkan oleh mainbord tv.
 Jelas saja apabila mainboard / pcb tv kurang mendapatkan supply tegangan yang cukup maka tv tersebut akan kembali standby dikarenakan melemahnya tegangan pada power supply dan di bawah ini gambar dari blok area power supply LG LCD TV FLATRON M2341A

 Kemudian saya cek penyebab dari melemahnya tegangan power supply tersebut dengan meneliti secara cermat komponen-komponen yang ada pada power supply dan di sini saya dapati 4 buah elco power supply tegangan 12v dan 5v dengan keadaan rusak serta menggelembung dan inilah yang menyebabkan melemahnya system kinerja dari power supply di bawah ini 4 buah elco yang saya ganti.



 Begitu selesai saya ganti elco tersebut LG LCD TV FLATRON M2341A garapan saya kembali hidup normal.
      kesimpulan : ada 4 elco di bagian pwr supply yg harus diganti




5. KERUSAKAN LCD LG 42" 42CS560 gambar tidak mau tampil
    problem : keluar suara, gambar tidak mau tampil, pindah chanel volume besar kecil normal semua..
    penyebab : data di memory lc24h32 teganganya tidak imbang di clock sama sata tidak sama, selisih 1,1 volt sehingga menyebabakan gagal booting gambar terutama umpan di ic programnya..
    solusi : setelah di ganti ic memori lc24X265 ext tcon samsung..tiba2 mak jreeng lcd normal kembali..sempat terjadi nyala lama karena proses booting ic...
    kesimpulan : kerusakan terletak pada ic memory.




6. LG LCD 42" kadang hidup kadang mati

    Problem kerusakan : Setelah power remote posisi dihidupkan, kadang kala baik gambar maupun suara normal .Tetapi setelah kurang lebih 5 menit gambar dan suara mati , sedangkan lampu power indikator led hanya kedap kedip. kalau gambar dan suara sudah mati , power LCD sulit untuk dihidupkan .
    Perbaikan :
a.Langkah Pertama buka tutup kabinet belakang :
 Melihat komponen didalam ada 3 modul yang tidak ada kotoran sama sekali, ini menunjukkan bahwa keadaan LCD masih baru .
b.Langkah kedua pengukuran pada rangkaian Inverter power suplay :
 Ternyata dari steker ac masuk langsung menuju power suplay, tanpa melalui switch power . Power LCD hanya dikendalikan oleh remote kontrol . Sedangkan pengukuran pada salah satu tegangan yang agak meragukan adalah tegangan yang menyuplay ke modul receiver tuner, eprom ,ic kontrol mengalami penurunan tegangan yang seharusnya ada tegangan sebesar 16,5 volt tegangan menurun menjadi 11,5 volt .
c.Langkah pergantian spare part mulai dari :
 Resistor yang molor nilainya ,elko sampai pada transistor tidak menghasilkan perubahan signifikan ,ada perubahan hanya bisa hidup 1 hari saja setelah itu penyakitnya stroke kambuh lagi, kadang hidup kadang mati .tegangan 16,5 volt dikendalikan oleh ic mikro dibalik pcb sebagai pengolah frekuensi tegangan inverter, sedangkan kalaupun mau mengganti ic inipun tidak terjual umum , harus 1 modul.
d.Langkah akhir :
 Terpaksa membeli spare part 1 modul power suplay LCD tersebut , dan pesan di dealer LG hampir kurang lebih 2 minggu barang baru datang .Setelah modul power suplay terpasang sekarang waktunya untuk mencoba menghidupkan ,Ternyata benar tegangan 16,5 volt normal dan LCD pun hidup dengan sempurna , baik gambar maupun suara sudah normal .Setelah dites selama 2 hari tidak ada kendala , keadaan semua menyala dengan normal maka LCD sudah layak untuk diserahkan pada yang empunya.
      kesimpulan : harus mengganti 1 modul power supply LCD







7. LG MONITOR TV LCD M2241A MATI standby




      problem : mati stby ,lampu led indikator kedap kedip .Saya menduga kerusakan awal ada yang short di bagian 12 volt atau di 5 volt nya .
      perbaikan : setelah dibuka ternyata IC untuk menghidupkan trafo neon pecah .
 lalu saya ganti IC  dengan yang baru APM4550 ,dicoba dihidupkan , TV langsung nyala ,namun dalam waktu 3 menit IC nya hangus lagi terbakar .setelah di cek dan analisa saya curiga panel rusak ,lalu saya bongkar panelnya dan ternyata neon LCD di panel gosong atau terbakar ,
lalu saya bongkar panel LCD dan dilakukan penggantian ,kebetulan stok neon 24 inchi masih banyak,
setelah diganti TV lcd sembuh dan normal lagi
      kesimpulan : yang rusak adalah neon LCD yang ada di panel






8. Tv LCD 32" standby

    problem : standby tidak  mau on
    SOLUSI :
  • Coba di power lewat tombol panel maupun remote tidak mempan semuanya
  • …………….“Wah…….pasti modul digitalnya yang problem !”……”pasti sulit nih…”
  • Berpikir sejenak, pikir-pikir dulu langkah apa yang akan dilakukan
  • Coba lepas konektor kabel board tombol-tombol panel, …………………kemudian hidupkan dengan remote…………dan….. “pet” lampu indikator stand-by langsung padam…….dan sebentar kemudian byaaaar…..layar langsung nyala dengan noise.
  • Pasang antena dan cek gambar maupun suara…semuanya OK.
  • Langsung periksa board tombol-tombol panel….diketemukan tombol untuk “POWER” short……..
  • Wah…wah….wah kok jadi hanya enak begini……tidak jadi berpikir keras.
      kesimpulan : penyebab kerusakan hanya dikarenakan tombol power short





9. LED TV LG problem

      problem : Dengan kerusakan sulit untuk dinyalakan,setelah nyala unit stanby sendiri dengan interval yang tidak tentu.
      perbaikan: Analisa sementara kami ,kerusakan ada dibagian Power supply unit,karena memang dilihat dari fisiknya,banyak kapasitor yang sudah menggelembung.
setelah diganti semua yang dicurigai dan dipasang kembali,kemudian kita coba.
Unit Tv dapat menyala dengan sempurna,namun timbul masalah yang kedua.Setelah beberapa menit dicoba, ternyata tv kembali ke posisi stanby,sampai diulang untuk dicoba start kembali ternyata hasilnya sama.
Setelah di analisa secara teliti ternyata kerusakan ada dibagian regulator power supply mainboard.
kerusakannya ada dibagian kapasitor mainboard yang sudah berkurang kapasitasnya,walaupun secara fisik,bentuknya tidak berubah. 


Kamipun segera berinisiatif segera mengganti kapasitor tersebut.
Setelah diganti dan dicoba lagi unit pun dapat kembali menyala.Dan setelah di test selama beberapa jam ternyata unit dapat bekerja dengan normal tanpa ada problem lagi.
       kesimpulan: dlm kasus ini ternyata yg bermasalah yaitu ada nilai kapasitor di bagian regulator power supply mainboard yg berubah(mengecil)





10. Tv LCD LG32LH20R kadang timbul garis-garis vertical dan kadang normal

Spesialis service tv LCD,LED,Plasma,Jakarta
Kerusakan panel lcd semacam ini merupakan salah satu  kerusakan yang sering dialami.
Walaupun dalam bentuk atau posisi yang berbeda,misalnya sebagian atau sepertiga dari panel namun sumber kerusakan masih hampir sama.
Kita bisa mencoba untuk memodifikasi source tegangan yang mensupply bagian rownya,(output tegangan Ic scan MAX 17108 )agar suplai tegangan bisa mendekati normal,karena kita tahu bahwa panel semacam ini tidak memiliki FPC untuk Raw drivernya(scan driver).
Kita mulai beberapa tahap berikut ini:

Spesialis service tv LCD,LED,Plasma,Panggilan seDKI
1.Sebelumya bongkar seluruh casing panel untuk memastikan bahwa tidak ada jalur FPC (column) yang terbakar.


2.Cek semua tegangan output Ic power Tcon koreksi bila ada yang kurang dari semua system tegangan.

3.Biasanya permasalahan muncul di sini,di IC scan Driver MAX17108.
Semua tegangan normal,namun disaat flickernya muncul,maka level tegangan output di pin 13-22 mengalami penurunan,tetapi masih tetap konstan di output Ic power (24V)


Spesialois service tv LCD,LED,Plasma,SeJabodetabek 32000877-0838990567884.Coba putuskan jalur pin out 21 yang menuju ke FPC/panel,dan ukur kembali tegangannya dalam kondisi tanpa beban tersebut(tv on),biasanya akan konstan pin 21(+/_24v).

5.Ada dua alternatif/option disini bisa icnya yang rusak(ganti),atau memang panelnya yang rusak.


6.Kalau panelnya yang rusak kita bisa melakukan jumper langsung antara tegangan out IC power dengan jalur in di FPC/panel yang kita putus tadi,jumper dengan r 10 ohm sebagai couple/pengaman.

Spesialis service tv LCD,LED,Plasma 021-32000877 - 083899056788,Jabodetabek

7.Coba dulu sebentar,dan amati,bila tidak ada jalur di FPC yang terbakar,dan seluruh ic di Tcon dalam suhu yang normal berarti berhasil.Tetapi ada kemungkinan setellah modifikasi ini ada jalur FPC yang terbakar,artinya panelnya memang sudah parah(gagal).

 





                                                                   Semoga bermanfaat. 



11. Service Tv LCD LG type LF/LD/LK dengan kerusakan mati,no standby

 

Led indikator pada mainboard masih menyala hijau.
Untuk power supply,tegangan standby masih normal.
Untuk kerusakan seperti ini sering diakibatkan oleh mainboard yang tidak bekerja/abnormal.


Biasanya IC utama/processor akan terasa hangat bila kita pegang.\par
Untuk langkah awal kita ukur semua tegangan supply dari masing-masing rangkaian regulatornya.
Pada masing-masing Ic regulator/converter mainboard,tegangan haruslah normal.
Tegangan output biasanya terdiri dari 5V,3,3v,1,7v dan 1,2v.
Bila ada tegangan yang tidak sesuai dari data diatas,biasanya tegangan input ke Ic processor ada
yang short.Cek Ic converter,masih baik apa tidak.
Bila Ic converter masih dalam keadaan baik terutama pada kondisi beban kosong,maka kemungkinan
ic utamanya rusak.\par
Dapat juga dengan melakukan pengecekan kapasitorfilter/elco,ganti bila perlu.
 Tetapi biasanya bila lampu led indikator mainboard masih menyala hijau, berarti Ic utama bagus.
Untuk kondisi demikian,bisa dilakukan flash ulang,tetapi kasus ini juga jarang terjadi.
Untuk solusi yang lain,coba diukur R couple IC RAM menuju ke ic processor.
Resistor ini sebagian besar gabungan dari 4 buah R,yang nilainya 56 ohm.
Tetapi ada juga yang satuan .
Biasanya ada salah satu dari resistor ini yang putus,biasanya R gabungan.
Ganti denngan yang normal.
Silahkan lihat hasilnya.
Semoga bermanfaat.







12. Panel LC320DXE gambar ada gangguan garis-garis vertikal 

KASUS :
  • LG menggunakan panel LC320DXE, T-con ada dibawah........katanya tuser yang kirim kerjaan “ngeblok vertikal” kayak HV10E……...
  • Tak pikir pasti gampang seperti HV10E....................langsung bongkar tanpa coba cek  problemnya dulu........ternyata bukan seperti problem HV10E.......
  • Kalau pd HV10E bagian yg ngeblok vertikal kan "tdk kelihatan gambarnya" sama sekali ....lha disini ternyata "masih kelihatan ada gambarnya komplit"....tapi ada gangguan banyak garis2 vertikal tdk beraturan yang menutupinya ( kaya ada tirainya....) sehingga gambar jadi agak kabur dan warna tdk cling…..
clip_image002
clip_image004
Kira-kira seperti inilah problemnya, tapi lebih parah
(gambar bukan berasal dari pesawat yang rusak)

SOLUSI :
  • Setelah periksa seputaran T-con dan panel – diketemukan konektor antara kabel flatwire 50-pin (…..ini namanya kabel RSDS) dengan pcb strip panel korosi hitam-hitam.
  • Setelah dilakukan pembersihan…..dan diperiksa….diketemukan ada 3 jalur yang putus………Kalau dibaca dari board T-con – jalur yang putus tersebut adalah CLK3, CLK4, dan CLK6.
  • Cari part pengganti rasanya sulit……..
  • Setelah beberapa hari memikirkan dan ber-eksperiment tentang “teknik” cara menyambung jalur putus lembut yang tersebut (………Alhamdullillah……maklum mata ini hanya dengan Izin dan ke-Besaran Allah sudah dipakai selama 65 tahun tapi masih cukup baik )…
  • Hari ini 3 jalur sukses dapat disambung…..dengan membutuhkan waktu hampir 2 jam lebih.
  • Pesawat siap dicoba…….cek dulu untuk memastikan tidak ada yang short…….dan dengan jantung berdebar coba hidupkan…….dan Alhamdullillah………gambar langsung cling…..

Catatan :
  • Untuk pekerjaan seperti ini – rasanya lain kali sudah “sangat perlu” untuk memiliki kaca pembesar handsfree alias tidak perlu dipegangi,……..agar kedua tangan bisa bebas bekerja. Paling tidak kaca pembesar harus mempunyai factor pembesaran 3 sampai 5 kali.
  • Sedang untuk penerangan lebih baik menggunakan lampu duduk led, agar tidak panas (…ora bikin sumuk….).



13. LCD LG 22C30 layar putih polos

KASUS :
  • LCD LG 22C30 (board T.con jadi satu dengan panel)
  • Problem layar menyala hanya putih polos

Pengalaman pada LCD LG layar kecil - layar menyala putih polos biasanya dapat disebabkan karena :
  • Kabel LVDS lepas sehingga panel tidak mendapat suply (6 atau 12v)
  • Fuse-chip untuk suply ke panel putus
  • Panel rusak

SOLUSI:
  • Setelah buka cover cabinet belakang - langsung buka cover penutup  panel-board
  • Cek Fuse-chip yang lokasinya dekat konektor LVDS………. dan diketemukan putus
  • Coba ganti fuse menggunakan Fusible Resistor 1/4W 0.22 ohm……..dan hasilnya….joossss……layar langsung keluar gambar………Lega raasnya karena bukan panelnya yang rusak…….

Kamus :
Fusible Resistor (FR) adalah resistor yang didesign khusus sekalian sebagai fuse. Tanda-tanda resistor jenis ini  adalah bodi berwarna putih kotor atau abu2 (tidak mengkilap). Biasa dijumpai misalnya pada sirkit flyback yang men-suply ke bagian vertikal atau 180v.

14. TROUBLESHOOTING LCD TV LG 20LC1R

1. Tidak ada daya (indikator LED off)
- Periksa singkat utama B / D atau Ubah Lips Ubah U406 Ubah LED Assy Periksa 15V atau 5V dari Lips Periksa Output U406 Periksa LED Assy Periksa J103, J125, J126 (Gagal) Periksa Connector Output Dan Cek Q402 Q402.

2. Tidak Ada Raster
- Periksa Status LED pada layar Periksa unit input / Output Periksa U301 U401 ~ U405, U407, U409 Periksa Konektor atau inverter inverter Periksa kabel input sumber dan Ulangi jack (Gagal) Cek ~ U401 U405, (Gagal) U407, U409 U301 (Gagal)Ubah inverter inverter (Gagal) konektor atau panel (Gagal) Periksa kabel atau modul link panel kabel atau modul.

3. Tidak ada raster pada Sinyal AV (SCART, CVBS, S-VHS)
Tidak ada aster di TV (RF) sinyal
Cek L108, L109, L110, L112, R194, R198, R184
Periksa sinyal L108, L109, L110, L112 R194, R198, R184
Periksa output TU701 Periksa input / output dari U301 Periksa input / output dari U101 Periksa kabel source input dan jack Re-menyolder atau Ubah bagian cacat X301 (Gagal) Periksa Re-solder atau Ubah bagian cacat, Periksa 5V , 33V dari TU701.

4. Tidak ada suara
Periksa kabel speaker source input Ubah Periksa sumber masukan (Gagal) Re-solder atau Ubah bagian cacat Periksa X301 Periksa input / output dari U301 (Gagal) Pass Re-Solder atau Periksa bagian input / output dari U201.

15. Tv LCD LG muncul tulisan "POWER ONLY V.06"
LG raster polos dan ada tulisan seperti contoh dibawah :


  • POWER ONLY V.06 atau
  • POWER OLNY VERSION - Main SW 3.16

Hal ini kemungkinan disebabkan salah pencet2 tombol remote, sehingga seperti masuk ke service mode.





Solusi :

  • Tekan tombol "EXIT" atau "RETURN" pada remote asli. Maka raster akan berubah noise atau muncul gambar dan tulisan tetap ada.
  • Matikan pesawat dengan remote. Kemudian hidupkan lagi, maka pesawat akan kembali normal.


16. LCD TV LG 26LH20R MATI-TOTAL
Kerusakan:
Keadaan LCD TV LG mati-total, tidak ada gambar maupun suara yang di hasilkan.

Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dari rangkaian power supply,hasilnya adalah arus listrik dari PLN masuk ke rangkaian power supply-nya. Namun kenapa Power supply tidak berfungsi? Ini yang akan kita cari tahu. Segera kita urut secara perlahan dimana kiranya letak kerusakannya yaitu dengan cara:

1 Arus listrik melewati Dioda dan menghasilkan tegangan DC 300 volt, dan kondisi pada rangkaian power supply disini adalah baik/ maksudnya ada.

2 Tegangan DC 300 volt di salurkan untuk 2 jenis power supply,yaitu power supply untuk rangkaian Inverter dan satu power supply untuk IC Logic.

Hasil yang kita dapatkan adalah tegangan 300 volt untuk IC Logic tidak masuk ke rangkaian power supply-nya. Hal ini di sebabkan karena Resistor sebagai Starting pada power supply tidak berfungsi, jadi supply tegangan 300 volt tidak masuk ke dalam rangkaian. Perbaikan untuk ini adalah dengan mengganti Resistor yang mengalami kerusakan. Resistor yang di pergunakan adalah dengan nilai 2,2? dengan kapasitas 2 Watt.

Selesai penggantian berikutnya kita coba menghidupkan LCD-nya? Hasilnya LCD sudah bisa hidup akan tetapi ada suara desis dari rangkaian power supply-nya. Untuk memperbaikinya kita bisa mengganti Dioda Zener yang terpasang secara pararel pada ground untuk IC Switching. Cara termudah adalah dengan mengosongkannya maksudnya tidak usah di ganti cukup kita lepaskan dari PCB-nya.

Posisi Dioda Zener di dalam rangkaian power supply bisa kita lihat di bawah ini:

Power Supply LCD TV LG / lingkaran merah posisi dioda yang di maksud

Selanjutnya kita coba kembali menghidupkan LCD-nya ? hasilnya Alhamdulillah LCD TV LG sudah hidup kembali dengan normal.


17. LCD TV LG 32 INC TIDAK BISA MENERIMA SIARAN
Kerusakan:
LCD TV LG dalam kondisi stanby , hujan begitu lebat dengan suara petir yang keras? ternyata masuk dan mengenai LCD  TV LG . Syukurnya tidak parah, walaupun soket penerima antena sudah hangus. Setelah kejadian LCD TV LG coba kita hidupkan, tampak dimonitor cuma ada raster ? Coba kita scan auto tetap saja tidak ada satupun siaran yang bisa diterima.

Perbaikan:
Tuner adalah tempat proses penerimaan pada setiap Televisi, LCD maupun Televisi tabung. Hubungan dengan kejadian terkena petir paling awal Tuner-lah yang paling awal mengalami kerusakan, Tidak menutup kemungkinan bisa juga mengenai komponen yang lain

Karena kabel antena yang terpasang terhubung dengan Tuner, aliran listrik dari petir masuk daan mengalir ke tuner yang dianggapnya sebagai ground, Musibah buat tunernya? Ic bus dalam Tuner yang mengontrol kerja Tuner mengalami kerusakan. inilah yang menyebabkan Tuner tidak bisa menerima siaran televisi.

Model Tuner yang digunakan pada lcd tv LG:



Untuk mencari Tuner ini kita mesti mengunjungi Servis Center LG, karena Tuner jenis ini kita coba cari di Harco Glodok tidak ada yang  jual. Waktu itu kita mesti pesan dahulu selama 1 minggu, setelah kita dapat Tuner segera kita pasangkan pada mainboard televisinya.

Berharap sambil rada cemas, takutnya ada komponen lain yang terkena dampak dari sambaran petir. Kita coba untuk menghidupkan TV LCD-nya, coba di scan auto? Alhamdulillah siaran televisi sudah bisa diterima, satu persatu mulai di simpan.

Rupanya hanya Tuner yang rusak, tidak menjalar ke komponen yang lain. Alhamdulillah yang punya jadi kagak banyak mengeluarkan biaya servis, seperti yang kita ketahui suku cadang buat tv LCD pastinya jauh lebih mahal dari pada suku cadang televisi tabung. Kita beli tuner di Servis Center LG daerah Roxy jalan biak, bagi yang membutuhkan spare-part LG mungkin bisa berkunjung kesana.


18. LG 42LV3730 hanya st-by
LG 42LV3730 dihidupkan :

  • Tegangan power_on ada.
  • Tegangan2 power suply utama bisa keluar semua.
  • Tetapi BL tidak nyala dan  no sound.
  • Cek tidak ada tegangan BL_on maupun tegangan Panel_on

Enaknya tanya teman facebook yang sudah mengantongi pengalaman menangani kasus seperti ini, jadi tidak perlu berpikir terlalau keras. Achirnya kelar juga.


Sumarsono Budiharjo
LG 42 LV3730
Power-on dah kluar....tegangan2 PS dah kluar semua....
Tapi BL-on dan Panel-on macet...cet...cet buntu kenapa?
BL dipaksa...BL dapat hidup tapi tetap tidak ada gambar......
                                                
Dindik Pristiandy : 
Dipanasi dulu pak, jangan terlalu lama.
Beberapa kasus di model ini saya hanya "ngobong" saja ... 
Hehehhe ilmu "kudu" ne Sariftv

      
 Zaenal Elektronik :
 idem

 Imam N : 
 Kemarin saya panasi sampai suhu 145 derajat C, .....Alhamdulillah , ....

Imam El-Com Klaten :
·         Nyuwun ngapunten mohon maaf pak, saya juga pernah dapat kasus yg sama 42LV3730, power on off dari panel depan dan remot fungsi/respon tapi layar gelap,solusi rehot/reball ic LGE dan RAM, dari 3 kali saya nemuin 2 kali sukses 1 kali gagal……

Zaenal Elektronik :


·         Bila kerusakan awalnya ngambeg, led gak nyala, sekilas seperti s-tby, di on pakai remot tetep gak bisa.... coba kosongi separuh ic 24c-nya... Caranya baca eeprom, simpan lalu full erase eep, lalu tulis kembali hasil bacaan tadi tapi setengah kapasitas saja.


19. LCD TV LG SUSAH DI HIDUPKAN
Kerusakan:
LCD TV LG jika kita hidupkan ? Pada layar LCD kita lihat OSD menu berpindah-pindah sendiri, Terkadang juga susah untuk di hidupkan.

Perbaikan:
Jika melihat kondisi yang seperti ini kita mulai pemeriksaan pada rangkaian power supply, karena sudah jelas kita lihat dari permasalahan yang dialami LCD TV-nya.Setelah kita buka LCD TV-nya ? Terlihat jelas adanya Capasitor yang mengalami kerusakan,dengan tanda pada badan Capasitor yang mengalami perubahan/melendung.

Berikut medel power supply LCD TV LG:




Untuk lebih jelas posisi Capasitor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut:




Capasitor yang mengalami kerusakan adalah untuk filter tegangan 5 volt dan 12 volt, sedangkan kapasitas Capasitor adalah 2200uF/10 volt 2 buah dan 2200uF/16 volt 2 buah. Segera kita adakan penggantian, setelah selesai kita coba kembali hidupkan LCD TV-nya. Hasilnya Alhamdulillah LCD TV LG sudah kembali normal.

20. LCD TV LG 26LH20R KEMASUKAN AIR AC
Kerusakan:
LCD TV LG yang sedang dalam kondisi menyala tiba-tiba langsung mati, setelah kita lihat ternyata Air buangan dari AC menetes dan masuk kedalam LCD-nya.

Perbaikan:
Untuk mengetahui letak kerusakan cukup dengan melihat dimana letak air itu masuk, dan pada bagian apa yang terkena langsung. Setelah kita buka LCD TV LG-nya disini kita dapatkan bagian yang terkontak langsung dengan air adalah rangkaian power supply-nya. Makanya LCD TV LG yang tadinya lagi menyala langsung menjadi mati, karena telah terjadi hubung singkat pada rangkaian power supply.

Komponen yang mengalami kerusakan bukanlah pada IC Switching, melainkan ada pada Trafo untuk IC Switching. Ini kita dapatkan setelah mengukur kaki trafo untuk Colector IC Switching dimana tegangan supply 300 volt tidak masuk ke IC Switcing yang sebelumnya sudah diberi Resistor 2,2 1 watt. Segera kita lepaskan trafo dari mainboard dan dengan jelas kita lihat kawat email yang ada di kaki trafo sudah tidak tersambung.

Ini dampak dari air yang membuatnya menjadi putus, kaki trafo untuk Colector dan Ground sangatlah dekat. Model trafo-nya seperti ini:




Untuk penyambungan kawat email yang putus disini kita gunakan kawat dari komponen Resistor yang sebelumnya sudah kita pelintir pada kaki trafo. Setelah terpasang kita coba ukur dengan multitester untuk memastikan sudah terhubung dengan baik. Selanjutnya kita pasangkan kembali pada mainboard power supplynya.

Sekarang kita coba kembali hidupkan LCD TV LG ? Hasilnya Alhamdulillah LCD TV LG sudah kembali normal.

21. LCD LG M2241AN MATI -TOTAL
Kerusakan:
LCD LG ini kalau saya masukan aliran listrik dan saya tekan tombol power dipanel , tidak ada gambar yang bisa ditampilkan apalagi suaranya.

Modelnya :




Perbaikan:
Awal pemeriksaan saya mulai dengan memasukan aliran listrik dan saya lakukan pengukuran tegangan out PSU , ini setelah saya lepaskan terlebih dahulu casing penutup area belakang LCD-nya. Tegangan output terukur berdenyut ( tidak stabil ) hanya 1,2 volt bergelombang dan kalau saya lepaskan jalur beban tegangan berangsur naik perlahan mendekati nilai 3 volt. Perkiraan awal berada di jalur filter B-up starting PSU area primer disini ada capasitor bernilai 33uf/25 volt dan setelah saya lakukan penggantian hasilnya tetap sama saja. Nilai capasitor pengganti saya gunakan nilai 47uf/50 volt, tampilan PSU-nya :




Saya mulai mengukur komponen penyearah area inverter dan sistem control , dan disini saya temukan hasilnya ? dioda untuk sistem control kondisinya baik dan untuk sistem supply inverter terjadi konsleting. Saya lepaskan jalur beban yang terhubung dengan melepaskan IC P605 setelahnya sistem supply area inverter terukur normal ( tidak konsleting ). Jadi permasalahannya ada di IC P605 , untuk menyelesaikan saya coba cari informasi via search engine Google. Ini sangat diperlukan untuk mengetahui type komponen apa yang ada didalam IC P605, akhirnya saya dapatkan walaupun hanya tampilan depan saja yang bisa dilihat datasheet-nya, seperti ini gambarnya :



datasheet P605


Tampilan IC P605 :




Didalam IC P605 hanya terpasang 2 transistor type Fet dengan dua model ( N-channel dan P-channel ) dan sangat jelas kalau saya lihat susunan pinout via gambar diatas , untuk melengkapi saya carikan diagram lain untuk mengetahui pinout transistor N-channel , seperti ini tampilannya :




Secara keseluruhan setelah saya pasangkan transistor tersebut di PCB PSU unit area inverter , urutannya :

N-channel ⇔ pin IC P605

pin 1 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur ground di PCB );
pin 2 ic p605 untuk kaki transitor gate ( jalur triger via ic control );
pin 7 dan 8 ic p605 untuk kaki transitor drain ( jalur out ke trafo );
P-channel ⇔ pin ic p605

pin 3 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur B+ 12 volt dari power supply );
pin 4 ic p605 untuk kaki transistor gate ( jalur triger via ic control );
pin 5 dan 6 ic p605 untuk kaki transistor drain ( jalur out ke trafo )
Tampilan gambar setelah terpasang :




Setelah transistor ini terpasang saya lakukan ujicoba , saya masukan aliran listriknya ? hasilnya LCD LG ini sudah bisa hidup, tampilan dilayar sudah terlihat. Masih tersisa masalah rupanya, saat saya arahkan fungsi via control panel, yang terlihat hanya OSD ( fungsi ini saat ini tidak tersedia ) dengan kondisi tampilan juga ikut terganggu ( distorsi ). Saya coba ukur lagi tegangan yang ada di mainboard dan yang saya cari area tegangan 1,2 volt karena saya akan gantikan capasitor filternya.

Nilai yang digunakan adalah 10uf/16 volt , dan yang saya gantikan dengan nilai 100uf/16 volt , tampilan gambarnya :




Inilah hasil akhirnya setelah proses panjang yang harus lakukan, Alhamdulillah semuanya sudah normal kembali




Inilah sedikit cerita servis yang saya lakukan, semoga bisa bermanfaat……. amiinnn


22. LCD 32LG60UR HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY
Kerusakan:
LCD LG ini mengalami kerusakan saat awal saya masukan aliran listrik , power supply terlihat sudah bekerja dengan hidupnya lampu indikator, tak lama kemudian ada suara intro dan tak lama kemudian kembali ke posisi standby.

Modelnya  :

DSC_0019[1]

Perbaikan:
Langkah awal dimulai dengan membuka terlebih dahalu casing penutup , setelah terbuka barulah terlihat beberapa mainbaord. Rangkaian PSU ( power supply unit ) menjadi lokasi pertama untuk saya lakukan pengukuran, berapa volt outputnya dan hasilnya adalah normal yaitu 5 volt. tampilan PSU-nya :

DSC_0018[1]

Secara default jika power supply tidak stabil bisa dilihat dari capasitor filter yang badannya ( berubah fisik ,pecah bagian atasnya ) . Disini saya tidak melihat adanya capasitor yang rusak maka tahap selanjutnya saya lakukan pengukuran di area mainboard  utama untuk sistem penerimaan dan sistem video out ke panel LCD . Tegangan out PSU 5 volt yang masuk ke mainboard ini saya urutkan kemana saja alurnya. tegangan 5 volt diturunkan menjadi 2 out yaitu 3,3 volt dan 1,2 volt .

Tegangan out 1,2 volt yang masuk ke IC CHIPSET terjadi gangguan saat sistem mulai bekrja, terlihat saat saya ukur sedikit berdenyut . Dari hasil ini saya menyimpulkan capasitor filter tegangan 1,2 volt tidak bekerja dengan baik, tampilan mainbaord dengan capasitor yang rusak :

DSC_0016[1]

Tampilan mainboard setelah penggantian capasitor :

DSC_0017[1]

Hasil akhirnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal , tampilan gambar serta suara bekerja dengan baik tinggal setahap lagi yang harus dikerjakan… ngerapiin….


23. Mengatasi TV LCD LG 32LD330 - TA mati total
Kerusakan:
Teve LCD ini mempunyai keluhan mati total tanpa ada tanda led indikator hidup ( pikirku dalam hati sebelum buka kesing, sudah pasti adalah psu bermasalah nih..sehingga tidak ada supply tegangan ke mainboard).


Perbaikan:
Setelah buka kesing, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat tabel tegangan yang tertulis dipcb bagian soket output power supply. Output power supply ada 24 pin dimana untuk satu jalur memakai dua buah pin(kabel).
Berikut adalah urutan data pin output power supply untuk LG 32LD330:
KLIK GAMBAR AGAR LEBIH JELAS



Tegangan 3.5v digunakan untuk tegangan standby televisi jenis ini. Dan beberapa brand lain menggunakan tegangan tegangan 5v untuk standby-nya yang diregulasikan ke 3.3v didalam mainboard. Tegangan ini penting karena sistem dalam mainboard seperti led standby, power on, ic program, memori dan bagian kontrol lainnya menggunakan tegangan ini.

Setelah memiliki acuan itu akhirnya saya memulai dengan mengukur tegangan dibagian tertulis 3.5vDC ternyata hanya terukur 3,26vDC sementara jalur tersebut bila dicut yang menuju main board dapat terukur 3.4vDC. Kemudian saya sempatkan mengganti 2 buah elko 1000uf10v di bagian regulator 3.5v tersebut dan mencabut menggencangkan konektor. Kemudian steker tv saya tancapkan ke stopkontak namun belum membuahkan hasil.  Sudah mulai pusing, menghisap rokok sambil minum es sirup yang sudah disuguhkan...belum sampai habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby ga hidup? Padahal tegangan standby sudah ada.

Akhirnya pun mengukur hambatan ditiap in out regulator 3.5v jalur stanby,dan diketemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak balik. Karena penasaran benar tidak bagian ini yang menjadi penyebab akhirnya pengukuran dilakukan saat ada tegangan masuk di IC 1007, dan benar outnya hanya terukur 1v.



Wah pasti IC regulator ini sudah melemah nih...( pikirku dalam hati).
Namun setelah terdiam sejenak naluri berkata untuk mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, karena di in out IC terpasang kapasitor kering dan dengan asumsi apabila yang rusak short adalah bukan kapasitor maka akan mudah untuk melakukan cabut pasang kapasitor berkaki 2 dari pada sebuah IC regulator yang memiliki 8 buah kaki dan sangat sulit dipasaran bahkan mungkin tidak ada.

Dan berhasil setelah kapasitor( C1062 dan C1063) output di lepas ternyata di jalur regulator tidak short lagi dan kapasitor yang sudah dilepas terukur mengalami hubung singkat(short).
Setelah pengfantian kapasitor tv saya nyalakan dan jrengggg,,, Lampu led merah menyala kemudian saya tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip dan layar lcd menampilkan raster kepyur. Amin...

Tegangan di power supply saat power on sudah terukur stabil sesuai tabel dan tutup kesing.

Semoga bermanfaat...


24. LG 32 keluhan kadang layar gelap
Kerusakan:
LG 32 masih pakai CCFL backlight…….
Dengan keluhan….kadang-kadang layar gelap…….
Bikin bête….sebab yang dimaksud kadang-kadang bukan tiap hari………
Tiga hari ditest no problem……..hari keempat baru muncul gejala kerusakan ……….dimatikan……dihidupkan lagi dah normal kembali…….

Perbaikan:
Mikir…..”trus mau diapakan”
Wis….coba di matikan saja protek Inverter…………
Dah diambil yang punya……..seminggu kemudian dikembalikan…….….dengan keluhan yang sama………

Wah……ini……..mikir lagi…..trus apane ?????
Buka-buka menu………….kok ketemu ini………….



Wah mungkin ini penyebabnya……….
Energy saving waktu itu posisi pada “MAXIMUM”……….
Coba dirubah ke “MINIMUM”………..
Ini atas dasar pemikiran bahwa “mungkin CCFL mulai lemah” sehingga pada posisi energy saving maximum…….malah bikin CCFL kadang tidak nyala……..

Alhamdullillah……ternyata ditunggu sampai 3 bulan lebih tidak kembali juga………


25. LG 32 panel Haesung HC320DXN ada garis2 horisontal
Kerusakan:
LG32 panel  Haesung HC320DXN dengan kupingan
Awalnya problem layar blank………….solusi pasang kabel jumper tegangan Von.



Setelah dapat  keluar gambar…..ternyata ada gangguan 2 buah garis horisontal……..




Tempel  semacam spon yang agak keras (jangan yang lembut)…….terus di pencet……ternyata gangguan bisa tidak nampak lagi……....





Tambah-in busa lagi biar agak tebal….trus di gencet pakai frame aslinya………beres.
Agar spon ganjel tidak bergeser.....beri perekat double selotape.

Kinclooooong…….....

  

26. Lcd Lg model RT-32lz50 layar blank
Kerusakan:
Lcd lg rt-32lz50 dengan kerusakan gambar gelap, tapi klo lama nyala normal.

Perbaikan:
disini kerusakan dikarenakan tegangan 1,8 & 3,3 volt di mainbord tidak bekerja secara baik, apabila di ukur dengan osciloskop tegangan kasar. tegangan 1,8 volt output dari ic regulator dari input tegangan 3,3 volt & di suply langsung tegangan 5 volt dari power suply. tegangan kasar dikarenakan capasitor ato elco rusak. elco dengan ukuran 16 v/100 m siap di babat, hehe diganti....
setelah penggantian tv siap di tonton kembali.


smoga membantu


27. Gambar blank putih LCD LG tipe 32LG30RA
Kerusakan:
Lcd lg 32lg30ra Gambar putih polos dengan kerusakan pada Tcon/logic,



Model Tv:



Perbaikan:
Berikut;
ic Tcon LG philips lcd co.ltd
desc; lc320wxn-saa1
p/n; 6870c-0195a
designed; 2007-07-23
dengan ic LG.PHILIPS LCD/TL 2411MC
ic regulator TPS 65162
dengan tegangan normal:
Vdd : 15 v
Vgl : -5 v
Vgh : 20 v
Vin : 12 v
Vcc : 1,8 v

Untuk mengetahui kerusakan bisa di bandingkan dengan tegangan normal di atas, namun apabila gambar blank putih kebanyakan kerusakan yang saya temui karena tegangan VGH tidak bekerja.
bisa karena ic tps 65162 / komponen seperti resistor,dioda,capasitor rusak.

Selamat Mencoba...!


28. Lcd LG 42LB9R eprom error


Kerusakan:
Led indikator stby tidak ada,mati total"setelah pengecekan power suply normal.
cara test power suply seperti biasa saya jumper teg stby dengan power on,maka tegangan tinggi 400 v akan naik & output 6,5 v,12 v,19 v akan keluar.
khusus untuk 3,4 v ada swit on/offnya sendiri,jumper juga dengan teg stby,apabila 6,5 v,12 v,& 19 v normal,sudah tentu 3,4 v nya juga normal.
swit on/off 3,4 v menggunakan transistor di bagian scunder"output trafo.



berikut susunan kabel dari power suply ke mainboard:
1. ac detec
2. power on swit
3. stby 5 v
4. gnd
5. on/off inverter
6. stby 5 v
7. b dim
8. stby 5 v
9. gnd
10. a dim
11. 6,5 v
12. gnd
13. swit on/off 3,4 v

1. 19 v
2. 19 v
3. gnd
4. gnd
5. 6,5 v
6. gnd
7. 3,4 v
8. gnd
9. 12 v
10 gnd


Perbaikan:
power suply dinyatakan normal,saatnya pindah tempat"bongkar mainboard.



minboard seri lb9r memang sering rusak"maklum mungkin sudah tergolong lcd tipe lama,mainboard dengan ic croma Micronas vct7993p yang juga ic tersebut sering rusak.
namun langkah pertama perbaikan mainboard tipe ini,menurut pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya,kerusakan seperti ini bisa karena memory epromnya error, memory menggunakan 24c32a ,saya coba flash memory, untuk yang seri 24xxx cukup di kosongkan saja,otomatis akan terisi sendiri.
tapi untuk yang seri 25xxx harus di isi software yang asli.




alhasil lampu led stby nyala merah,sekali pencet power dari remot"kedap kedip kuning,& berhenti"jossss berhasil...!


29. Lcd LG 42LC4R Protek T.con atau logic control



Kerusakan:
Rangkaian t con tidak bekerja bisa terjadi sistem protek untuk lcd jenis ini, padahal merek LG pada tipe yang lainnya tidak,karena lg tipe 42lc4r & 42lb9r terdapat sensor protec teg dari power suply ke t.con"logic".


ada empat kabel dari power suply ke logic:
1. nc
2. gnd
3. sync
4. select


Perbaikan:
saatnya kerja bongkar t.con logic.


logic t.con dengan seri: 
LG Philips Lcd Co. Ltd
P/N : 6870c - 0119a
Desc : Lc 420WX6 - SLA1
Designed : 2006/11/11



Logic t.con dengan ic :
1. LG Philips Lcd R8A01028FP
2. ic Ram : ESMT M12L16161A
3. ic regulator : BD8160EFV



T.con logic dengan Tegangan normal :
1. v in: 12 v
2. vcc ic: 1,2 v
3. vdd: 18 v
4. vgl: -5 v
5. vgh: 24 v



lcd yang saya perbaiki ini salah satu tegangan t.connya tidak bekerja,yaitu pada tegangan vgh,jika vgh tidak bekerja otomatis vdd juga tidak berfungsi.
lcd yang saya perbaiki ini tegangan v in,vgl,vcc,normal.
kerusakan seperti ini bisa di sebabkan karena ic r8a01028fp rusak,bisa juga ic regulator bd8160 rusak, atau mungkin karena resistor,capacitor atau komponen pendukung lainnya yang rusak.
namun lcd yang saya perbaiki ini ic regulatornya"bd8160" yang rusak,kejanggalan saya temukan setelah pengecekan komponen lainnya normal"ingat butuh kesabaran tinggi"& jangan asal pegang,karena ic regulator dalam t.con logic menggunakan sistem isolator yang tinggi,apabila tersentuh tangan bisa2 ic jebol/rusak.
penggantian ic "harus dengan seri yang sama/jika tau persamaannya boleh,
setelah ic saya ganti,tegangan vgh normal 24 v,& vdd juga normal 18 v.

lcd pun siap di saksikan.

30. Service Lcd LG 32LG30RA Kerusakan Mati Total


Kerusakan:
Lcd Lg 32lg30ra dengan kerusakan mati total, indikator"led standby tidak nyala, hal seperti ini bisa dari power suply yang rusak,tapi jangan salah mainboardnya rusak juga bisa".


Perbaikan:
langsung bongkar,cek power suply : ukur tegangan standby 5,2 v "tidak ada tegangan sama sekali,,berarti dari rangkaian primer ada kerusakan, benar sekring dc 400 v putus, & mosfet rangkaian primer bagian trafo 24 inverter konslet, setelah copot fet ,rangkaian sudah tidak konslet,coba colokin ke ac,tegangan stanby keluar normal 5,2 v,coba jumper dengan power on,tegangan 12 volt lewat transistor menuju ic driver 400 v & trafo inverter normal,tegangan tinggi 400 v juga naik normal.
langkah selanjutnya cek driver trafo inverter yang mosfetnya rusak tadi,"jagan asal ganti fet dulu,karena apabila driver belum normal di pasang fet 100 kali tidak akan berhasil,alias jebol2 terus."driver harus benar2 sudah normal.
cek driver trafo inverternya dengan ic ncp 1396ag,yang paling penting ic tidak shot dengan ground,cek juga resistor atau dioda arah basis mosfet,"ini sering jebol",apabila sudah yakin driver benar2 sudah normal,silahkan pasang fet,"baiknya dengan nomer seri yang sama,tapi klo tidak ada bisa juga persamaannya"yang penting kegunaannya sama.
seperti yang saya garap ini,akhirnya berhasil,


berikut tegangan power suply lg 32lg30ra :
1. 16,5 v
2. 16,5 v
3. gnd
4. gnd
5. 12 v
6. 12 v
7. gnd
8. gnd
9. 5,2 v "stby.
10. 5,2 v "stby.
11. 5,2 v "stby.
12. 5,2 v "stby.
13. gnd
14. gnd
15. gnd
16. gnd
17. error
18. ac detec
19. power on
20. on/off inverter
21. bright/a dim
22. pwm dim/ p dim
23. nc
24. nc

dengan ic driver : 
1. standby: 1207a seri mosfett p9nk65zfp.
2. teg tinggi 400 v: sg6961sz
3. trafo inverter: ncp 1396ag


lcd lg 32lg30ra siap tonton : 



semoga sukses....!




31. Problem LVDS ada yang kurang kontak LG32LW4500







Rheges Dicaprio garis2 halus.. + cemong dikit.. coba gnti lvds yg besar.  biarpun di ukur nyambung. sy pernah dapat kasus begini pak

Babah Riyono Slamet sering ngerjakan type ini lvds kurang pas nancepnya pak, ganjal solasi



32. LG 32LB550 layar blank dengan garis2 vertikal
Kerusakan:
LG 32LB550 Pertama dihidupkan layar blank putih,
Tidak lama kemudian berubah seperti gambar dibawah.


 
Tipe panel







Perbaikan:
Bongkar panel....beruntung sekali panel menggunakan kupingan....sebab dengan demikian ada harapan untuk diperbaiki.


Pasang isolasi kertas sekeliling panel, agar saat dibolak-balik nanti panel kaca tidak lepas.



Setelah dilakukan pengukuran-pengukuran, diketemukan kalau jalur Voff (Vgl) putus.

  • Cari dulu resistor 100 ohm.
  • Kemudian sambung jalur menggunakan kabel email lembut bekas motor DVD.
  • Sementara dipasang dulu resistor 100 ohm secara serial sebagai pembatas arus, dengan tujuan kalau ada masalah tidak menyebabkan panel terbakar (short).
  • Setelah dipastikan gambar normal, ganti resistor menjadi 10 ohm.















sumber:

1 comment:

  1. Saluut...! Alhamdulillah masih ada Hamba Allah SWT yg bekerja sepenuh hati dengan kujujuran luar biasa dan profesional.. Jazakallah Khairan Katsiran Wa Jazakallah Ahsanal Jaza.

    ReplyDelete